Pilihan Makanan untuk Diet yang Mengenyangkan

Ingin sukses menurunkan berat badan? Konsumsi saja makanan yang mengandung protein dan serat. Kedua jenis asupan ini merupakan makanan untuk diet yang tepat karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Efek kenyang tersebut dapat meredam keinginan untuk melahap banyak makanan. Hasilnya? Bobot tubuh Anda akan berkurang.

pilihan makanan untuk diet yang mengenyangkan - alodokter

Diet dengan Makanan Kaya Protein dan Serat

Protein dianggap lebih mengenyangkan ketimbang makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Selain mengenyangkan, protein bisa mendorong pembakaran lemak serta mempertahankan massa otot.

Pilihan makanan kaya protein plus nutrisi namun rendah kalori dan lemak jahat yang aman untuk Anda konsumsi antara lain daging sapi tanpa lemak, seafood, daging unggas tanpa kulit, kedelai, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Makanan berserat merupakan asupan yang tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Asupan berserat bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena lebih lama dicerna, sehingga menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak atau melebihi apa yang Anda butuhkan. Meski mengenyangkan, makanan berserat ini rendah kalori sehingga Anda tidak perlu merasa bersalah jika mengonsumsinya.

Berikut pilihan makanan untuk diet kaya serat yang bisa menemani Anda setiap harinya:

  • Sayuran. Beberapa contoh sayuran yang bisa Anda konsumsi yaitu brokoli, wortel, bayam, kentang, kacang hijau, ubi jalar, dan jagung.
  • Buah. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, pisang, pir, stroberi, mangga, jambu dan kiwi untuk mendapatkan asupan serat. Untuk apel dan pir, makan dengan kulitnya untuk mendapat asupan serat yang tinggi.
  • Buah kering. Contoh buah kering yang bisa Anda konsumsi yaitu kismis atau kurma.
  • Whole grains atau biji-bijian utuh. Ini adalah sumber serat yang sangat baik. Anda bisa mengonsumsi biji-bijian utuh ini dalam bentuk sereal, oatmeal, roti, dan biskuit.
  • Kacang dan biji-bijian. Makanan ini memang tinggi kalori dan lemak, namun keduanya dapat menjadi sumber serat dan nutrisi yang baik. Kacang dan biji-bijian tidak akan membuat Anda gemuk jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Anda bisa mengonsumsi 23 butir kacang almond yang memiliki kandungan serat 3,5 gram, biji bunga matahari sebanyak ¼ cangkir untuk mendapatkan 3,9 gram serat, dan 1 cangkir kacang hitam yang dimasak untuk mendapatkan 15 gram serat. Atau Anda bisa juga mengonsumsi segenggam kacang panggang untuk camilan di sore hari.
  • Popcorn. Selain kaya serat, popcorn juga diperkaya oleh zat antioksidan. Untuk menikmati 4 gram serat dari makanan ini, Anda bisa mengonsumsi tiga cangkir popcorn (dimasak di microwave). Namun hindari mengonsumsi popcorn dengan tambahan mentega atau minyak yang berlebihan karena bahan tambahan itu bisa membuatnya berubah jadi makanan yang buruk untuk kesehatan. Jika Anda ingin tambahan rasa, Anda bisa menaburkan satu atau dua sendok makan keju bubuk atau parut.

Kunci sukses diet adalah makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit. Makanan dalam jumlah sedikit akan lebih mudah dibakar, sehingga tidak ada penumpukan kalori di tubuh. Anda bisa mengonsumsi makanan di atas sebanyak empat atau lima kali sehari tapi batasi takarannya. Asupan tersebut bisa dijadikan sebagai makanan utama atau camilan sehat.

Mengonsumsi makanan untuk diet saja tidak cukup membantu Anda menurunkan berat badan. Imbangi dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan banyak mengonsumsi air putih.