Pilihan Minuman Dingin Sebagai Teman Berolahraga

Guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuanmu berolahraga, kamu tidak hanya perlu makan makanan sehat, tapi juga perlu memerhatikan minuman pendamping ketika melakukan olahraga. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh, termasuk minuman, diperkirakan dapat menentukan seberapa efektif hasil olahraga kamu.

Minum minuman dingin setelah olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu untuk melakukan olahraga lebih lama dan dapat menjaga suhu tubuh inti tidak meningkat secara signifikan. Tidak hanya itu, minum minuman dingin selama dan sebelum olahraga juga dapat menurunkan ketegangan fisiologis. Sedangkan, minuman dingin seperti minuman berenergi untuk olahraga, jus, susu, atau minuman dingin seperti air mineral dapat memberikan efek yang berbeda terhadap tubuhmu tergantung kandungan di dalamnya.

pilihan minuman dingin sebagai teman berolahraga - alodokter

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman dingin yang biasa menjadi teman berolahraga dan efeknya bagi tubuhmu.

  • Sport drinks Ragam minuman dingin jenis ini cukup banyak di pasaran, bahkan jika kamu berolahraga di pusat kebugaran kamu bisa menemukan lebih banyak varian. Ketika tubuhmu membutuhkan cairan dalam waktu cepat atau pada kondisi darurat, minuman jenis ini dapat cepat membantu tubuhmu mendapatkan energi. Tapi, pilihlah sport drinks yang mengandung lebih banyak bahan alami dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia.
  • Smoothies sayuran hijau Minuman dingin yang satu ini bisa kamu siapkan dan minum sebelum kamu melakukan olahraga, agar kamu bisa kuat lebih lama dalam melakukan olahraga. Adapun campurannya adalah sayuran hijau, buah, yogurt, air atau susu, dan bubuk protein alami.
  • Susu Selain smoothies, susu juga bisa menjadi minuman pendamping olahraga yang cukup baik. Mengonsumsi susu akan menurunkan rasa haus saat berolahraga. Bahkan, susu mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang seimbang. Kandungan gula alami di dalamnya juga dapat membuatmu lebih berenergi.
  • Air mineral Minuman dingin yang satu ini tidak hanya bagus kamu minum sebelum olahraga, tapi juga saat, dan setelah olahraga. Dengan mengonsumsi air mineral, tubuhmu dapat terhidrasi dengan baik. Kamu bisa minum sekitar 2,5 gelas air satu jam sebelum olahraga, lalu minum satu gelas lagi 15 menit sebelum olahraga. Selama olahraga, setiap 15 menit cobalah sedikit beristirahat dan minum air mineral setidaknya satu gelas. Jika kamu tidak suka dengan rasa air mineral yang hambar, kamu bisa menambahkan potongan lemon, stroberi, atau timun.
Jika kamu menginginkan minuman dingin yang alami, mungkin smoothies, susu, dan air mineral bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi pada dasarnya, ketika kamu berolahraga, yang paling penting adalah tubuhmu dapat terhidrasi dengan baik dan tidak mengonsumsi minuman yang bisa membuat dehidrasi, misalnya kafein, minuman bersoda, atau alkohol. Menjaga konsumsi cairan yang cukup saat berolahraga sangat penting untuk menghindari dehidrasi. olahraga