Posisi Bercinta Agar Cepat Hamil Cuma Mitos

Posisi misionaris, yaitu posisi bercinta dengan pria di atas dan wanita di bawah, selama ini dianggap sebagai posisi yang paling tepat untuk cepat hamil. Namun faktanya, tidak ada yang membuktikan  kebenaran adanya posisi bercinta tertentu agar cepat hamil.

Selain posisi misionaris, peneliti juga telah mengamati posisi bercinta doggy style, yaitu saat wanita berada dalam posisi menungging dengan kedua tangan di depan kedua kaki yang berlutut, sedangkan pria melakukan penetrasi dari belakang. Orang mengira bahwa kedua posisi ini memungkinkan penetrasi yang lebih dalam, sehingga sperma dapat sampai pada posisi yang lebih tepat pada leher rahim atau serviks.

Hasil penelitian menemukan bahwa pada posisi ini ujung penis memang menjangkau area antara dinding vagina dengan leher rahim. Namun, bukan berarti cara ini adalah posisi bercinta agar agar cepat hamil. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa jika dalam hubungan seksual wanita berada di atas, maka bayi yang dikandung akan cenderung wanita, dan cenderung pria jika ada dalam posisi sebaliknya. Faktanya, jenis kelamin bayi tidak ditentukan dari posisi bercinta seperti ini.

Mencoba dan menikmati berbagai variasi posisi adalah cara terbaik untuk mengetahui mana yang paling efektif. Di samping itu, daripada mencari posisi bercinta agar cepat hamil yang sebenarnya tidak ada, lebih baik mencermati hal-hal berikut untuk memperbesar peluang hamil sekaligus mitos yang perlu diketahui.

  • Orgasme dan kontraksi ringan di rahim saat mencapai klimaks penting dalam hubungan seksual suami istri agar sperma masuk ke rahim. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa mencapai orgasme pasti membuat pasangan tersebut mendapat keturunan.
  • Dibanding langsung berdiri setelah berhubungan seksual, berbaring beberapa lama dapat membuat air mani (sperma) berada lebih lama di daerah leher rahim. Beberapa orang menyarankan perempuan untuk berbaring sambil menaikkan kedua kaki, sambil menempatkan bantal di bawah panggul untuk membantu sperma masuk. Anda dapat mencoba melakukan ini selama setidaknya setengah jam setelah berhubungan seksual.
  • Seorang pakar kesehatan menyebut pendapat yang menyatakan bahwa untuk hamil pasangan harus berhubungan seksual sesering mungkin, namun faktanya pria perlu waktu untuk memulihkan jumlah spermanya. Walau demikian, berhubungan seksual tiga kali sepekan memang akan meningkatkan peluang hamil dibanding hanya sekali seminggu.
  • Meningkatkan kualitas sperma juga dapat membantu mempercepat kehamilan.
  • Hal yang lebih penting dari memikirkan posisi bercinta agar cepat hamil adalah waktu terbaik untuk berhubungan seksual, yaitu di sekitar masa ovulasi. Ovulasi adalah masa subur wanita yang menjadi masa saat pasangan paling berpeluang memiliki keturunan. Menggunakan metode penghitungan dengan kalender atau mendeteksi tanda-tanda ovulasi adalah cara yang umumnya dapat dilakukan.
  • Hindari menggunakan sabun pembersih vagina setelah berhubungan seksual karena berisiko mengganggu keseimbangan PH (kondisi asam-basa) vagina yang dibutuhkan sperma untuk tetap hidup.
  • Hindari menggunakan pelumas vagina untuk melancarkan penetrasi. Bahan ini justru akan mematikan sperma atau membuat sperma semakin sulit bertemu sel telur.
Di samping itu, menjaga kesehatan secara umum juga  berperan penting untuk mendapatkan keturunan. Mengelola stres sangat penting untuk mempercepat kehamilan, karena kondisi ini dapat berpengaruh terhadap ovulasi. Di samping itu, lakukan olahraga teratur, tapi tidak berlebihan. Terlalu sering berolahraga justru dapat memengaruhi ovulasi. Berjalan cepat setidaknya setengah jam selama lima hari sepekan saja sudah mendatangkan manfaat kesehatan. Hal yang tak kalah penting, berhentilah merokok karena kebiasaan ini memengaruhi ovulasi dan kadar estrogen dan bagi pria merokok dapat mengurangi kualitas sperma.

Jika menstruasi Anda tidak teratur dan atau berusia 35 tahun ke atas, Anda disarankan memeriksakan diri ke dokter yang dapat membantu Anda merencanakan kehamilan. Begitu pula jika Anda belum juga hamil setelah setahun mencoba. Perlu ditekankan sekali lagi, bahwa tidak ada penelitian yang menyebutkan terdapat posisi bercinta agar cepat hamil. Silakan terapkan berbagai cara di atas untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan.