Posisi Duduk yang Benar Kurangi Risiko Sakit Punggung

Dengan mempraktikkan posisi duduk yang benar dan baik, risiko sakit punggung bisa dikurangi.

Punggung Anda terasa sakit? Mungkin ketika duduk, Anda suka miring-miring atau membungkuk, atau bahkan duduk terlalu lama. Padahal, jika posisi duduk kita benar, masalah tersebut bisa dikurangi.

Posisi Duduk yang Benar Kurangi Risiko Sakit Punggung - alodokter

Jika Anda adalah pekerja kantoran yang sehari-hari berada di depan komputer, posisi duduk yang benar bisa diartikan sebagai posisi bahu yang rileks, kedua telapak kaki menapak lantai, dan punggung tegak lurus. Dan hal tersebut bisa dilakukan dengan mempraktikkan beberapa langkah berikut:

  • Pilih kursi yang mampu menopang punggung Anda dengan baik agar risiko sakit punggung bisa dikurangi. Usahakan menggunakan kursi dengan ketinggian dan kemiringannya bisa disesuaikan.
  • Duduklah dengan punggung lurus, posisi bahu ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi.
  • Jika kursi tidak menopang punggung bawah Anda, letakkan gulungan handuk atau bantal kecil di dekat punggung bawah.
  • Jaga agar posisi leher dan kepala tetap lurus namun nyaman, serta sedikit turunkan
  • Jaga bahu tetap santai.
  • Sesuaikan tinggi kursi agar posisi pergelangan tangan dan lengan lurus, serta sejajar dengan lantai ketika menggunakan keyboard Dan untuk penggunaan mouse komputer, usahakan memakai alas mouse yang memiliki bantalan untuk pergelangan tangan. Bantalan ini untuk menghindari agar pergelangan tangan tidak menekuk secara kurang nyaman.
  • Letakkan siku di sisi tubuh sehingga lengan membentuk bentuk huruf L pada sendi siku.
  • Tapakkan kaki rata dengan lantai. Jika kaki tidak sampai menapak lantai, gunakan pijakan kaki agar kaki bisa menjejak dengan nyaman.
  • Posisikan lutut agar sejajar dengan pinggul. Gunakan sandaran kaki, jika merasa perlu.
  • Hindari menyilangkan kaki, karena posisi ini dapat menimbulkan masalah pada postur tubuh.
  • Ketika mau berdiri dari posisi duduk, bergeraklah ke depan kursi dan berdiri dengan meluruskan kaki. Jangan membungkuk pinggang ke depan. Setelah berdiri, disarankan melekukkan peregangan dengan menekuknya ke belakang sebanyak 10 kali.

Jika posisi duduk yang benar sudah dilakukan, cobalah untuk tidak duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Disarankan untuk mengubah postur tubuh sesering mungkin. Selain itu, sering-seringlah istirahat, walau hanya sebentar. Hal tersebut sangat baik bagi kesehatan punggung karena bisa membuat otot santai sejenak dan tidak tegang.

Perlu diingat jika terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko kaki menjadi kaku dan lemah, sakit punggung, sakit pinggul, bahu dan leher menjadi kaku, obesitas, depresi, kanker, penyakit jantung, diabetes, varises, dan gumpalan darah di kaki. Bahkan seorang pakar kesehatan mengungkapkan bahwa duduk selama lebih dari 11 jam dalam sehari bisa meningkatkan risiko kematian dan serangan jantung

Yuk perhatikan dan praktekkan rumus posisi duduk yang benar dari sekarang. Jangan pula juga untuk selalu meregangkan tubuh selama beberapa saat agar terhindar dari berbagai cedera dan penyakit yang tidak diinginkan.