Pro dan Kontra Seputar Perawatan Rambut Kemaluan Wanita

Survei menunjukkan lebih dari 50 persen wanita mencukur rambut kemaluan untuk alasan kebersihan. Padahal, mencukur atau menghilangkan rambut kemaluan dapat menyebabkan vagina lebih rentan terkena iritasi dan infeksi.

Keinginan wanita untuk menghilangkan rambut didasari atas pilihan pribadi. Dengan kata lain, lakukan sesuai dengan kenyamanan dan kesukaan masing-masing.

Removing Pubic Hair_compress

Keuntungan Menumbuhkan Rambut Kemaluan

Sebuah penelitian menjelaskan hampir 59 persen kaum hawa merawat rambut kemaluan, dalam hal ini mencukur, demi menjaga kebersihan, 46 persen sebagai bagian dari rutinitas, dan sisanya atas keinginan pasangan. Situasi tertentu yang membuat wanita mencukur rambut kemaluan disebabkan oleh niat untuk berhubungan seksual, berlibur, atau karena akan bertemu dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan medis. Sebagian lainnya merasa bahwa kesengajaan menghilangkan rambut kemaluan didasari oleh alasan estetika pribadi. Wanita cenderung merasa lebih seksi dan bentuk vagina terlihat lebih bagus jika dicukur.

Hal ini terdengar masuk akal, meski pada kenyataannya, keberadaan rambut kemaluan menyimpan potensi manfaat medis. Rambut kemaluan memberikan perlindungan jaringan dan organ kelamin dari risiko paparan kotoran dan infeksi bakteri. Rambut kemaluan bertindak sebagai bantalan demi mencegah gesekan yang menyebabkan abrasi dan cedera di area sensitif.

Pro dan Kontra Perawatan Rambut Kemaluan

Sejumlah kaum hawa umumnya merawat rambut kemaluan sendiri atau di salon kecantikan yang khusus menyediakan jasa waxing. Perlu diketahui, sebenarnya tidak terlalu penting menghilangkan rambut kemaluan untuk menjaga atau membersihkan area sensitif wanita. Faktanya, tidak ada keuntungan yang signifikan dari segi medis dalam menghilangkan rambut kemaluan.

Mencukur

Beberapa wanita berpikir mencukur rambut kemaluan membutuhkan pemeliharaan yang tinggi. Ini karena rambut kemaluan cepat tumbuh kembali dalam hitungan hari. Jika Anda ingin mencukur rambut kemaluan, maka lakukan secara merata. Pertama, tentukan tanggal secara terjadwal dan gunakan peralatan yang aman.

Pro: Harga untuk alat dan krim cukur relatif lebih terjangkau.

Kontra: Ketika rambut kemaluan akan tumbuh lagi, biasanya daerah vagina akan terasa gatal karena kulit di area tersebut sangat sensitif. Dibanding metode waxing, rambut yang dicukur akan lebih cepat tumbuh, sehingga harus lebih sering dicukur.

 Waxing

Waxing merupakan metode untuk memuluskan kulit dengan cara mencabut rambut di area kulit tersebut. Lapisan tipis dari cairan lilin hangat dioleskan di area rambut kemaluan. Selanjutnya, bahan seperti kain tipis ditempelkan sebelum lilin mengeras. Proses ini membutuhkan beberapa detik hingga lilin mengeras. Kemudian, kain tipis ditarik sehingga mencabut rambut-rambut yang telah menempel.

Pro: Metode ini mampu menghilangkan rambut kemaluan sampai ke akar-akarnya sehingga rambut kemaluan tidak cepat tumbuh. Jika Anda tertarik melakukannya, pilihlah salon atau spa bersertifikasi yang melayani waxing.

Kontra: Metode ini memberi rasa perih di vagina saat penarikan kain tipis. Berhati-hatilah dengan suhu lilin yang terlalu panas karena bisa mengiritasi kulit. Dan jangan mencukur rambut kemaluan sebelum melakukan waxing.

Elektrolisis

Satu-satunya metode penghilang rambut kemaluan secara permanen. Sebuah elektroda berbentuk jarum digunakan untuk melenyapkan akar rambut.

Pro: Penghilangan rambut kemaluan secara tuntas sampai tidak tersisa dan bersifat permanen.

Kontra: Metode ini memakan waktu cukup panjang. Satu kali perawatan bisa sampai 25 sesi untuk melenyapkan akar rambut sampai habis. Biaya sekali perawatan relative mahal jika dibandingkan dengan metode lainnya. Biaya ini bisa bertambah tergantung dari lokasi dan faktor lainnya terkait penghilangan rambut kemaluan.

Laser

Metode laser merupakan prosedur penembakan sinar untuk mempenetrasi permukaan kulit demi merontokkan folikel rambut.

Pro: Pada metode laser yang berhasil, rambut kemaluan rontok seketika. Rambut yang dihilangkan juga akan tumbuh kembali dalam waktu yang relatif lama.

Kontra: Hasil metode ini bervariasi bagi masing-masing orang. Efek sampingnya bisa menyebabkan bengkak dan kemerahan pada kulit. Masih tergolong mahal dan membutuhkan beberapa kali kunjungan. Hasilnya belum tentu langsung terlihat. Untuk itu, dianjurkan berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu sebelum memilih metode ini.

Kaum wanita perlu mengetahui beberapa risiko yang dapat ditimbulkan dari mencukur rambut kemaluan, antara lain:

  • Ruam kulit karena pemakaian alat tajam, seperti gunting atau pencukur bulu.
  • Infeksi pada akar rambut kemaluan atau disebut folikulitis.
  • Luka bakar disebabkan efek samping obat perontok.
  • Kulit kemerahan, gatal, luka, lecet, atau melepuh.

Konsultasikan kepada dokter apabila gejala di atas terjadi, khususnya setelah prosedur menghilangkan rambut kemaluan dilakukan. Sebelum menghilangkan rambut kemaluan, ikuti tips mencukur rambut kemaluan yang aman agar terhindar dari risiko yang ditimbulkan.