Ragam Manfaat Rosella yang Menyehatkan

Tanaman rosella dengan nama latin Hibiscus sabdariffa sudah banyak dikenal di dunia. Bunga rosella dapat dibuat menjadi teh yang dimanfaatkan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan. Selain sebagai teh kesehatan, manfaat rosella juga dapat ditemui dalam bentuk makanan yang lain.

Rosella merupakan spesies bunga dari Afrika Barat. Tinggi pohonnya sekitar 2-2,5 cm dan bunganya berwarna putih, kuning hingga merah dengan diameter 8-10 sentimeter. Sedangkan buahnya membutuhkan waktu hingga enam bulan untuk matang.

Ragam Manfaat Rosella yang Menyehatkan

Tiongkok dan Thailand menjadi produsen terbesar dan menguasai perdagangan rosella di dunia. Meski kualitas rosella terbaik di dunia berasal dari Sudan, namun jumlah produksinya sedikit dan kualitas dari pengolahan produknya tidak cukup baik. Di India, rosella banyak dikembangkan sebagai serat nabati.  Kini, permintaan serat rosella makin diminati di dalam industri yang menggunakan serat.

Apa Saja Manfaat Rosella yang Menguntungkan Kesehatan?

Manfaat rosella ditemukan pada beberapa bagian dari tumbuhan rosella. Daun rosella adalah sumber yang baik dari senyawa polifenol. Sedangkan bunganya kaya akan asam protokatekuat dan antosianin. Biji rosella sendiri sarat dengan antioksidan yang larut dalam lemak, terutama gamma-tocopherol.

Dari kandungan tersebut, diketahui manfaat rosella terutama dalam bentuk teh sebagai bahan dasar pengobatan herba di berbagai belahan dunia. Orang Mesir menggunakan teh rosella untuk menurunkan suhu tubuh. Di benua Afrika, teh rosella digunakan untuk mengobati konstipasi, kanker, penyakit hati, dan gejala pilek. Hasil olahan dari daunnya juga dapat digunakan pada kulit untuk menyembuhkan luka.

Mengolah Rosella Menjadi Makanan

Selain dijadikan teh yang bermanfaat bagi kesehatan, rosella juga dapat diolah menjadi beberapa makanan yang lezat dan menyegarkan. Manfaat rosella pada masakan ditujukan menambah rasa, aroma, serta tampilan yang unik. Makanan yang bisa dihasilkan dari penambahan rosella antara lain:

  • Tumbuhan rosella yang digunakan sebagai bahan masakan adalah bagian daun. Di beberapa wilayah di Asia, daun rosella dijadikan bahan untuk memasak sebagai campuran bahan lainnya. Di Vietnam, daun muda dan batangnya digunakan untuk memasak sup yang dipadukan dengan ikan atau belut.
  • Teh rosella didapatkan dari kelopak bunga rosella yang dikeringkan. Rasanya asam dengan warna kemerahan. Cara pembuatan teh tersebut adalah menempatkan dua sendok teh bunga rosella kering di dalam teko, lalu tuangkan air mendidih ke teko tersebut. Rosella juga dapat dijadikan minuman yang menyegarkan. Minuman ini sering disajikan dalam keadaan dingin, seperti sirop yang  ditambahkan perasa buah dan daun mint. Rosella bahkan dibuat menjadi anggur di Thailand.
  • Bagian rosella lain yang dapat dibuat menjadi makanan adalah pucuk bunga yang diolah menjadi buah yang diawetkan atau bisa juga dijadikan selai. Produk selai rumahan rosella dibuat di Queensland, Australia.

Manfaat rosella yang diketahui secara luas selama ini berkaitan dengan khasiat rosella dalam hal penyembuhan penyakit. Namun sudah sejak lama, bangsa-bangsa di Afrika, Asia, bahkan Eropa untuk memakai rosella sebagai makanan atau minuman untuk dikonsumsi sehari-hari.