Rambut Tumbuh ke Dalam

Pengertian Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya rambut yang telah tumbuh ke balik lapisan kulit. Rambut tumbuh ke dalam kerap dialami orang-orang yang memiliki rambut ikal atau keriting.

Ingrown Hair - alodokter

Rambut tumbuh ke dalam dapat membaik tanpa perawatan, yaitu dengan mengurangi kegiatan menghilangkan rambut tubuh. Rambut tumbuh ke dalam dapat dihindari dengan tidak mencukur atau mencabut rambut. Akan tetapi, jika hal ini tidak dapat dihindari, maka cara mencabut atau mencukur rambut dengan risiko rambut tumbuh ke dalam yang lebih sedikit dapat menjadi alternatif.

Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam

Selain dengan mencukur, rambut juga dapat tumbuh ke dalam akibat dicabut menggunakan pinset dan waxing. Mencukur sambil menarik atau meregangkan kulit dapat menyebabkan potongan rambut yang tertinggal kembali tertarik ke balik lapisan kulit dan tumbuh ke dalam lapisan kulit. Sementara mencabut rambut dengan pinset dapat meninggalkan sebagian rambut di bawah lapisan kulit.

Rambut tumbuh ke dalam yang meradang merupakan reaksi alami kulit terhadap kondisi ini yang menganggap rambut sebagai benda asing yang memasuki tubuh.

Struktur dan arah tumbuh rambut juga memiliki peranan besar mengapa rambut kemudian tumbuh ke dalam. Folikel rambut yang melengkung menghasilkan rambut yang ikal ditambah ujung tajam akibat rambut yang baru dicukur bisa masuk kembali ke balik kulit begitu rambut tumbuh kembali. Inilah sebabnya pemilik rambut keriting atau ikal merupakan kelompok orang yang sering kali berisiko mengalami kondisi semacam ini.

Sel kulit mati yang menyumbat folikel juga dapat memicu pertumbuhan rambut ke arah samping di balik lapisan kulit dan bukannya ke luar dari kulit. Rambut juga dapat kembali masuk ke folikel rambut dan tidak keluar kembali.

Gejala Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam dapat dialami pada bagian tubuh yang berbeda-beda. Pada perempuan, rambut yang tumbuh ke dalam umumnya muncul di area tertentu, seperti:
  • Kaki
  • Sekitar kemaluan
  • Ketiak
Rambut tumbuh ke dalam juga bisa dialami oleh laki-laki yang sering mencukur jenggot sehingga area pipi, dagu, leher bahkan kulit kepala menjadi area dengan rambut yang tumbuh ke dalam.

Tanda-tanda adanya rambut yang tumbuh ke dalam, yaitu:

  • Benjolan bulat kecil yang penuh atau padat yang dapat terlihat menyerupai jerawat
  • Gatal atau sakit pada area yang mengalaminya
  • Warna kulit yang lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya akibat hiperpigmentasi
  • Rambut yang tertanam
  • Luka kecil berisi nanah yang tampak menyerupai bisul (pustul).
Rambut yang tumbuh ke dalam umumnya bukan gejala kepada kondisi yang lebih serius, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri kepada dokter, terutama jika Anda mengalami kondisi ini sebagai akibat dari hirsutisme. Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut secara berlebihan di area tertentu yang tidak seharusnya pada tubuh wanita.

Diagnosis Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam dapat didiagnosis oleh dokter umum atau dokter spesialis kulit dengan cara memerhatikan kondisi kulit dan mencari tahu tentang kebiasaan pasien selama ini dalam menghilangkan rambut di tubuh.

Pengobatan Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam dapat sangat mengganggu terutama ketika rambut baru mulai tumbuh, namun selama kondisi ini ditangani dengan hati-hati maka akan membaik dengan sendirinya. Anda bisa mencoba untuk mengeluarkan rambut yang tumbuh ke dalam sendiri di rumah, namun lakukanlah dengan hati-hati untuk menghindari luka. Cobalah mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Bersihkan area rambut tumbuh ke dalam dengan sikat gigi berujung lembut, lap, atau scrub. Lakukanlah dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Waktu yang disarankan adalah tiap sebelum mencukur atau waktu tidur.
  • Jarum yang steril juga dapat digunakan. Caranya, perlahan-lahan tusukkan jarum ke kulit dengan tujuan mengangkat ujung rambut yang tumbuh ke dalam.
  • Jangan memencet kulit dengan maksud mengeluarkan rambut dari kulit karena dapat merusak lapisan kulit dan memicu infeksi.
Terhadap kondisi rambut tumbuh ke dalam yang lebih serius, dokter dapat memberikan resep obat-obatan yang bisa digunakan untuk menangani kondisi ini, yaitu:
  • Krim dengan kandungan steroid untuk mengurangi peradangan.
  • Krim atau obat yang diminum untuk menangani infeksi. Losion antibiotik dapat digunakan untuk mengobati area yang terluka akibat garukan.
  • Obat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Obat ini dapat mengurangi warna gelap dan ketebalan kulit pada area rambut tumbuh ke dalam.
Rambut tumbuh ke dalam dapat memicu komplikasi berupa infeksi bakteri jika sering digaruk. Warna kulit yang menggelap atau hiperpigmentasi, munculnya jaringan parut yang permanen (keloid), dan benjolan akibat pisau cukur atau pseudofolliculitis barbae adalah beberapa komplikasi lain yang bisa dialami.

Pencegahan Rambut Tumbuh ke Dalam

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya rambut tumbuh ke dalam yaitu dengan tidak mencukur, menggunakan pinset, waxing, atau metode lain untuk menghilangkan bulu tubuh.

Anda bisa mempertimbangkan metode laser yang bisa menghilangkan rambut hingga lapisan yang lebih dalam sehingga mengurangi risiko tumbuhnya rambut ke dalam.

Beberapa langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi tumbuhnya rambut ke dalam kulit adalah:

  • Hindari mencukur dari jarak yang terlalu dekat atau terlalu pendek, baik saat Anda menggunakan alat cukur elektrik maupun konvensional.
  • Pilih pisau cukur yang tajam untuk alat cukur konvensional Anda dan coba temukan jenis alat cukur seperti apa yang cocok dengan Anda, apakah yang memiliki satu atau dua mata pisau di dalamnya.
  • Lakukan tes kulit sebelum Anda menggunakan penghilang rambut yang mengandung bahan kimia karena bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Bersihkan kulit dengan air hangat dan sabun muka sebelum mencukur rambut yang ada di area wajah.
  • Gunakan krim atau gel cukur beberapa menit sebelum Anda mencukur agar rambut menjadi lembut.
  • Jangan menarik atau meregangkan kulit sembari mencukur.
  • Temukan arah mencukur yang cocok bagi Anda, apakah itu searah atau berlawanan dengan arah tumbuh rambut.
  • Cucilah kulit dan gunakan losion setelah selesai bercukur.
  • Bilas pisau cukur tiap selesai satu gerakan mencukur.
  • Krim penghambat pertumbuhan atau penghilang rambut mulai banyak tersedia, namun disarankan untuk dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
  • Hindari menumbuhkan janggut untuk sementara waktu.