Rosela, si Merah yang Kaya Manfaat

Bunga rosela ternyata tidak hanya sedap diminum sebagai teh herba. Bunga merah ini juga diduga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, namun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat-manfaatnya

Rosela adalah tanaman tropis yang berasal dari benua Afrika. Namun kini, tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Daya pikat rosela tidak hanya dari warnanya yang merah terang, tetapi juga dari banyaknya nutrisi yang terkandung pada bunga ini. Bunga rosela tercatat mengandung berbagai vitamin (A, B1, B2, B3, dan C), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

rosela si merah yang kaya manfaat - alodokter

Manfaat yang Didapatkan dari Rosela

Berikut adalah manfaat-manfaat rosela yang dipercayai banyak orang tapi belum teruji sepenuhnya secara ilmiah:

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh rosela kemungkinan efektif menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah agak tinggi. Ada pula penelitian yang menyimpulkan jika mengonsumsi teh rosela mungkin sama efektifnya dengan minum obat captopril yang diresepkan bagi penderita hipertensi ringan hingga sedang. Namun, penelitian lebih menyeluruh mengenai efek rosela dalam mengurangi tekanan darah tinggi masih diperlukan.

Kanker

Hasil penelitian dari manfaat bunga ini terhadap penyakit lainnya menyatakan bahwa rosela mungkin berpotensi mengobati kanker. Senyawa antioksidan bernama anthocyanin yang terkandung dalam rosela dianggap sebagai kunci antikanker di bunga ini. Penelitian terus dilanjutkan untuk mencari kebenaran hal ini.

Obesitas

Penelitian di Taiwan menemukan bahwa ekstrak rosela mungkin memiliki pengaruh terhadap metabolisme tubuh. Diperkirakan, mengonsumsi rosela dapat mencegah obesitas dan melindungi organ hati dari penumpukan lemak. Namun hal ini belum terbukti sepenuhnya dan masih perlu diteliti lebih jauh.

Kolesterol tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh rosela mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes, namun belum cukup bukti untuk mendukung pendapat tersebut.

Selain itu, manfaat lain rosela yang juga dipercaya namun belum terbukti sepenuhnya adalah meningkatkan selera makan, menyembuhkan sembelit dan iritasi pada lambung. Tapi, diperlukan bukti dan penelitian lebih lanjut untuk mendukung pendapat tersebut.

Efek Samping Rosela

Keamanan rosela bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui belum dipastikan sepenuhnya. Oleh karena itu sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan yang sedang memberi ASI. Rosela diduga dapat menyebabkan menstruasi dan keguguran.

Rosela kemungkinan dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu lebih aman jika mereka dengan tekanan darah rendah menghindari konsumsi rosela. Selain itu, bagi pasien yang akan dioperasi disarankan untuk berhenti mengonsumsi rosela setidaknya 2 minggu sebelum operasi. Rosela dapat memengaruhi tingkat gula darah sehingga bisa  sukar terkontrol selama dan setelah operasi.

Belum ada penelitian atau bukti ilmiah yang menganjurkan berapa banyak konsumsi rosela yang aman. Jadi walaupun teh rosela adalah produk alami yang mengandung vitamin dan mineral, terlalu banyak mengonsumsinya berpotensi buruk pada tubuh. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya jika ragu menggunakan rosela. Selain itu, jangan mengonsumsi produk-produk rosela jika tidak terdaftar di BPOM.