Segera Tanggulangi Trauma Sekarang Juga

Trauma psikologis biasa menimpa seseorang yang pernah mengalami kejadian yang sangat menyedihkan, mengancam nyawa atau mengguncang jiwa. Bentuk gangguan psikis ini terjadi ketika kesedihan yang menimpa seseorang melebihi kemampuannya dalam mengatasi kesedihan atau stres akibat kejadian tersebut.

Seseorang yang mengalami kejadian traumatis biasanya merasa syok, takut, sedih dan cemas berlebihan secara berkepanjangan. Reaksi masing-masing orang akan berbeda-beda meskipun menghadapi kejadian traumatis yang sama. Namun, orang yang mengalami kejadian traumatis ini disarankan melakukan penanggulangan agar trauma tidak berlanjut lebih lama.

trauma - alodokter

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk melepas trauma atas kejadian dahsyat yang pernah dialami:

Kenali pikiran sendiri

Selalu kenali bahwa rasa takut, syok, sedih, dan cemas hanya ada di dalam pikiran semata. Anda pun harus menyadari bahwa peristiwa tersebut sudah berlalu. Ditambah lagi, saat ini Anda sudah terlepas dari peristiwa itu. Cobalah alihkan pikiran ke hal-hal lain tiap kali Anda merasa bahwa saat ini masih mengalami kejadian tersebut.

Tenangkan diri dengan menarik napas

Ketika gejala-gejala berupa cemas, stres, marah atau gelisah muncul, cobalah tarik napas dalam-dalam agar dapat berpikir lebih jernih dan menjadi lebih tenang. Lakukan hal ini beberapa kali hingga Anda yakin bahwa perasaan-perasaan tadi sudah teratasi.

Tunggu sampai reda

Hindari mengambil keputusan besar dalam hidup ketika emosi Anda masih tinggi dan tidak stabil. Tunggu sampai semuanya mereda agar Anda dapat berpikir lebih rasional. Berhenti kerja, pindah keluar kota atau keputusan penting lainnya mungkin malah akan menambah pikiran Anda yang akhirnya semakin menyulitkan Anda untuk pulih dari trauma psikologis.

Bersikap menerima

Kejadian traumatis cenderung membuat seseorang berhadapan dengan ketidakpastian. Bagi Anda yang kehilangan pasangan akan dihadapkan kepada situasi kehidupan di masa depan yang tidak pasti. Sama halnya bagi Anda yang baru saja kehilangan pekerjaan akan dihadapkan kepada ketidakpastian jaminan kehidupan karena tidak adanya penghasilan. Mulailah bersikap menerima ketidakpastian tersebut. Lalu, perlahan-lahan hilangkan perasaan cemas, agar Anda dapat segera pulih. Satu hal yang harus Anda ingat, keadaan tidak akan berlangsung seperti ini selamanya. Akan ada perubahan, sesuai dengan berjalannya waktu.

Kembali ke dalam rutinitas

Stabilitas dan aktivitas rutin akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari kejadian traumatis. Bersosialiasi dengan teman dan keluarga, atau membuat kegiatan baru seperti berolahraga dapat Anda lakukan untuk membantu Anda mengatasi gejala-gejala trauma psikologis.

Tidak menyalahkan diri sendiri

Hindari menyalahkan diri sendiri. Sebab, peristiwa yang terjadi bukan akibat kesalahan Anda. Semua sudah digariskan untuk terjadi. Rasa bersalah, malu, marah, kecewa, sedih, dan mengasihani diri sendiri secara berkepanjangan justru akan berujung menjadi penyakit bagi diri sendiri.

Cari bantuan untuk pemulihan

Apabila Anda tidak dapat mengatasi trauma sendiri, carilah bantuan. Konsultasikan kepada ahlinya atau penasihat spiritual. Kadang-kadang ada juga organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang konsultasi khusus bagi penderita trauma bencana. Anda bisa mendatangi mereka untuk meminta bantuan agar cepat pulih.

Pada dasarnya trauma akan menciptakan perasaan-perasaan tidak enak. Perasaan takut, sedih, syok, dan marah adalah wajar terjadi kepada Anda yang sedang mengalami trauma atas kejadian-kejadian di masa lalu. Meskipun demikian, Anda harus tetap berusaha menyembuhkan diri agar tidak selalu dihantui oleh kejadian yang sudah lewat. Biarkan masa-masa menyedihkan itu berlalu dan jangan izinkan dampak buruk kejadian itu merusak masa depan Anda.