Sekarang Juga, Lenyapkan Batuk Kering Secepatnya

Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Udara kering, iritan, alergi, naiknya asam lambung, dan flu adalah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan batuk kering. Batuk ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Pada umumnya, batuk akan berhenti dalam tiga minggu. Meskipun demikian, batuk kering akan terasa menyiksa bila Anda tidak melakukan apa-apa untuk meredakannya. Belum lagi suara batuk yang dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

batuk kering - alodokter

Oleh karena itu, apabila batuk kering sedang mendera, cobalah lakukan beberapa hal ini agar batuk lebih cepat mereda.

Penuhi kebutuhan cairan

Ketika terserang pilek atau flu, ada kemungkinan Anda mengalami postnasal drip, yaitu adanya lendir di bagian belakang hidung dan tenggorokan. Postnasal drip dapat menyebabkan munculnya batuk kering. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu meringankan batuk kering sebab pasokan cairan berfungsi mengurangi pengumpulan lendir akibat flu. Cairan juga membuat tenggorokan Anda tetap lembap.

Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air hangat. Hindari mengonsumsi air yang terlalu panas karena efeknya justru dapat membuat jaringan yang sudah meradang menjadi makin teriritasi. Sebaliknya, air hangat justru akan lebih menghidrasi daripada air panas. Anda dapat mencoba teh hangat yang dicampur dengan adas manis dan kayu manis atau campuran teh hangat dengan kemangi, sedikit lada, dan rebusan jahe.

Pilihan minuman yang lain adalah jus nanas. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jus nanas lima kali lebih efektif dalam meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Ternyata, jus nanas dapat membantu melembutkan laring dengan tidak meninggalkan sisa-sisa (residu) yang dapat memicu batuk. Meski demikian, efektivitas jus nanas ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, dan tidak dapat menggantikan obat batuk yang diberikan oleh dokter Anda.

Cara lain untuk meringankan peradangan dan membantu mengurangi rasa sakit akibat batuk kering adalah dengan berkumur-kumur air hangat yang sudah dicampurkan garam dengan posisi kepala ditengadahkan ke atas. Lakukan kumur-kumur air garam hangat ini pada saat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman atau bisa dilakukan sebelum tidur.

Anda juga bisa menggunakan herba untuk membantu mengurangi intensitas batuk kering. Gunakan daun oregano sebanyak satu sendok makan yang direbus dengan secangkir air. Setelah panas, hirup aromanya.

Redakan dengan makanan yang menenangkan

Semangkuk sup ayam hangat dapat memberikan tiga manfaat sekaligus bagi Anda yang sedang menderita batuk kering. Pertama, rasa hangatnya membantu menenangkan tenggorokan. Kedua, uap hangatnya membantu membuka selaput pernapasan atas. Ketiga, sup ayam mengandung protein yang membantu menguatkan kondisi lemah akibat batuk kering.

Ketika batuk kering melanda, Anda juga bisa mengisap permen yang mengandung mentol. Senyawa ini diperoleh dari daun mint yang berdampak menenangkan bagian belakang tenggorokan. Senyawa ini pula yang membantu meredakan batuk.

Tenggorokan yang teriritasi akan terasa menggelitik sehingga membuat Anda ingin batuk. Mengonsumsi madu dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan tersebut. Tekstur wax pada madu adalah faktor yang dapat melembapkan, menenangkan, serta mengurangi iritasi tenggorokan Anda.

Kondisikan tubuh dan udara di sekitar tetap lembap

Keadaan tubuh yang lembap akan membantu meredakan batuk kering. Anda bisa mengusahakan kelembapan ini dengan menghirup uap air. Caranya, rebus air sebanyak satu panci hingga mendidih. Setelah mendidih, pindahkan ke wadah yang aman. Posisikan kepala di atas panci tersebut agar Anda dapat menghirup uapnya. Gunakan handuk di atas kepala untuk memerangkap dan menjaga agar uap air tidak cepat hilang.

Pertimbangkan minum obat

Di dalam tubuh kita terdapat zat bernama histamin. Zat inilah yang membuat drainase pada hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan terjadinya batuk terus-menerus. Untuk meredakannya, Anda dapat mengonsumsi antihistamin.

Selain antihistamin, Anda dapat menggunakan dekongestan sebagai pereda batuk. Fungsinya adalah mengurangi postnasal drip pemicu batuk.

Dalam memilih obat untuk meredakan batuk kering ini, Anda disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter.

Selama berusaha untuk meredakan batuk kering dengan cara-cara di atas, jangan lupa untuk menghindari segala sesuatu yang dapat memancing batuk kering datang lagi, misalnya merokok. Asap rokok merupakan penyebab utama batuk. Anda tidak ingin usaha Anda berakhir sia-sia, bukan?

 

sponsored by: