Selain Gurih, Manfaat Bawang Merah Juga Banyak

Selain membuat masakan terasa gurih dan harum, bawang merah juga memiliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan. Bahan masakan yang lezat dijadikan bawang goreng ini ternyata rendah kalori, bebas lemak, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral.

Bawang merah diduga berasal dari Tiongkok, Asia Tengah, atau Asia Tenggara dan sudah ada sekitar tahun 2000 SM. Bawang merah bahkan telah lama menjadi bahan pokok masakan Mediterania, Prancis, Amerika, dan Flemish. Umbi-umbian ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam salad dressing, tumis-tumisan, bumbu gorengan, dan saus guna menambah rasa.

selain gurih manfaat bawang merah juga banyak - alodokter

Kandungan dan Manfaat Bawang Merah

Jika ditilik dari kandungannya akan didapat banyak sekali manfaat bawang merah, beberapa di antaranya adalah:

Vitamin C

Vitamin C membantu melindungi dan menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat, membantu penyembuhan luka, membantu pembentukan kolagen, mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahan kimia beracun dan polutan, serta memelihara tulang, otot, dan pembuluh darah.

Vitamin C kemungkinan juga efektif meningkatkan penyerapan zat besi di tubuh. Vitamin ini juga diduga efektif membantu mencegah hilangnya penglihatan atau memperlambat jalannya penyakit degenerasi macula, yaitu memburuknya fungsi saraf penglihatan yang diturunkan atau karena faktor lingkungan. Tapi manfaat ini didapat jika dikonsumsi bersamaan dengan zinc, vitamin E, dan beta-karoten.

Vitamin C juga mengurangi risiko pengerasan arteri, melindungi ginjal saat diberikan zat kontras untuk tindakan diagnostic seperti angiografi, mengurangi efek kemerahan akibat kosmetik atau tindakan laser estetik, juga melindungi kulit dari munculnya kerutan dini akibat paparan sinar matahari, menurunkan risiko terkena kanker mulut dan kanker lainnya, mencegah pilek juga infeksi paru-paru yang biasa terjadi setelah olahraga berat, membantu pencegahan penyakit kandung empedu pada wanita, sengatan matahari, dan mencegah kehilangan tulang rawan sehingga gejala osteoarthritis (radang tulang dan sendi) tidak memburuk.

Vitamin B6

Vitamin B6 efektif mencegah dan mengobati anemia sideroblastik. Selain itu, vitamin dengan nama lain pyridoxine ini diduga efektif membantu mencegah hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh degenerasi makula, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko batu ginjal dan kanker paru-paru, meringankan sindrom pramenstruasi (PMS) seperti nyeri pada payudara dan masalah menstruasi lainnya, serta meringankan mual dan muntah pada awal kehamilan.

Antioksidan

Bawang merah mengandung antioksidan flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat mengurangi risiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Kalium

Mineral yang satu ini mungkin efektif menurunkan kadar kalsium dalam urine, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko stroke. Namun masih dibutuhkan penelitian dan bukti lebih lanjut guna mendukung pernyataan tersebut.

Allicin

Allicin yang ditemukan dalam bawang merah diduga mampu mengurangi produksi kolesterol dalam sel-sel hati.

Bawang merah memang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Manfaat bawang merah pun tidak perlu diragukan. Namun janganlah mengonsumsi bawang merah secara berlebihan karena apa pun yang terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh.