Suka Curhat dengan Sahabat Membuatmu Makin Sehat

Salah satu manfaat sahabat adalah menancapkan pengaruh positif bagi kesehatanmu. Curhat mengenai hal-hal yang baik dan buruk dengan sahabat dapat menambahkan rasa bahagia, sekaligus mengurangi tekanan hidup.

Sahabat juga bisa membantu memberimu rasa percaya diri serta memberi motivasi dalam menentukan tujuan yang pasti dalam hidup. Kehadiran mereka jugalah yang bisa membuatmu mengikis trauma dan kesedihan di dalam kehidupan, seperti akibat perceraian, kehilangan pekerjaan, terkena penyakit serius, hingga karena ditinggalkan orang yang dicintai untuk selamanya.

suka curhat pada sahabat membuat kamu sehat - alodokter

Mendapatkan Sahabat yang Menyehatkan

Untuk mendapatkan manfaat positif bagi kehidupanmu, tentu saja tidak sembarang sahabat bisa melakukannya. Beberapa hal harus kalian penuhi demi bisa mendapatkannya, salah satunya adalah komunikasi yang baik dan saling berbagi.

Tidak ada yang lebih baik daripada dua orang sahabat yang mampu berkomunikasi dengan baik dan bisa saling curhat satu sama lain. Saling jujur satu sama lain alias tidak berbohong kepada sahabat juga dibutuhkan dalam membina persahabatan yang baik. Ini adalah salah satu syarat utama sebuah persahabatan agar bisa berjalan dengan sehat dan mampu menyehatkan.

Kepercayaan dan saling menghormati juga harus senantiasa dipupuk agar aktivitas berbagi curahan hati bersama sahabat tidak berakhir mengecewakan. Meski memang kamu dan sahabatmu sesekali akan berbeda pendapat, namun jika kamu sudah memiliki rasa hormat dan saling percaya, perbedaan yang ada justru makin bisa memperindah jalinan persahabatan.

Sahabat adalah Pengusir Depresi

Curhat dengan sahabat adalah salah satu kunci untuk terhindar atau lolos dari jeratan depresi. Apalagi jika depresi yang kamu rasakan sudah termasuk kondisi yang parah. Dukungan sahabat akan sangat diperlukan saat kamu sedang menjalani masa-masa sulit. Bukan saja memberi tahu mereka, mengajak sahabat untuk menemani juga bisa membantumu melaluinya.

Sebagian orang memiliki keyakinan bahwa membicarakan kondisi yang dirasakan justru bisa membuat keadaan memburuk, padahal menceritakan yang sedang dialami kepada sahabat atau anggota keluarga bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan ketenangan dan kesembuhan.

Yang terpenting, bicarakanlah permasalahan yang dialami dengan orang yang benar-benar kamu percayai. Kamu juga harus menentukan kapan waktu yang tepat untuk berbagi dengan sahabat atau keluarga. Meski awalnya mungkin akan terdapat ketidaknyamanan, pada akhirnya kamu akan merasa tenang berkat dukungan yang diberikan oleh mereka.

Sahabat Ada saat Kamu Menderita

Siapa pun tidak ingin mendapatkan penyakit mematikan, seperti kanker. Meski tidak menyembuhkan secara langsung, mencurahkan isi hati kepada sahabat saat ditimpa musibah dapat membawa hawa positif untukmu sendiri.

Sahabat dan keluarga bisa memberikan dukungan ajaib saat kita mengalami hal buruk. Berbincang mengenai masalah pribadi dengan sahabat turut memperkuat sisi psikologi. Kemampuan mereka dalam menyentuh hati kita juga akan menjadikan diri merasa lebih baik.

Mendapatkan kabar buruk mungkin akan membuatmu merasa marah, frustrasi, dan stres. Kehadiran dan dukungan dari orang-orang terdekat dapat meringankan kesedihan dan beban yang dialami. Selain itu, keberadaan mereka mungkin akan membuat tekadmu menjadi lebih kuat dalam mendapatkan kesembuhan.

Sahabat Menjadikanmu Lebih Baik

Sahabat yang baik bukan saja mau mendengar semua curahan hatimu. Mereka akan mengingatkanmu untuk menjauhi hal-hal yang dapat merusak diri sendiri, seperti konsumsi alkohol berlebih atau jarang berolahraga. Mereka juga akan menegur jika kamu makin sering menjalani gaya hidup yang berakibat buruk untuk kesehatan.

Meski demikian, ada kalanya memiliki hubungan kedekatan dengan sahabat justru membuatmu bosan atau tidak nyaman, bukan? Sama halnya dengan orang tua sendiri pun kita dapat berselisih. Yang harus digaris bawahi adalah memiliki sahabat bisa memperpanjang usia. Makin luas cakupan kehidupan sosial seseorang, maka makin kecil risiko dirinya mengalami kematian dini.

Jadi mulai sekarang, perbanyaklah sahabat demi kebaikan kesehatanmu. Selain itu, persahabatan yang kuat mungkin juga bisa membuat masa depanmu menjadi lebih baik.