Tato di Tangan dan Risiko Kesehatannya

Memang sepertinya semakin banyak orang yang ingin memiliki tato. Setiap hari Anda semakin banyak melihat orang-orang dengan tato di tangan atau area tubuh lain. Ada yang menganggapnya seksi, sebagian juga menganggapnya keren. Yuk, ketahui risiko efek samping dan kesehatannya sebelum Anda memutuskan membuat tato.

hand tattoo - alodokter

Sebelum membuat tato di tangan maupun area lain, ada baiknya Anda mencari informasi kesehatan terkait tato sebanyak mungkin. Perlu diketahui, tato memiliki risiko infeksi kulit atau reaksi alergi yang membahayakan kesehatan bahkan nyawa Anda. Berikut adalah beberapa komplikasi dari tato yang mungkin terjadi:

  • Penyakit yang menular melalui darah dan masuk ke dalam tubuh melalui peralatan tato yang menggunakan jarum, seperti penyakit tetanus, HIV, hepatitis B dan hepatitis C. Penularan penyakit ini terutama melalui penggunaan jarum tato yang tidak steril.
  • Reaksi alergi terhadap tinta tato, khususnya yang berwarna merah, hijau, biru dan kuning. Reaksi yang mungkin Anda rasakan berupa ruam dan gatal di lokasi tato, bahkan bisa dirasakan selama bertahun-tahun setelah tato dibuat.
  • Infeksi kulit. Misalnya infeksi kuman Staphylococcus yang dapat menyebabkan selulitis, tuberkulosis kulit disebabkan oleh bakteri  Mycobacterium yang bisa menyebabkan kasus abses parah sehingga harus dioperasi.
  • Gangguan kulit lain, seperti benjolan atau granuloma di sekitar lokasi tato dan area kulit yang meninggi akibat pertumbuhan jaringan parut berlebih di lokasi tato atau keloid. Selain itu, tato juga dapat menimbulkan reaksi radang dan pembengkakan yang nyeri pada kulit yang ditato.
  • Komplikasi pada kulit yang ditato ketika Anda melalui proses pindai resonansi magnetik atau MRI. Pada beberapa kasus, meskipun jarang, pigmen yang terkandung pada tinta tato dapat mengganggu hasil gambar dari proses pemindaian
Jika setelah menjalani proses tato di kulit Anda mendapati gejala seperti demam, nyeri yang sangat hebat, bengkak, gatal, terdapat nanah, atau gejala infeksi kulit di lokasi tato, Anda disarankan segera berkonsultasi ke dokter atau spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Ketika Anda membuat tato di tangan, termasuk membuat tiruan alis mata atau garis mata dengan tinta permanen maka Anda berisiko juga terhadap penyakit yang mengikuti komplikasi di atas. Walau tidak umum, namun risiko ini bisa dan pernah terjadi.

Persiapan Sebelum Membuat Tato di Tangan

Pikirkan lagi keputusan Anda untuk membuat tato. Tato merupakan proses mengukir tinta permanen pada kulit, dan jika sudah terukir akan sulit untuk dihapus, bahkan kadang tidak dapat hilang secara total. Tindakan menghapus tato permanen di kulit, misalnya dengan terapi laser, juga memiliki risiko tersendiri. Risiko yang dapat terjadi di antaranya terbentuk jaringan parut pada lokasi bekas tato.

Jika keputusan Anda untuk membuat tato sudah mantap, melakukan penelitian secukupnya mengenai tato juga perlu dilakukan pada seniman tato, studio tempat ia bekerja, tinta, dan peralatan tato. Beberapa negara telah memiliki kebijakan khusus yang harus diikuti oleh seorang seniman tato atau studio tato, namun ada juga negara-negara yang belum memiliki kebijakan ini.

Pastikan peralatan yang digunakan telah melalui proses sterilisasi yang baik dari virus dan bakteri, serta jarum tato benar-benar baru dan bukan jarum bekas pakai. Anda juga menginginkan seniman tato yang memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan kerjanya. Pastikan ia sudah membersihkan tangannya dan menggunakan sarung tangan baru sebelum mulai bekerja.

Tinta tato juga dilarutkan dalam air yang benar-benar steril dan lolos standar kelayakan produk kosmetik yang ada, misalnya kandungan bahan pewarna dari tinta tato yang digunakan. Perhatikan dan pastikan agar area yang akan ditato telah diusap dan dibersihkan dengan alkohol sebelum Anda mulai ditato.

Jadi proses membuat tato di tangan atau area kulit lain bukan hanya sekadar menentukan gambar apa yang ingin Anda miliki di tubuh, melainkan memastikan Anda melalui proses dan praktik tato yang aman dengan minim risiko infeksi. Pikirkan dengan baik sebelum membuat tato. Anda bisa berkonsultasi dengan seorang dermatologis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang risiko kesehatan tato.