Temukan Manfaat Air Garam untuk Wajah di Sini

Di balik sejumlah khasiat yang garam miliki, manfaat lainnya bisa diraup dari larutan air garam. Sejumlah manfaat air garam untuk wajah dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan gatal.

Keutamaan dan manfaat garam laut tidak hanya berguna untuk melezatkan masakan. Garam laut, ternyata bermanfaat di dalam menjaga kecantikan dan perawatan kulit wajah.

benefit of salt water for face skin_compress

Apa Manfaat Air Garam untuk Wajah?

Pada umumnya, masalah kulit wajah berminyak atau berjerawat bisa diatasi dengan menggunakan produk-produk kecantikan dan perawatan kulit. Namun, alternatif pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti memanfaatkan air garam.

Sejumlah manfaat air garam untuk wajah, antara lain:

  • Menghilangkan jerawat dan gatal pada kulit wajah

Seorang pakar gizi merekomendasikan pemakaian air garam untuk membersihkan kulit wajah berjerawat. Air garam mengandung zat-zat antibakteri dan bersifat alkali yang dapat menjadi alternatif pengganti toner wajah. Pembasuhan kulit wajah dengan air garam mampu menjaga produksi sebum atau minyak alami wajah penghasil jerawat.

Cara membuat: Tuangkan air ke dalam panci berukuran sedang. Letakkan panci di atas kompor, kemudian masukkan setengah sendok garam laut. Aduk sampai garam larut. Biarkan hingga dingin, lalu pindahkan isi panci ke dalam mangkok atau wadah lainnya.

Cara menggunakan: Usapkan produk pembersih muka, tunggu sekitar 30 detik. Basuh muka dengan air dingin untuk menghilangkan sisa-sisa pembersih. Selagi kulit wajah masih basah, ambil setangkup air garam dan usapkan secara merata pada permukaan wajah.

Berikan jeda 5-10 detik, lalu usap kembali wajah dengan air garam. Ulangi proses ini sampai satu menit. Cuci wajah dengan air dingin dan tepuk-tepuk bagian wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Jangan lupa, oleskan pelembap bebas minyak karena air garam dapat bersifat mengeringkan kulit.

Selain dicampur dengan air, garam juga dapat diaplikasikan ke wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Perlu diingat bahwa garam yang dimaksud di sini ada garam laut, bukan garam dapur. Hal ini dikarenakan butuh butiran garam yang lebih kasar untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Menjadi scrub wajah

Garam laut cukup berkhasiat dalam mengelupas bagian-bagian kulit. Bahan-bahan lain yang digunakan adalah cuka sari apel yang bersifat astringent atau penutup pori-pori dan daun mint untuk mengatasi peradangan.

Cara membuat: Tempatkan cuka sari apel secukupnya di wadah dan tambahkan 1/8 cangkir garam. Potong daun mint segar sebanyak 1-2 sendok teh. Masukkan potongan daun mint tadi ke dalam campuran garam dan cuka apel. Campur dan aduk merata hingga membentuk larutan yang cukup kental.

Cara menggunakan: Oleskan adonan air garam pada permukaan kulit wajah dan pijat dengan lembut. Cuci wajah sampai bersih dengan air hangat. Simpan sisa larutan ke dalam kulkas. Larutan ini dapat bertahan hingga tiga hari di dalam kulkas.

Selain air garam yang diramu sendiri, terdapat juga larutan air dan garam yang biasa disebut larutan saline. Larutan ini umumnya memiliki konsentrasi garam yang mirip dengan cairan tubuh. Air garam ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami menangani gangguan kesehatan berupa sakit tenggorokan, alergi dan sinusitis. Sebelum mendapatkan manfaat air garam untuk menangani kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Manfaat air garam untuk wajah dengan cara mencuci, membilas, dan membersihkan daerah sekitar wajah membutuhkan bahan-bahan dan peralatan steril. Ikuti petunjuk mengenai cara membuat dan menggunakan air garam secara tepat. Jika Anda ragu, segera konsultasikan kepada dokter demi mengantisipasi terjadinya kontaminasi pada kulit wajah.