Tentukan Cara Sendiri untuk Menjaga Semangat Belajar

Harus diakui, semangat belajar kadang-kadang bisa menurun. Hal ini mungkin akan membuat Anda sulit fokus untuk melanjutkan kegiatan belajar Anda. Jangan menyerah, lakukan tips-tips berikut untuk mengembalikan semangat.

Kemungkinan menurunnya semangat belajar mungkin bisa dikarenakan Anda merasa cemas tidak dapat mempertahankan prestasi belajar atau takut menghadapi kegagalan dalam belajar. Meskipun demikian, Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Rasa semangat harus tetap terpelihara demi cita-cita yang diidam-idamkan. Perasaan semangat inilah yang akan memotivasi Anda dalam belajar sampai selesai.

semangat belajar - alodokter

Agar Anda termotivasi dan terus semangat belajar, ada beberapa cara sederhana dan ampuh yang dapat Anda lakukan. Cara-cara tersebut adalah:

Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

Suasana belajar harus diciptakan sesuai dengan kenyamanan Anda. Agar semangat belajar tetap bertahan, buatlah suasana belajar yang nyaman.

Siapkan camilan dan minuman sehat

Siapkan makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan agar Anda tidak kekurangan energi pada saat belajar. Hindari gorengan cepat saji, donat, piza, dan roti karena camilan-camilan semacam ini membuat energi yang dihasilkan cepat berubah menjadi rasa kantuk. Akibatnya, tubuh lesu dan semangat belajar pun pudar.

Ruangan yang nyaman

Mungkin kelas yang dipenuhi peralatan belajar yang itu-itu saja menimbulkan rasa kurang nyaman bagi Anda. Tapi setidaknya di rumah sendiri, cobalah untuk menciptakan ruangan belajar yang menyenangkan. Jika Anda lebih suka belajar dalam suasana yang tenang, hindari meletakkan TV di kamar. Jauhkan komputer atau gawai elektronik lain secara permanen atau simpan semuanya ketika Anda sedang belajar. Pilih kursi dan meja yang tidak membuat punggung pegal.

Sebagai saran tambahan, tidak ada salahnya untuk menciptakan ruang kecil khusus untuk menghindari gangguan dan bisa lebih fokus selama belajar.

Siapkan semua kebutuhan belajar

Mencari buku, alat tulis, atau perlengkapan lain di tengah-tengah suasana belajar akan mengganggu kesinambungan aktivitas belajar Anda. Bahkan ada sebagian orang yang semangat belajarnya menjadi berkurang karena harus bolak-balik mencari perlengkapan. Untuk menghindarinya, siapkan semua keperluan belajar sebelum mulai belajar agar konsentrasi Anda tidak terputus.

Hindari Hal-hal yang Berpotensi Menjadi Gangguan

Gangguan yang terjadi selama belajar akan membuyarkan konsentrasi dan pada akhirnya membuat Anda menjadi malas belajar. Oleh karena itu, hindari gangguan-gangguan seperti ini.

Pakaian yang tidak nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman, yaitu baju yang pas di tubuh, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar. Selain itu, pastikan rambut Anda tidak terlalu minta perhatian, misalnya poni yang terlalu panjang selalu jatuh menutupi mata. Ikatlah rambut agar tidak mengganggu pandangan.

Matikan ponsel dan komputer

Saat belajar, matikan sejenak ponsel Anda agar tidak menguras perhatian. Pikiran Anda pun dapat konsentrasi ke pelajaran. Begitu juga dengan komputer. Aktifkan hanya jika Anda sedang menggunakannya untuk keperluan belajar. Jika tidak sedang digunakan, matikan saja.

Bersantai 10 Menit

Jangan lupa untuk beristirahat di sela-sela waktu belajar. Luangkan waktu 10 menit saja dari tiap 45 menit waktu belajar untuk menenangkan pikiran. Selama waktu luang tersebut, cobalah berjalan-jalan di sekitar teras rumah sambil menghirup udara segar. Otak juga perlu beristirahat setelah menerima beberapa informasi. Selain itu, beristirahat dapat meningkatkan daya ingat.

Belajar Bersama Teman-teman Pilihan

Belajar bersama teman akan meningkatkan semangat belajar. Optimalkan manfaat dari kegiatan belajar bersama dengan memilih teman yang sedang memiliki tugas serupa sehingga kalian dapat berdiskusi dan meneliti pendapat berbeda dari satu hal yang sama. Kalau memungkinkan, tidak ada salahnya memilih teman belajar yang lebih menguasai pelajaran tersebut agar suasana belajar makin membuat Anda bersemangat.

Namun Anda harus ingat bahwa teman di sini bukanlah teman akrab yang biasa berkumpul sehari-hari. Alih-alih belajar, nantinya Anda malah tergoda untuk berdiskusi tentang hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran.

Beri Penghargaan untuk Diri Sendiri

Untuk memotivasi diri sendiri agar tetap bisa semangat belajar, Anda harus mengetahui hal-hal apa yang Anda sukai, hal menarik apa yang ingin Anda lakukan, dan apa yang harus dilakukan untuk menjadikan Anda lebih bersemangat. Semua hal ini dapat dijadikan hadiah untuk diri sendiri, terutama jika Anda berhasil mencapai suatu prestasi berkat belajar dengan serius.

Meski terdengar agak aneh, memberi penghargaan untuk diri sendiri terbilang ampuh untuk meningkatkan semangat belajar. Cobalah hadiahi diri sendiri tiap kali Anda berprestasi berkat belajar. Tidak perlu menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang mahal atau sulit didapatkan. Bermain video game, menyantap makanan kesukaan, menonton film favorit di bioskop, atau menikmati layanan pijat adalah hadiah yang sepadan dan pada akhirnya bisa menjadi motivasi tersendiri di kemudian hari.

Semangat belajar memang kadang-kadang bisa menurun. Namun, diri Anda sendirilah yang bisa membuatnya pulih kembali. Tentukan cara-cara Anda sendiri sebagai pendukung motivasi belajar.