Tentukan Waktu Tepat Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Pertumbuhan gigi bungsu sering kali menimbulkan permasalahan. Namun, jangan tergesa-gesa. Ketahui kondisi apa yang membutuhkan operasi gigi bungsu.

Disebut gigi bungsu karena gigi ini merupakan yang terakhir muncul. Umumnya pertumbuhan gigi bungsu pada usia 17-25 tahun.

Tentukan waktu tepat operasi gigi bungsu - alodokter

Kondisi yang Berisiko

Gigi bungsu sering disebut sebagai gigi geraham ketiga. Jika gigi itu tumbuh normal dan tanpa gangguan, maka tidak perlu dilakukan operasi gigi bungsu. Pada kondisi ini, gigi bungsu dapat dibersihkan dan tidak mengganggu kebersihan gigi lainnya.

Permasalahan yang kerap terjadi yaitu gigi bungsu tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh. Hal ini yang kemudian dapat memicu masalah, karena gigi tersebut tidak dapat tumbuh normal. Posisi gigi bungsu yang tidak normal antara lain tumbuh miring ke depan atau belakang, posisi tiduran, atau hanya keluar setengah.

Beberapa efek yang menandakan harus segera dilakukan operasi gigi yaitu jika gigi bungsu memicu rasa sakit, infeksi, atau nyeri gusi serta merusak gigi atau tulang di sekitarnya. Selain itu, gigi bungsu yang harus segera ditindak yaitu jika menyebabkan sisa makanan terperangkap serta sulit dibersihkan dan terbentuknya kista (kantong berisi cairan) di sekitarnya.

Meski demikian, operasi gigi bungsu juga harus ditunda jika terjadi gigi bengkak, infeksi, demam, rasa sakit yang tak tertahankan. Umumnya dokter gigi akan terlebih dahulu memberikan obat antibiotik untuk mencegah kondisi lebih parah atau menyebar.

Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit dan obat kumur antibakteri. Hal ini sebelum tindakan lanjutan terhadap gigi bungsu dapat dilakukan.

Pengangkatan Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu tergantung dari kondisi. Tindakan tersebut dapat dilakukan oleh dokter gigi atau juga direkomendasikan ke dokter spesialis bedah gigi.

Sebelum tindakan operasi gigi bungsu, pasien akan diberikan anastesi lokal hingga terasa kebal. Waktu operasi gigi bungsu beragam, mulai dari 20 menit atau bisa juga berlangsung lebih lama.

Untuk mencabut gigi bungsu, dokter akan menggoyangkan gigi ke arah depan dan belakang untuk memperluas ruang gusi. Umumnya, pasien akan merasakan tekanan di sekitar gigi bungsu tersebut.

Pada beberapa kasus tertentu, sebelum gigi bungsu dicabut, maka akan dilakukan tindakan tambahan. Misalnya, gigi dipecah menjadi lebih kecil atau gusi disayat sehingga gigi bungsu lebih mudah diambil.

Tips Meminimalkan Rasa Tidak Nyaman

Setelah operasi gigi bungsu selesai, umumnya akan terjadi pembengkakan dan rasa tidak nyaman di sekitar mulut yang berlangsung sekitar 3-14 hari.

Untuk meringankan rasa sakit, dapat menggunakan obat pereda nyeri jenis acetaminophen atau obat yang diresepkan dokter. Jika tampak membengkak atau memar, gunakan ice pack di pipi atau sesuai dengan anjuran dokter.

Dianjurkan untuk beristirahat minimal satu hari setelah proses operasi gigi bungsu. Hindari kegiatan berat selama satu minggu. Ini untuk menjaga gumpalan darah yang menutup luka operasi tidak lepas.

Yang perlu diingat, 24 jam pertama setelah operasi gigi bungsu sebaiknya hanya mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan air putih, tidak menggosok gigi, tidak minum dengan menggunakan sedotan, atau memakai obat kumur. Merokok baru boleh dilakukan minimal 72 jam setelah operasi. Jika perlu melepaskan jahitan setelah operasi gigi bungsu, datanglah sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Meski terdengar menakutkan, namun operasi gigi bungsu tidaklah seseram yang dibayangkan. Konsultasi dengan dokter gigi lebih lanjut jika ada kemungkinan Anda harus menjalaninya.