Ternyata Ini Penyebab Utama Munculnya Mata Perih

Mata perih biasanya didefinisikan dengan sensasi seperti ada benda asing di organ penglihatan. Walau demikian, beberapa orang mungkin merasakan sensasi yang berbeda ketika mata perih ini terjadi. Sensasi yang mengganggu mata tersebut bisa berupa mata kering, gatal atau seperti terbakar.

Salah satu kondisi yang sering memicu mata perih adalah kekeringan pada mata. Sindrom ini merupakan kejadian ketika mata tidak mendapat cukup air mata. Bisa juga karena air mata menguap terlalu cepat. Selain perih, mata kering juga biasanya menyebabkan mata menjadi merah dan bengkak.

ternyata ini penyebab utama munculnya mata perih - alodokter

Gejala sindrom mata kering, seperti mata perih, bagi kebanyakan orang mungkin tidak memengaruhi aktivitas keseharian mereka, namun pada beberapa kasus bisa terasa sangat menyakitkan dan berisiko menimbulkan komplikasi. Biasanya, gejala-gejala tersebut menimpa kedua mata secara bersamaan.

Beberapa gejala lain selain mata perih yang sering menimpa antara lain adalah:

  • Mata merah.
  • Mata terasa kering atau seperti ada butiran benda tertentu.
  • Penglihatan menjadi kabur dan cenderung membaik setelah mata dikedip-kedipkan.
  • Kelopak mata lengket saat bangun tidur sehingga sulit membuka mata.

Penyebab Lain dari Mata Perih yang Harus Diwaspadai

Selain karena hal di atas, mata perih juga bisa diderita oleh orang-orang dengan berbagai alasan. Beberapa alasan yang melatarbelakangi terjadinya hal tersebut antara lain:

  • Faktor genetik

Faktor genetik yang mungkin menjadi penyebab munculnya gangguan mata perih adalah corneal stromal dystrophy. Gangguan ini terjadi ketika terjadi penggumpalan materi asing, termasuk kristal lipid dan kolesterol di kornea. Penumpukan zat-zat ini menyebabkan terganggunya penglihatan seseorang. Pada stadium tertentu, gejala perih atau nyeri dapat muncul ketika lapisan epitel kornea mengalami erosi. Untuk mengobatinya, pasien kemungkinan memerlukan prosedur transplantasi kornea.

  • Kelembapan udara

Masalah yang bisa menyebabkan hadirnya mata perih adalah kondisi lingkungan tempat tinggal. Faktor lingkungan yang biasanya berdampak kepada kondisi mata adalah udara atau iklim. Di lingkungan atau ruangan dengan kondisi udara yang kering juga dapat menimbulkan mata perih akibat mata kering.

  • Memasak di dalam ruangan

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa iritasi mata dalam bentuk mata berair dan mata perih saat memasak dijadikan sebagai indikator adanya polusi udara yang bersumber dari aktivitas memasak di dalam ruangan.

Hati-hati, satu hal yang perlu digarisbawahi dari kondisi mata perih akibat efek memasak di dalam ruangan adalah orang-orang dengan gangguan ini cenderung dihadapkan kepada gejala-gejala kepada gangguan pernapasan juga.

  • Bahan Iritan

Bahan-bahan iritan yang sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap enteng. Beberapa bahan yang bisa mengiritasi mata antara lain berupa asap rokok, air kolam renang yang mengandung bahan klorin. Bahkan udara di sekitar kolam renang indoor juga bisa menyebabkan mata perih.

Meski hingga kini mata perih masih belum dianggap sebagai kondisi serius, bukan berarti kewaspadaan berkurang saat merasakan hal tersebut. Sebaiknya periksakan kepada dokter untuk mengetahui apa gerangan penyebab pasti dari hal ini.