Tes Apgar Score Untuk Cek Kondisi Bayi Baru Lahir

Apgar score atau skor apgar adalah sebuah tes untuk memastikan kondisi kesiapan bayi dalam memulai kehidupan di luar perut ibu. Apgar score juga akan memberikan informasi tentang perlu atau tidaknya bantuan medis bagi bayi. Tes ini dilakukan dengan cepat, yaitu pada satu dan lima menit setelah bayi lahir.

Apgar score dilakukan dengan memerhatikan ciri-ciri fisik bayi. Selama enam jam pertama setelah lahir, bayi akan diawasi secara ketat, terutama suhu tubuh bayi dan tanda-tanda jika ada kelainan pada fisik.

apgar score - alodokter

Seperti Apa Nilai pada Apgar Score?

Apgar score memiliki nilai tertentu untuk menunjukkan kondisi bayi. Nilai-nilai yang muncul akan berbeda-beda sesuai aspek masing-masing bayi. Kata ‘apgar’ sendiri diambil dari aspek-aspek yang diperiksa, yaitu Activity (aktivitas otot), Pulse (denyut jantung), Grimace (respons refleks), Appearance (penampilan, terutama warna tubuh bayi), dan Respiration (pernapasan).

Berikut skor dari masing-masing penilaian tersebut:

  • Activity (aktivitas otot)

Skor 2 berarti ada gerakan aktif

Skor 1 berarti ada beberapa gerakan lengan dan kaki

Skor 0 berarti tidak ada gerakan

  • Pulse (denyut jantung)

Skor 2 berarti setidaknya 100 denyut per menit

Skor 1 berarti kurang dari 100 denyut per menit

Skor 0 berarti tidak ada detak jantung

  • Grimace (respons refleks)

Skor 2 berarti bayi meringis dan menarik diri, batuk, atau menangis ketika diberikan rangsangan seperti cubitan ringan atau rangsangan pada saluran napas

Skor 1 berarti bayi hanya meringis saat dilakukan rangsangan

Skor 0 berarti tidak ada respons terhadap rangsangan yang diberikan

  • Appearance (warna tubuh)

Skor 2 warna tubuh seluruhnya normal

Skor 1 warna tubuh normal, tetapi tangan atau kaki kebiruan

Skor 0 bila seluruh tubuh bayi sepenuhnya abu-abu kebiruan atau pucat

  • Respiration (pernapasan)

Skor 2 bayi menangis kuat, bernapas secara normal

Skor 1 bayi menangis lemah, kadang-kadang terdengar seperti merintih disertai pernapasan yang tidak teratur

Skor 0 bayi tidak bernapas

Setelah masing-masing aspek dinilai, maka masing-masing skor akan dijumlahkan dan didapatkan nilai total. Sepuluh merupakan nilai sempurna yang berarti bayi berada di dalam kondisi baik atau sempurna. Sedangkan skor 0-3 merupakan keadaan gawat pada bayi yang mengindikasikan bahwa bayi membutuhkan resusitasi segera.

Waspadai Nilai Apgar Score Rendah

Normalnya, apgar score dilakukan dua kali, yaitu pada menit pertama dan kelima usia bayi. Namun, pada kasus ketika bayi mengalami kondisi kritis setelah tes pertama dan kedua, maka akan dilakukan tes apgar score lagi pada menit ke-10, menit ke-15, dan menit ke-20 untuk memastikan perkembangan bayi.

Kondisi kritis bayi tersebut dapat terlihat pada nilai apgar score yang rendah, yaitu 0-3, pada masing-masing hasil tes pertama dan kedua. Rendahnya nilai ini juga dikaitkan dengan tingginya risiko kematian bayi, terutama pada 20 menit pertama sejak dilahirkan.

Perlu diingat bahwa tes ini dilakukan beberapa saat setelah bayi dilahirkan. Walau demikian, bukan berarti bantuan resusitasi hanya diberikan ketika apgar score selesai dihitung. Segera memberikan pertolongan pada bayi berdasarkan keadaannya merupakan hal yang penting. Tanyakan pada dokter ahli atau spesialis terkait untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.