Tidak Disangka, Ada Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Menangis merupakan hasil ungkapan perasaan seseorang saat merasa sedih, terharu, atau bahagia. Di balik tetesan air mata yang mengalir, ternyata ada manfaat menangis yang bisa didapatkan.

Seseorang yang menangis kerap dinilai sebagai sosok yang cengeng dan lemah. Pria merupakan kalangan yang sering mendapat cap tersebut saat menangis. Sementara, wanita lebih dianggap wajar mengungkapkan perasaan dengan menangis.

tidak disangka, ada manfaat menangis untuk kesehatan  - alodokter

Jenis-Jenis Air Mata

Pada dasarnya, tubuh manusia akan menghasilkan tiga macam air mata. Masing-masing jenis air mata ini memiliki fungsinya masing-masing. Ketiga jenis air mata tersebut adalah:

  • Air mata refleks. Air mata refleks terjadi ketika mata kemasukan sesuatu. Oleh karenanya, air mata ini akan berfungsi untuk membersihkan mata dari partikel-partikel yang berbahaya seperti asap atau debu.
  • Air mata terus-menerus (kontinu)/basal. Air mata ini akan terus diproduksi oleh mata secara teratur untuk melubrikasi mata. Air mata tipe ini memiliki kandungan lysozymeyang berfungsi sebagai anti bakteri yang melindungi mata dari infeksi. Tidak hanya itu, air mata ini juga akan melewati hidung melalui saluran khusus demi menjaga agar daerah tersebut tetap lembap dan bebas bakteri.
  • Air mata emosional. Air mata ini sedikit berbeda dari air mata refleks yang 98 persen terdiri dari air. Air mata emosional mengandung hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika stres.

Manfaat Fisik dan Mental

Selain sebagai cara mengungkapkan perasaan, sebenarnya ada beberapa manfaat menangis yang bisa dirasakan.

  • Melepaskan stres

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada air mata emosional, hormon stres akan turut dikeluarkan saat sedang menangis. Racun lainnya yang menumpuk saat mengalami stres juga turut dikeluarkan. Tidak hanya itu, studi lain menunjukkan bahwa menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik

  • Meningkatkan mood

Manfaat menangis dapat menurunkan kadar mangan dalam tubuh seseorang. Pada dasarnya, mangan yang berlebih dalam tubuh akan memengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, gelisah, dan gangguan-gangguan emosi lain. Terutama untuk air mata yang dipicu oleh emosi, di dalamnya terkandung protein albumin lebih tinggi yang bermanfaat untuk membawa molekul-molekul kecil.

  • Melegakan perasaan

Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah menangis. Apalagi bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang buruk.

  • Membantu melalui situasi yang sulit

Manfaat psikologis dari menangis adalah meningkatkan suasana hati dan membantu Anda menghadapi situasi yang menyulitkan atau menyakitkan.

Perhatikan Ini Saat Menangis

Terlepas dari adanya manfaat menangis, hal ini tetap tidak boleh berlangsung secara berkepanjangan. Selain itu, meluapkan emosi melalui tangisan pun lebih baik dilakukan di tempat yang tepat agar tidak berdampak kepada suasana hati. Jangan menangis di tempat umum jika Anda tidak ingin merasa malu, bukan? Tahan air mata Anda dan pergilah ke tempat lain yang nyaman untuk menangis.

Menangis saat sedang bersama teman atau pasangan, membuat seseorang mampu melepaskan emosi dibandingkan saat menangis sendiri. Pada seseorang yang memiliki gangguan suasana hati seperti depresi atau cemas, menangis biasanya tidak dapat membantu membuat perasaan menjadi lebih baik. Maka dari itu, ketika setelah menangis, keadaan hati menjadi semakin buruk, disarankan untuk berkonsultasi kepada terapis untuk menangani gangguan mood yang sedang diderita.

Terdapat banyak manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan mental. Meski demikian, waspadai jika Anda terlalu sering menangis karena hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami depresi, tertekan, atau mengalami gangguan suasana hati. Konsultasikan dengan dokter atau psikolog mengenai kondisi tersebut.