Tidak Hanya Menghangatkan, Ada Banyak Manfaat Eucalyptus

Sebagaimana minyak kayu putih, minyak eucalyptus banyak digunakan untuk menghangatkan tubuh. Namun, masih ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari minyak ini.

Minyak eucalyptus memiliki ciri aroma kayu yang kuat namun menyegarkan. Di dalam minyak eucalyptus, terdapat kandungan utama eucalyptol dengan ragam manfaat.

Tidak hanya menghangatkan_ada banyak manfaat eucalyptus - alodokter

Setelah daun eucalyptus melalui proses penyulingan, maka akan diperoleh minyak eucalyptus. Penggunaan minyak eucalyptus sangat luas, mulai dari produk farmasi, pengharum, antiseptik, hingga penggunaan di bidang industri.

Beberapa manfaat minyak eucalyptus antara lain :

  • Meredakan batuk, pilek dan bronkitis

Minyak eucalyptus memiliki efek antibakteri pada saluran pernapasan yang membantu menghadapi bakteri sumber penyakit. Menghirup uapnya dapat berfungsi sebagai dekongestan, mengendalikan lendir berlebihan dan meredakan bronkitis.

Namuk, tidak hanya menghirup uapnya, eucalyptus dapat digunakan dengan mengusapkan minyak pada tubuh. Menurut beberapa penelitian, kombinasi khusus bisa digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis yaitu minyak eucalyptus, ekstrak jeruk nipis, dan pinus.

  • Meringankan asma dan sinusitis

Permasalahan pada saluran pernapasan seperti asma dan sinusitis kemungkinan dapat dibantu oleh minyak eucalyptus. Minyak ini tidak sekadar mengurangi cairan, namun juga membantu mencairkan dahak sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, minyak eucalyptus kemungkinan mengandung zat yang dapat menekan gejala asma. Namun, waspadai penggunaannya bagi penderita asma yang alergi eucalyptus.

  • Mengurangi nyeri

Sebuah penelitian mengungkap adanya kandungan analgesik atau pereda nyeri pada minyak eucalyptus. Kombinasi minyak eucalyptus, minyak peppermint, lavender, dan beberapa bahan lain dapat mengurangi nyeri sekaligus depresi pada penderita artritis atau nyeri sendi.

Penggunaan minyak eucalyptus yang dioleskan pada kulit juga diduga dapat meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah lapisan kulit dan meningkatkan suhu tubuh. Karena adanya efek ini, minyak eucalyptus kerap digunakan oleh para atlet sebagai pemanasan tubuh secara pasif.

  • Mengatasi bau mulut dan mengurangi plak gigi

Minyak eucalyptus yang mengandung antibakteri, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang banyak disebabkan oleh kuman. Selain itu, antibakteri dalam eucalyptus juga dapat mengurangi pembentukan plak dan gusi. Pilih produk obat kumur dan pasta gigi yang mengandung eucalyptus.

Atau, Anda juga dapat mulai mengunyah permen karet mengandung ekstrak eucalyptus. Penelitian terkini menyebutkan, adanya kemungkinan penurunan plak gigi setelah mengonsumsi permen karet tersebut.

  • Mengusir serangga

Beberapa jenis serangga, termasuk nyamuk, dapat membahayakan kesehatan. Penting untuk menghindari gigitan serangga tersebut. Beberapa penelitian menemukan, menyemprotkan bahan mengandung eucalyptus dan ekstrak lemon mampu mengurangi gigitan serangga hingga 30%.

  • Membantu penderita sakit kepala merasa rileks

Minyak eucalyptus mungkin tidak dapat membantu menyembuhkan sakit kepala, namun produk ini dapat membantu menenangkan, sehingga penderita dapat berpikir lebih baik.

Manfaatkan minyak eucalyptus sesuai dengan label pada kemasan. Waspadai mengenai kemungkinan alergi. Jika perlu, konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.