Tidak Perlu Bingung, Ada Banyak Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah salah satu nutrisi yang penting di dalam kelengkapan kebutuhan gizi harian. Mineral ini bertugas membawa oksigen di dalam sel darah merah dan turut mendukung proses pengiriman sinyal saraf.

Jangan sampai Anda kekurangan zat besi karena dapat menyebabkan anemia. Kebutuhan akan zat besi ini juga meningkat bagi orang-orang tertentu, seperti mereka yang rutin berolahraga dan pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Wanita, terutama wanita hamil, juga dianggap membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan pria.

makanan yang mengandung zat besi - alodokter

Zat besi akan diserap oleh tubuh melalui bagian atas usus halus untuk selanjutnya dimanfaatkan tubuh untuk menciptakan energi dan nutrisi. Selain itu, zat besi juga berperan dalam mengirimkan sinyal-sinyal koordinasi pada berbagai gerakan dan aktivitas motorik tubuh.

Ada dua jenis zat besi, yaitu heme dan nonheme. Tubuh manusia paling banyak menyerap zat besi heme yang berasal dari ikan, unggas, dan daging merah. Sementara itu, nonheme kebanyakan berasal dari tanaman.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Zat Besi?

Zat besi dapat ditemukan pada berbagai makanan. Berikut ini jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi.

Bayam

Jenis sayuran yang satu ini merupakan sumber zat besi yang mudah didapatkan dan dapat dimakan mentah secara langsung. Namun, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu, apalagi zat besi pada bayam yang sudah dimasak akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Pengolahannya pun bisa bermacam-macam, misalnya ditumis, direbus untuk dijadikan isi roti, atau dicampur dengan sajian sayuran lain. Satu cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung 6 mg zat besi, serta berbagai nutrisi lain, seperti protein, vitamin A, vitamin E, kalsium, dan serat.

Kacang kedelai

Kandungan nutrisi pada kacang kedelai tidak hanya didominasi oleh zat besi. Sebanyak 4 mg kacang kedelai turut mengandung mangan sebagai pendukung proses kimia tubuh dan tembaga sebagai mineral yang menjaga sistem kekebalan tubuh dan pembuluh darah. Kacang kedelai dapat dikonsumsi sebagai kudapan atau bisa diolah sebagai sayur/lauk.

Hati

Seiris hati sapi mengandung zat besi sebesar 5 mg. Itu berarti lebih dari seperempat kebutuhan zat besi pada wanita. Hati sapi dan hati ayam termasuk makanan yang mengandung zat besi tinggi sehingga dapat Anda pilih sebagai menu sehari-hari. Selain itu, hati juga mengandung protein, vitamin, dan mineral lainnya. Meskipun demikian, tetaplah bijak dalam mengonsumsinya karena hati mengandung kolesterol tinggi.

Tiram

Satu buah tiram mengandung 3-5 mg zat besi. Sepiring tiram berarti dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Tiram mudah didapatkan dan cara mengolahnya pun sederhana. Dengan menyantap tiram, Anda akan mendapatkan nutrisi lain selain zat besi, yaitu zinc dan vitamin B12.

Banyak pilihan makanan yang mengandung zat besi, jadi Anda tidak perlu bingung dalam memasukkannya ke dalam menu harian dan tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk kekurangan zat besi. Apalagi jenis-jenis makanan tersebut mudah didapatkan, bukan?