Tidak Suka Obat Kimia Untuk Mengusir Dahak, Solusinya di Sini

Hampir semua orang pernah mengalami terganggunya jalur pernapasan akibat sumbatan cairan kental berupa dahak yang menghalangi jalur udara. Berbagai penyakit yang memicu peradangan pada saluran napas dapat berkontribusi pada peningkatan produksi dahak.

Dahak dihasilkan oleh paru-paru dan sistem pernapasan yang menuju paru-paru. bedakan dengan mukus, lendir yang dihasilkan oleh hidung atau sinus. Dahak jarang keluar dari tubuh kecuali ketika batuk. Biasanya, batuk sebagai gejala bronkitis dan pneumonia merupakan jenis batuk yang mengeluarkan dahak.

tidak suka obat kimia untuk mengusir dahak, solusinya di sini - alodokter

Dilihat dari komposisinya, dahak merupakan cairan kental yang terdiri atas glikoprotein, lipid, imunoglobulin, dan zat-zat lainnya. Komposisi dahak pada tiap individu akan berbeda-beda sesuai keadaan iklim di suatu negara, kondisi genetik seseorang, dan sistem kekebalan tubuh yang sedang dialami.

Dahak sendiri sering dikaitkan dengan keberadaan penyakit di dalam tubuh seseorang. Hal ini logis mengingat dahak merupakan zat yang dikeluarkan oleh saluran napas selama terjadi penyakit atau peradangan. Selain bronkitis dan pneumonia, berbagai penyakit lain juga dapat meningkatkan produksi dahak, seperti flu dan asma.

Di dalam dahak, selain bakteri, terkandung juga pengelupasan bagian dari sel-sel yang mengalami peradangan. Dahak yang berwarna hijau atau kuning bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengalami infeksi. Dahak juga bisa mengandung darah dan ini dapat merupakan pertanda adanya kondisi yang berbahaya sehingga sebaiknya segera menghubungi ahli medis.

Mengatasi Dahak Menggunakan Bahan-bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu seseorang mengeluarkan dahak, terutama saat mengalami batuk berdahak. Berikut cara dan bahan-bahan untuk menghilangkan dahak tanpa dengan bantuan obat kimia.

  • Minum banyak air

Kemunculan dahak bisa jadi merupakan mekanisme sistem kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit. Untuk membantu meringankan tugas sistem kekebalan tubuh, maka mengonsumsi cukup air adalah salah satu bantuan yang berharga.

  • Konsumsi makanan pedas

Mengeluarkan dahak dari tenggorokan ternyata bisa juga dibantu melalui makanan pedas. Makanan-makanan pedas, seperti lobak atau lada, bisa juga bertindak sebagai dekongestan. Dengan demikian, makanan pedas mampu membantu menguras sebagian dahak sehingga pernapasan terasa lebih lega.

  • Teh hangat dan sup ayam

Dahak juga bisa dibantu untuk keluar dengan minuman atau makanan berkuah hangat. Teh hangat dan sup ayam adalah contoh sederhana yang bisa dijadikan pilihan untuk mengeluarkan dahak.

  • Ramuan teh, lemon, dan madu

Campuran teh, lemon, dan madu ke dalam secangkir air hangat kemungkinan efektif mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Hal ini mungkin terjadi karena keasaman lemon mampu memecah mukus dan madu mampu melegakan tenggorokan.

  • Berkumur dengan air garam

Air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam bisa juga digunakan untuk membantu mengeluarkan dahak. Cukup gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur beberapa menit saja sambil menengadahkan kepala.

  • Roti panggang

Mengonsumsi roti panggang mungkin dapat membantu Anda mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Roti panggang seolah-olah akan menyerap dahak yang menempel di tenggorokan. Dahak yang telah terserap tersebut akan ikut tertelan bersamaan dengan roti.

Jika dahak tetap bersarang meski sudah menggunakan bahan-bahan di atas, disarankan untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih efektif.