Tidak Sulit Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut sehat dan indah berkilau sudah pasti menjadi idaman tiap orang, terutama kaum wanita. Tapi bagaimana jika rambut Anda terlihat lepek, mengkilap, kusam, dan susah diatur karena berminyak? Bagaimana cara tepat untuk mengatasinya?

Kulit kepala mengandung minyak alami (sebum) yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands). Terkadang kelenjar ini bekerja terlalu keras hingga menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya kulit kelapa menjadi berminyak, rambut pun terlihat kusam, lemas, tidak bernyawa, dan sulit untuk ditata.

tidak sulit mengatasi rambut berminyak - alodokter

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala berminyak, yaitu:

  • Androgen mengontrol produksi minyak di kulit. Kadar hormon androgen yang tinggi dapat memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak. Contohnya remaja, wanita yang sedang menstruasi, wanita yang mengonsumsi pil KB, atau mereka yang mengonsumsi suplemen hormonal guna meningkatkan masa otot.
  • Rambut berminyak dapat diturunkan dari orang tua kepada anak. Jika rambut ayah/ibu Anda berminyak, kemungkinan rambut Anda juga demikian.
  • Memiliki lebih banyak kelenjar minyak di kepala.

Tips dan Larangan Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut sehat dan berkilau dapat dimiliki oleh siapa pun, termasuk bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. Beberapa tips ini bisa Anda lakukan di rumah sebagai pedoman dasar untuk mengurangi atau mengatasi minyak pada rambut.

Mencuci rambut 2-3 hari sekali. Jangan keramas setiap hari karena akan membuat minyak cepat menghilang. Akibatnya, minyak justru akan lebih banyak diproduksi. Selain itu, keramaslah dengan air hangat tapi gunakan air dingin pada bilasan terakhir untuk menutup kutikula dan membuat rambut berkilau.

  • Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak guna menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat rambut menjadi kering. Minta saran kepada pakar kecantikan rambut atau dokter.
  • Anda juga bisa menaburkan baby powder pada akar agar rambut tampak tidak terlalu berminyak. Bedak tabur akan menyerap minyak.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman sehat.
Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan dengan maksud mempercantik rambut justru bisa berakibat buruk jika terus dilakukan, misalnya:
  • Menggunakan kondisioner di akar rambut karena akan membuat rambut menjadi tambah berminyak. Cukup oleskan di ujung rambut.
  • Menggunakan banyak gel rambut karena akan membuat rambut terlihat lebih berminyak. Selain itu pilah-pilihlah produk perawatan rambut.
  • Terlalu lama menyisir rambut karena akan merangsang kelenjar memproduksi lebih minyak.
  • Sering meluruskan rambut dengan flat iron. Panas dari alat pelurus rambut memicu produksi minyak untuk melindungi helai rambut.
  • Suka menyentuh rambut. Makin sering rambut disentuh, maka makin banyak minyak yang diproduksi.
Meskipun tidak berhasil pada semua orang, Anda juga bisa menangani rambut berminyak dengan berbagai bahan alami seperti:
  • Jus lemon. Bilas rambut dengan campuran 1 jeruk lemon dan 1 gelas air. Lalu bilas lagi rambut dengan air hangat. Jus lemon membantu mengendalikan penumpukan sampo di kulit kepala.
  • Rendam rambut dalam campuran seperempat cangkir cuka dan satu baskom kecil air. Lalu bilas dengan air hangat.
  • Bilas rambut dengan air teh. Teh mengandung zat tannin yang dapat mengatasi minyak.
Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut berminyak dan merawat keindahan serta kesehatan rambut Anda. Selain itu jangan lupa untuk meminta saran dan pendapat dari dokter atau pakar rambut.