Tidak Sulit Menyamarkan Selulit

Selulit bukan diakibatkan oleh kelebihan berat badan. Semua orang, termasuk yang kurus sekalipun, dapat memiliki selulit.

Selulit adalah guratan menyerupai kulit jeruk yang umumnya terlihat pada paha, lengan, pinggul, bokong, dan perut. Pada kondisi yang lebih parah, selulit membuat kulit tampak bergelombang. Tetapi selulit yang ringan hanya akan tampak jika kulit dicubit atau ditarik.

Tidak Sulit Menyamarkan Selulit-Alodokter

Selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan ikat fibrosa kulit dan lapisan otot di bawahnya. Pertambahan lemak mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menekan ke bawah. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelambir dan tidak rata.

Selulit umumnya bisa disamarkan atau dikurangi, tapi agak sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Beberapa faktor membuat orang lebih berisiko mengalami selulit seperti pertambahan berat badan, pertambahan usia, faktor genetis, pasca-persalinan, pola makan buruk, perubahan hormon, dehidrasi, serta kurang aktif bergerak.

Meski terdengar seperti istilah medis, selulit sebenarnya adalah kondisi yang tidak berbahaya dan sangat umum dialami kebanyakan wanita dan sebagian kecil pria. Selulit menjadi masalah karena membuat banyak wanita tidak percaya diri, terutama saat mengenakan pakaian renang, rok, atau celana pendek.

Menyamarkan Selulit yang Mengganggu

Jika Anda termasuk orang yang merasa terganggu dengan kehadiran selulit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kondisi ini dapat diminimalisasi.

Menurunkan berat badan

Selulit dapat disebabkan oleh berat badan berlebihan, meski tidak selalu seperti itu. Dengan demikian, mengurangi bobot tubuh dengan berolahraga secara teratur dan pola makan sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi selulit.

Krim retinol

Penggunaan krim retinol 0,3 persen yang dioleskan pada kulit dapat menyamarkan selulit dalam jangka waktu pemakaian kurang lebih setengah tahun.

Penanganan alternatif

Selain cara di atas, meski belum terbukti secara ilmiah, ada beberapa metode lain yang diklaim dapat mengurangi selulit, antara lain:

Pemijatan. Pijat dipercaya dapat melancarkan peredaran darah serta mengurangi penumpukan cairan di area selulit.

Mesoterapi. Kombinasi suntikan yang mengandung aminofilin, enzim, hormon, vitamin, mineral, ekstrak herbal pada kulit. Namun prosedur ini dapat membawa efek samping seperti ruam dan infeksi.

Krim penghilang selulit. Krim dengan bermacam-macam kandungan, seperti antioksidan, mineral, dan vitamin yang banyak dijual bebas dengan label penghilang selulit. Namun selain belum ada penelitian yang membuktikan keefektifannya, produk ini berisiko menyebabkan iritasi. Jika ingin menggunakannya, sebaiknya coba oleskan pada sedikit bagian kulit selama sehari untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.

Mengenakan stocking

Mengenakan stocking secara teratur dapat mencegah penumpukan cairan pada selulit. Pemakaian dalam jangka panjang dapat memperhalus permukaan kulit pada area tersebut. Namun pastikan stocking yang Anda kenakan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Berhenti merokok

Merokok dapat memengaruhi peredaran darah pada kulit dan membuatnya menipis dan lebih rentan kendur. Hal ini menyebabkan selulit yang telah ada menjadi makin tampak.

Teknologi: laser, sistem radio frekuensi, sedot lemak

Teknologi frekuensi radio dan laser yang dipadukan dengan pemijatan memungkinkan selulit dapat disamarkan. Selain itu, dapat juga dilakukan sedot lemak atau liposuction dengan menempatkan selang kecil di bawah kulit untuk menyedot sel-sel lemak. Namun jika digunakan sendiri, ternyata metode ini justru membuat selulit tampak memburuk. Cara yang lebih efektif adalah memadukan liposuction dengan laser untuk menghancurkan sel lemak.

Meski teknologi dan operasi kecantikan kini makin memungkinkan orang untuk bebas dari selulit, namun dokter menyarankan olahraga dan pola makan sehat sebagai cara terbaik untuk menyamarkan kondisi tersebut.