Tidur Malam Setidaknya 8 Jam Bisa Membuatmu Terlihat Lebih Cantik

Ingin terlihat lebih cantik tanpa menguras kantong ternyata bukanlah suatu yang mustahil. Cukup tidur setidaknya 8 jam tiap malamnya, daya tarikmu akan terlihat jauh lebih menawan.

Menurut penelitian, mendapat tidur yang cukup pada malam hari bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Tidak hanya itu, kondisi tubuh juga menjadi fit. Dengan begitu, aura kecantikan kamu akan terpancar dengan sempurna.

Tidur Malam Setidaknya 8 Jam Bisa Membuatmu Lebih Cantik - alodokter

Berikut beberapa hal positif yang bisa kamu dapatkan dari tidur setidaknya 8 jam tiap malamnya:

Terlihat lebih muda. Kurang tidur bisa membuat mata terlihat bengkak dan kulit wajah menjadi pucat. Efeknya bertambah parah jika hal ini terjadi terus-menerus seperti muncul garis-garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata serta kulit yang terlihat lesu. Kolagen, zat protein yang membuat kulit kenyal dan halus, juga akan dirusak oleh hormon stres kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh yang kurang tidur.

Sebaliknya, ketika mendapat waktu tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi kolagen serta hormon pertumbuhan yang bisa memperbaiki sel dan jaringan kulit.

Kantong mata dan garis-garis halus berkurang. Jika kamu memiliki kantong mata akibat kurang tidur atau mewarisinya dari garis keluarga, kamu bisa memudarkannya dengan terlelap nyenyak. Begitu pula dengan garis-garis halus atau kerutan pada wajah. Dua kondisi ini bisa tersamarkan, karena saat tidur tubuh mengalami rehidrasi. Efek positif lainnya yaitu kamu akan terbangun dengan kulit wajah yang bercahaya.

Penyerapan produk perawatan wajah mungkin lebih efektif. Apakah kamu suka memakai krim-krim perawatan wajah yang mengandung retinol atau retinoic acid? Nah, krim-krim ini paling pas dipakai saat malam hari. Alasannya karena aliran darah pada kulit meningkat di malam hari, sehingga memudahkan krim tersebut terserap dengan cepat. Senyawa ini juga bekerja dengan efektif bagi kulit saat tidak ada gangguan sinar matahari.

Memperbaiki kulit wajah. Setelah seharian beraktivitas terkena sinar matahari dan polusi membuat kulit menjadi tidak sehat. Tidur cukup bisa membuat kulit memperbaiki dirinya sendiri, karena didukung oleh asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah saat kamu terlelap.

Mood selalu terjaga. Tidur bisa membantu merelaksasi tubuh dan pikiran. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi mood kamu. Terbangun dengan jiwa raga yang segar bisa membuatmu menjadi pribadi yang menyenangkan.

Tubuh langsing. Kurang tidur bisa memicu pertambahan berat badan. Kenapa? Kondisi ini membuat kamu ingin mengonsumsi apa pun dengan kalap, khususnya makanan tinggi karbohidrat dan lemak. Tubuh juga akan memproduksi lebih banyak ghrelin (hormon yang membuat kamu merasa lapar) dan lebih sedikit leptin (hormon yang membuat kamu merasa kenyang) ketika kamu kurang tidur.

Kondisi kurang tidur juga membuat metabolisme tubuh menjadi kacau. Kemampuan tubuh memecah zat-zat makanan menjadi energi menjadi terhambat. Hasilnya, zat-zat tersebut menumpuk menjadi lemak.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu cukup tidur.

Membuatmu pintar. Cantik tidak hanya dilihat dari fisik. Memiliki otak yang pintar juga bisa memancarkan inner beauty kamu. Nah, dengan cukup tidur kamu bisa dengan cepat menyerap informasi baru. Cara berpikir, daya konsentrasi, serta ingatan kamu akan lebih optimal ketika mendapat tidur malam yang berkualitas.

Agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas selama 8 jam, kamu bisa melakukan ritual sebelum memejamkan mata seperti mandi air hangat atau membaca buku. Hindari mengonsumsi makanan berat, cokelat, kafein, dan alkohol karena bisa membuatmu susah tidur.

Matikan seluruh alat elektronik, ponsel, dan lampu ketika ingin tidur. Jadikan kamar tidur sebagai tempat untuk beristirahat, bukan untuk bekerja atau menonton TV.

Saat tidur, disarankan untuk tidur telentang. Tidur dengan posisi menyamping bisa menyebabkan garis-garis halus bertambah parah dan memicu keriput.

Pastikan tidak ada akesoris pada rambut saat tidur. Aksesoris rambut bisa membuat folikel rambut stres dan membuat rambut menjadi tipis.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur agar terhindar dari masalah kulit.