Tindakan Operasi Masih Menjadi Obat Katarak yang Paling Ampuh

Ada harapan mungkin suatu saat obat berupa tetes mata dapat dijadikan sebagai obat katarak pada manusia. Sejauh ini, obat semacam itu masih dalam tahap penelitian terhadap hewan. Walau demikian, hingga saat ini penanganan katarak yang paling aman dan umum dilaksanakan adalah melalui tindakan operasi.  

Katarak adalah penyakit mata yang ditandai dengan menumpuknya protein di bagian lensa mata sehingga mengaburkan pandangan. Umur, infeksi, cedera, diabetes bahkan polusi lingkungan sekitar dapat menjadi pemicu timbulnya katarak pada mata. Untuk menangani penyakit mata yang merupakan penyebab kebutaan terbanyak di dunia, diperlukan tindakan operasi katarak.

obat katarak - alodokter

Tentukan Waktu yang Tepat untuk Operasi Katarak

Pandangan mata yang buram, silau berlebihan, dan sulit melihat jelas saat membaca adalah beberapa gejala yang biasa dialami penderita katarak. Jika hal ini terjadi, Anda disarankan untuk memeriksakan diri kepada dokter.

Saat Anda didiagnosis mengidap katarak, dokter akan menyarankan Anda untuk menentukan, apakah akan menempuh penanganan melalui operasi atau tidak. Apabila Anda masih merasa nyaman dengan kondisi penglihatan saat itu, bisa saja tidak perlu menjalani operasi. Namun, jika katarak menjadikan Anda kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, maka operasi katarak harus dilakukan untuk memulihkan penglihatan.

Anda juga diberikan keleluasaan dalam menentukan jadwal operasi sebagaimana penyakit katarak tidak berdampak kepada kesehatan mata secara umum sehingga Anda pun tidak perlu terburu-buru dalam memilih waktu untuk menjalani tindakan operasi. Meski begitu, waspadai jika Anda mengidap diabetes juga karena penyakit mata lebih cepat memburuk bagi penderita diabetes, termasuk katarak. Tingkat pemulihan mata setelah menjalani operasi katarak juga tidak bergantung kepada cepat atau lambatnya Anda dalam menentukan pelaksanaan operasi. Jadi dalam hal ini, tidak berlaku hukum lebih cepat dianggap lebih baik.

Tindakan Operasi Sebagai Obat Katarak yang Aman dan Efektif

Tujuan dari operasi katarak adalah mengangkat lensa mata yang tertutup kristal protein. Lapisan yang menjadikan penglihatan kabur ini akan diganti dengan lensa intraokuler buatan. Ada juga yang lensa matanya tidak diganti karena adanya gangguan lain pada mata. Apabila hal ini terjadi, maka pasien disarankan menggunakan kacamata atau lensa kontak setelah selesai menjalani operasi.

Sebagai terapi katarak yang aman, tindakan ini juga memiliki risiko, yaitu risiko perdarahan, infeksi, atau ablasi retina. Proses pelaksanaan operasi katarak akan berlangsung cepat sehingga tidak membutuhkan rawat inap.

Pada saat dilakukannya operasi, pasien diberikan bius lokal di area mata. Pasien tetap sadar sampai operasi selesai, tetapi tidak merasakan sakit. Namun, setelah operasi selesai, Anda akan merasa tidak nyaman selama beberapa hari ke depan. Jangan khawatir, mata Anda akan sembuh sepenuhnya dalam kisaran dua bulan. Apabila kedua mata Anda mengalami katarak, operasi tidak dilakukan sekaligus untuk kedua mata. Operasi kedua baru boleh dilakukan jika mata pertama sudah benar-benar sembuh.

Meskipun tampak mengkhawatirkan, Anda tidak perlu cemas dengan tindakan operasi sebagai obat katarak. Pikirkan kesembuhan mata Anda dan kenyamanan dalam beraktivitas ketika mata Anda sudah pulih. Selain itu, mulailah menjaga kesehatan mata untuk mencegah terjadi katarak dari sekarang.