Tips Aman Memakai Toilet Jongkok saat Hamil

Memakai toilet jongkok saat sedang hamil tergolong aman. Meski begitu, kondisi perutmu yang membesar dengan kehamilan tetap perlu menjadi perhatian nomor satu. Selalu perhatikan langkahmu saat berada di toilet karena lantainya yang licin.

Meski begitu, buang air besar pada toilet jongkok tetap lebih disarankan sebagaimana keunggulannya jauh lebih banyak dibandingkan toilet duduk.

Tips Aman Memakai Toilet Jongkok saat Hamil_edit

Sisi Positif Memakai Toilet Jongkok

Beberapa dampak positif yang bisa kamu peroleh dari toilet jongkok, antara lain:

  • Lebih higienis ketimbang toilet duduk.
  • Buang air besar sambil jongkok bisa mencegah konstipasi dan wasir. Konstipasi merupakan kondisi ketika kamu sulit untuk buang air besar, sementara wasir adalah benjolan yang muncul akibat pembengkakan pembuluh darah karena terlalu sering mengejan sebagai akibat dari konstipasi. Kedua kondisi ini sering dialami ibu hamil.
  • Proses buang air besar menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra ketika buang air besar dengan toilet jongkok.
  • Posisi jongkok dianggap sebagai posisi yang dianjurkan ketika persalinan. Posisi ini bisa membantu panggul untuk terbuka sehingga memudahkan bayi untuk keluar saat persalinan. Nah, membiasakan diri memakai toilet jongkok pada akhirnya bisa membuatmu terbiasa untuk jongkok saat persalinan tiba.

Lakukan Hal Ini saat Memakai Toilet Jongkok

Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar aman memakai toilet jongkok.
  • Ketika memakai toilet jongkok di tempat umum, pastikan kondisinya bersih dan kering. Setidaknya, ruangan toilet yang lebih bersih tidak memiliki aroma yang tidak sedap.
  • Untuk mengurangi risiko tergelincir saat memakai toilet, gunakan alas kaki yang tidak licin. Selain itu, perhatikan pijakan kakimu di toilet agar tidak terpeleset.
  • Setelah posisi kedua kakimu sudah stabil, mulai turunkan tubuh secara perlahan-lahan. Pastikan posisi punggung tetap lurus ketika menurunkan tubuhmu.
  • Oia, kehamilan bisa membuatmu lebih mudah pusing. Kondisi ini bisa dipicu ketika kamu melakukan pergerakan yang cepat seperti ketika ingin berdiri dari posisi jongkok. Jadi, berdirilah secara perlahan-lahan untuk menghindari kondisi ini.
  • Jangan mengejan terlalu keras ketika ingin mengeluarkan tinja. Jika kamu memiliki konstipasi, konsultasikan hal ini ke dokter.
  • Jika kamu takut terjatuh atau untuk membantumu jongkok dan berdiri dengan perut yang besar, kamu bisa memasang pegangan di dinding di sekitar toilet.
  • Sediakan lampu senter di dekat toilet. Hal ini bisa kamu gunakan saat listrik padam sebagai penunjuk jalan agar kamu tidak tergelincir.
Sebagai tips sehat apabila kamu ingin mendapatkan manfaat dari toilet jongkok, namun hanya ada toilet duduk di rumah, kamu bisa menaruh bangku kecil sebagai alat bantu. Bangku tersebut dapat dipakai untuk pijakan kaki ketika ingin jongkok.

Jaga selalu kebersihan kamar mandi, mulai dari lantai dan keseluruhan isi ruangannya. Contohnya, jangan biarkan lantai kamar mandi atau pijakan toilet licin. Hal ini bisa menghindarimu dari risiko tergelincir. Terakhir, cuci tangan dengan air dan sabun sebelum meninggalkan toilet.