Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga

Tubuh gemuk mendorong seseorang untuk melakukan diet. Tapi sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana tips diet yang sehat dan aman.

Mengurangi porsi makan bahkan tidak makan sama sekali, tak jarang ditempuh sebagian orang untuk menurunkan berat badannya. Alih-alih mendapatkan berat badan yang ideal, Anda justru jatuh sakit.

tips diet sehat melalui makanan dan olahraga - alodokter

Diet yang sehat bukanlah diet yang membuat Anda sakit, melainkan diet yang meningkatkan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan ada baiknya mengetahui makanan apa yang baik dikonsumsi dan tidak. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Tips Diet 1: Makanan Sehat untuk Diet Sehat

Tidak perlu repot-repot mencari makanan mahal yang sulit dicari di mana-mana. Ternyata banyak bahan makanan yang sering kita jumpai, justru menyimpan gizi dan serat alami yang berlimpah. Mau tahu apa saja makanan yang dimaksud?
  • Yogurt rendah lemak. Yogurt baik dikonsumsi saat menjalankan program diet karena memiliki kombinasi kalsium dari susu dan komponen bioaktif yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan memperlambat penumpukan lemak. Konsumsilah yogurt yang rendah lemak dan tanpa gula agar manfaatnya lebih maksimal
  • Telur. Telur dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena mengandung protein yang tinggi. Anda bisa menjadikan telur sebagai bagian dari menu sarapan agar Anda dapat merasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang.
  • Apel. Mengandung serat larut dan banyak air sehingga dapat menghambat naiknya gula darah. Anda bisa menjadikan apel sebagai camilan, bagian dari sarapan atau makan malam karena kandungan yang terdapat pada apel dapat membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Kembang kol. Meski kembang kol dapat menyebabkan perut kembung, tapi kembang kol termasuk makanan yang baik dikonsumsi saat diet. Kembang kol mengandung vitamin C dan folat. Selain itu, kembang kol juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita kanker karena mengandung sulforaphane phytonutrisi.
  • Oatmeal. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa konsumsi oatmeal dapat membantu program diet. Ya, oatmeal dapat membantu mengurangi berat badan karena mengandung protein dan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu menu sarapan yang dicampurkan yogurt tanpa gula atau dengan buah.
Makanan yang dapat Anda konsumsi selama masa diet tidak hanya sebatas pada makanan di atas. Ingatlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, protein, dan serat karena kandungan tersebut baik untuk menu diet sehat.

Selain itu, minumlah air putih yang cukup karena dapat membantu pencernaan Anda berjalan dengan baik. Minum air putih dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membakar lebih banyak kalori.

Tips Diet 2: Seimbangkan Diet Sehat dengan Olahraga

Setelah memerhatikan apa yang Anda konsumsi, lanjutkanlah dengan melakukan olahraga. Seiring bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan bisa semakin berkurang. Metabolisme tubuh pun akan menjadi lambat dan menyebabkan perut buncit. Melakukan olahraga teratur dapat membakar kalori dan membantu otot yang mulai lemah atau menguatkan otot.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan untuk membakar kalori;

  • Zumba
  • Aerobic
  • Lari
  • Lompat tali
  • Angkat beban
  • Cardio

Tips Diet 3: Gaya Hidup Sehat

Tips diet sehat selanjutnya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat karena dapat membantu diet Anda. Cobalah untuk mengurangi atau bahkan berhenti sama sekali mengonsumsi minuman beralkohol karena mengandung kalori yang cukup tinggi. Mengonsumsi minuman beralkohol apalagi dalam jumlah besar dapat membuat berat badan naik.

Satu gelas bir setidaknya mengandung 215 kalori, sedangkan 175 mililiter wine atau satu gelas standar wine mengandung 126 kalori. Bayangkan jika setiap minggu Anda mengonsumsi 5 gelas bir, maka dalam satu tahun Anda mengonsumsi 44.200 kalori. Belum lagi kalori yang didapat dari makanan pendampingnya. Selain minuman beralkohol, hindari juga makanan cepat saji atau camilan yang kurang sehat. Seperti kripik kentang, permen, cokelat dan minuman manis. Anda bisa menggantinya dengan camilan sehat yang dapat membantu program diet.

Diet yang sehat adalah dengan mengatur pola makan dan memberikan tubuh kita asupan nutrisi yang cukup seperti vitamin, mineral, protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jika Anda menjalani diet yang tidak sehat, alih-alih mendapatkan tubuh yang diinginkan, Anda justru bisa terkena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, kardiovaskular, dan bertambah gemuk.