Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Memiliki buah hati merupakan anugerah yang membahagiakan. Meski demikian, banyak calon ibu yang merasa takut saat akan menghadapi proses melahirkan. Ada beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan yang dapat dilakukan.

Saat melahirkan normal, area perineum atau dinding yang berada di antara vagina dan anus mampu meregang ketika bayi keluar. Meski demikian, masih ada kemungkinan perineum robek.

tips melahirkan normal tanpa jahitan - alodokter

Tidak semua perineum yang robek saat melahirkan membutuhkan jahitan untuk pemulihan, mutlak diperlukan yang termasuk derajat 3 dan 4, tapi ini sangat jarang terjadi. Sedangkan derajat 2 biasanya perlu jahitan, bila tidak dijahit penyembuhan butuh waktu lebih lama, hanya saja ibu merasa nyaman karena tidak perlu mengalami sakitnya dijahit.

Selain itu, tindakan menggunting perineum oleh dokter, yaitu episiotomi, juga umumnya perlu jahitan untuk menutupnya.

Kondisi yang berisiko mengalami perineum robek antara lain persalinan yang pertama, kondisi lahir bayi yang tidak normal, berat bayi yang besar, atau persalinan yang membutuhkan bantuan alat forcep.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan melahirkan normal tanpa jahitan, yaitu:

  • Menerapkan pola hidup sehat selama hamil

Dengan pola makan sehat dan vitamin yang mencukupi, maka kulit dan jaringan tubuh lain akan berfungsi optimal. Lengkapi dengan olahraga untuk ibu hamil dan senam kegel untuk membangun tubuh yang kuat. Lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.

  • Melakukan pijat perineum

Gerakan memijat pada jaringan di sekitar vagina akan membuatnya lebih fleksibel, sehingga dapat memperbesar kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan. Pijat perineum dapat dimulai ketika kehamilan berusia 34 minggu. Tips melahirkan normal ini bisa dilakukan dua kali per minggu untuk hasil yang maksimal.

  • Memperhatikan posisi saat melahirkan

Posisi yang berbeda saat melahirkan dapat menghasilkan tekanan yang berbeda pada perineum. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan antara lain berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan menaruh dua tangan ke arah depan.

  • Menggunakan pelumas

Manfaatkan pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang dihangatkan untuk mengurangi gesekan dan mempermudah keluarnya bayi.

  • Menjaga perineum tetap hangat

Kondisi hangat akan membuat aliran darah meningkatkan dan melemaskan otot sekitar perineum. Tempatkan handuk atau kain hangat di sekitarnya. Jika memungkinkan, minta seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat untuk menjaganya tidak robek ketika kepala bayi mendorong keluar.

  • Mengatur pernapasan

Umumnya, dokter atau perawat akan memberitahu kapan Anda harus mengejan. Ketika kepala bayi sudah mulai tampak, maka calon ibu akan diminta berhenti mengejan dan mengambil beberapa napas pendek yang dikeluarkan melalui mulut. Hal ini akan membuat kepala bayi keluar dengan lembut dan perlahan, sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang tanpa robek. Lakukan sesuai saran mereka agar dapat melahirkan normal tanpa jahitan.

Selain melakukan beberapa tips melahirkan normal di atas, Anda dapat menanyakan lebih lanjut pada dokter. Minta informasi mengenai cara yang dapat menghindari robek pada perineum atau tindakan episiotomi, agar dapat melahirkan normal tanpa jahitan.