Tips Merawat Vagina Usai Melahirkan

Jika melahirkan secara normal, maka kamu dapat menemui beberapa perubahan pada vaginamu usai menjalani persalinan. Area vaginamu mungkin dapat terasa nyeri, mati rasa, membengkak, kering, atau terlihat lebih lebar dari biasanya. Apabila vaginamu robek dan harus dijahit, rasa nyeri mungkin dapat terasa lebih parah.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan pada vagina usai melahirkan:

Tips Merawat Vagina Usai Melahirkan

Vagina nyeri. Sesaat setelah melahirkan, area vaginamu dapat terasa menyakitkan atau nyeri. Hal ini dapat dibarengi oleh pembengkakan dan mati rasa. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, kamu bisa membalut es dengan kain, lalu menempelkannya ke area vagina selama 10 hingga 20 menit.

Kondisi ini biasanya dapat membaik dalam satu setengah hingga tiga bulan pasca persalinan.

Vagina kering. Penurunan kadar hormon estrogen pasca hamil bisa mengurangi produksi cairan lubrikasi dan membuat vaginamu terasa kering. Kadarnya bisa lebih turun lagi jika kamu menyusui. Kondisi ini bisa membuat aktivitas seks menjadi terganggu atau bahkan menyakitkan.

Untuk mengatasi vagina kering, kamu bisa melakukan hal berikut ini:

  • Banyak minum air bisa membuat tubuhmu terhidrasi.
  • Tingkatkan waktu foreplay sebelum berhubungan seks.
  • Jika setelah foreplay vaginamu masih belum cukup basah, kamu bisa memakai produk cairan lubrikasi berbahan dasar air.
  • Coba beberapa posisi dan teknik bercinta.
  • Mungkin kamu bisa mencoba memakai pelembap untuk vagina.

Lubang vagina lebar. Melebarnya lubang vagina disebabkan oleh peregangan otot dasar panggul akibat proses melahirkan. Meski kemungkinan vaginamu tidak dapat kembali normal seperti sebelum melahirkan, permasalahan ini bisa diatasi dengan melakukan senam untuk dasar panggul, atau biasa disebut senam kegel. Senam ini bisa membantu mengencangkan otot-otot vagina dan dasar panggulmu serta membuat hubungan intim menjadi lebih baik.

Cara melakukan senam kegel sama seperti ketika kamu sedang berusaha menahan untuk buang air kecil. Di awal-awal latihan, lakukan pengencangan dan pengenduran otot-otot dengan cepat. Setelah itu lakukan secara perlahan-lahan, namun jangan melakukan pengencangan lebih dari 10 detik. Ulangi sebanyak 10 kali tiap setnya. Senam kegel dapat dilakukan sebanyak 4 hingga 6 set tiap harinya.

Senam kegel sangat mudah dipraktikkan dan dapat dilakukan di mana pun seperti saat sedang menonton TV, membaca buku, atau mengantre di kasir.

Jahitan di area vagina atau episiotomi. Jika kamu mengalami hal ini, jaga selalu agar jahitan tetap bersih dan kering agar mengurangi risiko terjadinya infeksi pada area vagina. Cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Mandi setidaknya sehari sekali bisa membantu menjaga jahitanmu tetap bersih.
  • Ganti pembalut secara rutin dan jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah menggantinya.
  • Biarkan jahitan terpapar udara. Caranya, kamu bisa membuka celana dalam, lalu berbaring di tempat tidur selama 10 menit agar jahitan cepat kering. Jangan lupa taruh kain atau handuk di bawah bokong untuk menjaga kain sprei tetap bersih.
  • Gunakan celana dalam, celana panjang, atau rok berbahan katun dan longgar agar jahitanmu bisa terpapar udara. Hal ini bisa menjaganya tetap kering. Ingat, makin kering jahitan, proses penyembuhannya juga bisa makin cepat.

Untuk mengatasi rasa nyeri pada luka jahitan, cara berikut ini bisa kamu lakukan:

  • Kompres dingin area jahitan selama 30 menit. Jika kamu ingin mengompresnya kembali, tunggu hingga 60 menit.
  • Ke mana pun kamu pergi, selalu bawa botol air hangat yang dicampur antiseptik yang diresepkan oleh dokter. Jadi, ketika kamu ingin pergi ke toilet, kamu bisa melakukan pembilasan akhir dengan cairan tersebut.
  • Merendam area vagina dengan air hangat yang dicampur dengan antiseptik juga bisa kamu lakukan. Setelahnya, keringkan area tersebut dengan handuk lembut yang bersih.
  • Jika kamu merasa sakit saat duduk, kamu bisa menaruh bantal lembut di bawah bokongmu. Jangan duduk dengan posisi paha terbuka lebar.
  • Saat buang air besar (BAB), jangan mengejan terlalu kuat. Agar tinja mudah dikeluarkan saat BAB, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat.
  • Lakukan senam kegel secara rutin. Latihan ini bisa meningkatkan aliran darah ke area jahitan dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Minum obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, jika kamu sedang menyusui, konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Jika kamu merasa area vaginamu tidak kunjung membaik atau justru bertambah sakit atau terlihat tanda-tanda infeksi, segera konsultasikan ke dokter.