Totok Wajah Untuk Mengobati Migrain dan Sinus

Migrain dan sinus tak hanya bisa diobati dengan pengobatan medis modern, melainkan juga oleh terapi tradisional totok wajah.

Totok atau acupressure merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit serta meningkatkan kesehatan dan relaksasi. Terapi ini bahkan telah dipraktikkan sejak ribuan tahun lamanya di Tiongkok. Ketika ditotok, beberapa titik di tubuh kita akan dipijat atau ditekan menggunakan jari-jari, telapak tangan, siku, atau kaki si pemijat. Alat khusus lainnya juga dapat digunakan dalam sesi pengobatan tersebut.

Totok Wajah Untuk Mengobati Migrain dan Sinus - alodokter

Setidaknya terdapat ratusan titik tekan di sekujur tubuh manusia. Beberapa titik tersebut berada di wajah. Apabila melakukan pijatan atau totok wajah di titik-titik yang spesifik, penyakit tertentu dipercaya akan segera mereda dan sembuh. Contohnya, penyakit migrain dan sinus.

Migrain

Untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah, Anda bisa melakukan gerakan totok wajah sebagai berikut:

  • Untuk membantu meringankan sakit kepala di bagian depan, letakkan jari di sudut bagian dalam kedua mata, tepat di atas kelopak mata dan di tulang yang mengelilingi Gunakan ujung jari kedua telunjuk untuk menekan dua titik ini selama satu menit secara bersamaan.
  • Untuk membantu meringankan sakit kepala migrain dan nyeri sinus, tempelkan jari di samping kanan-kiri dari lubang hidung, atau dekat dengan bagian bawah tulang pipi. Tekan atau pijat memutar pada titik ini kuat-kuat selama satu menit.
  • Untuk membantu meringankan sakit kepala, tempelkan jari pada titik tekan di antara alis. Tekan bagian ini kuat-kuat selama satu menit. Selain ditekan begitu saja, Anda juga bisa memutar-mutarkan jari di bagian ini guna menentukan gerakan mana yang lebih ampuh dalam mengatasi migrain Anda.
Sinus

Menurut ahli akupunktur, setidaknya ada tiga titik totok wajah yang bisa ditekan untuk mengobati sinus. Ketiga titik tersebut adalah:

  • Untuk meredakan nyeri dan tekanan sinus, tekan titik di antara alis Anda menggunakan ibu jari atau jari telunjuk. Lakukan gerakan melingkar di titik ini selama 5 detik.
  • Setelah itu, tekan pelipis menggunakan gerakan melingkar yang sama.
  • Terakhir, tekan titik di samping kanan-kiri lubang hidung dengan gerakan melingkar selama lima detik.
  • Lakukan gerakan di atas beberapa kali setiap hari. Mulailah totok wajah dengan pelan-pelan dan secara bertahap menjadi lebih kuat. Jika ada titik tekan yang sakit saat disentuh, segera hentikan.
Nah, yang sering kali menjadi pertanyaan, sebenarnya pengobatan totok ini ampuh atau tidak untuk mengobati penyakit? Dalam satu ulasan, sekitar sembilan dari 10 studi menyatakan bahwa terapi totok efektif dalam mengurangi rasa sakit. Jadi, bisa disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian, jawabannya adalah iya.

Tapi, sebelum melakukan totok wajah untuk mengobati sinus atau migrain, ada baiknya mendiskusikan hal tersebut dengan dokter terlebih dahulu. Dokter dapat membantu menentukan pengobatan dan terapi alternatif mana yang paling efektif untuk Anda.