Trik Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Liburan

Musim liburan akhir tahun sudah ada di depan mata. Jika Anda sudah siap berwisata, yuk lengkapi dengan tips mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Diharapkan dapat menghindari berat badan ekstra saat tahun baru.

Saat musim liburan, berbagai sajian kuliner bisa sangat menggoda. Yang perlu diingat, asupan kalori berlebih dari sajian itu, tidak akan segera menghilang setelah liburan usai.

Trik Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Liburan

Berikut trik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan:

  • Memperhatikan porsi

Salah satu prinsip yang dapat digunakan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan adalah menjaga porsi makan. Anda dapat mencoba berbagai sajian kuliner yang ditemui, namun hindari porsi yang berlebihan. Ingat untuk menyesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

  • Membatasi makanan manis

Meski dengan porsi terbatas, namun sebaiknya beri perhatian lebih saat mengonsumsi makanan manis. Jika bingung memilih, maka pastikan hanya makan yang benar-benar Anda sukai dalam ukuran kecil. Anda bisa menggunakan aturan tiga gigitan makanan manis. Hindari mengambil beberapa jenis makanan manis dalam satu piring.

  • Mengunyah secara perlahan

Makan terlalu cepat merupakan salah satu cara yang dapat menambah lingkar pinggang Anda. Hal itu disebabkan, lebih banyak udara yang tertelan bersama makanan sehingga perut kembung.

Saat menghadiri suatu acara ketika liburan, jangan berusaha menahan lapar. Kelaparan akan membuat Anda ingin mengambil semua jenis makanan dan tanpa disadari Anda akan mengunyah makanan lebih cepat untuk bisa mencoba jenis yang lain. Lebih baik kunyah makanan dengan perlahan. Hal ini akan membuat Anda makan lebih sedikit.

  • Mengalihkan perhatian

Banyak hal selain wisata kuliner yang dapat dilakukan. Nikmati perbincangan dan kebersamaan bersama keluarga dan teman. Selain itu, Anda dapat melakukan kegiatan bersama seperti berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sekitar lokasi liburan.

Ditambah lagi, Anda bisa mengisi liburan dengan mendaki gunung. Anda dapat menikmati pemandangan dari atas pegunungan, sekaligus membakar kalori dari aktivitas tersebut.

  • Membatasi minuman beralkohol

Alkohol merupakan salah satu asupan kalori ekstra yang bisa diperoleh saat liburan. Minuman ini juga dapat mempersulit Anda mengendalikan nafsu makan. Anda dapat mengganti minuman beralkohol dengan minuman lain seperti soda atau air putih.

  • Mengawali pagi hari dengan olahraga

Studi mengungkap, manfaat berolahraga pada pagi hari pada wanita yaitu dapat mengendalikan nafsu makan, dibanding yang tidak berolahraga. Selain itu, wanita yang berolahraga pastinya melakukan lebih banyak aktivitas dan gerak tubuh dalam sehari dibandingkan yang tidak melakukannya.

  • Menggunakan pakaian yang pas di badan

Hindari pakaian terlalu longgar saat liburan, karena hal ini akan membuat Anda merasa lebih leluasa saat makan. Pilih pakaian yang pas di badan yang akan membuat Anda berpikir dua kali saat akan mengonsumsi makanan berlebih. Jika perlu, bawa tas tangan atau benda lain yang dapat mempersulit Anda mengambil makanan lebih banyak.

Nikmati waktu liburan Anda untuk menyegarkan tubuh dan pikiran dari rutinitas. Ikuti tips di atas agar penampilan tetap prima setelah liburan.