Ukuran Payudara Tidak Sama, Tidak Perlu Minder

Selama masa pubertas mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa ukuran payudara kamu tidak sama satu dengan yang lainnya. Jangan keburu khawatir, karena ternyata kondisi ini merupakan hal yang wajar.

Menurut penelitian yang dilakukan di Australia, hal yang umum terjadi jika seorang perempuan memiliki ukuran payudara tidak sama rata. Hal ini biasanya terjadi pada saat memasuki masa pubertas dan akhirnya akan memiliki ukuran yang sama tanpa memerlukan penanganan khusus. Jika setelah menginjak usia 16 tahun ke atas atau ketika pubertas berakhir ukuran payudara tidak kunjung sama rata, artinya kemungkinan ukuran payudara kamu akan tetap seperti itu.

ukuran payudara tidak sama. tidak perlu minder - alodokter

Sebenarnya tidak hanya ukuran payudara saja yang bisa berbeda, jika diperhatikan seksama, sepasang kaki atau tangan juga bisa memiliki ukuran yang berbeda. Perbedaan pada ukuran payudara dapat terjadi karena dalam masa pertumbuhan atau masa pubertas, salah satu payudara tumbuh lebih dulu atau lebih cepat dibandingkan dengan payudara satunya.

Minder dengan Ukuran Payudara, Coba Cara Ini

Simak beberapa trik di bawah ini untuk mengatasi rasa tidak percaya dirimu terhadap ukuran payudara yang tidak rata:

  • Letakan rambut di bagian payudara dengan ukuran lebih kecil
    Manfaatkan rambut panjangmu untuk menutupi bagian payudara yang memiliki ukuran lebih kecil. Dengan menyingkap rambutmu ke arah ini, maka ukuran payudara pun dapat terlihat serupa.
  • Gunakan sports bra (bra khusus untuk olahraga)
    Selain menutupnya dengan rambut, kamu juga bisa menyamarkan ukuran payudara dengan menggunakan kaus yang ketat dan sports bra khusus. Penggunaan bra jenis ini dapat menekan bagian dada sehingga menyamarkan ketidakrataan ukuran keduanya. Agar payudaramu dapat tertutup dengan sempurna, sebaiknya gunakan ukuran bra yang pas dengan ukuran payudara yang lebih besar.
  • Gunakan pakaian dengan potongan asimetris
    Jika menggunakan kaus ketat tidak membuatmu nyaman, kamu bisa menggunakan pakaian atau atasan dengan potongan asimetris di bagian bahu. Potongan asimetris atau tidak sejajar di bagian bahu bisa dengan mudah menyamarkan ketidakrataan ukuran payudara.
  • Gunakan bantalan payudara dan bra berkawat
    Agar ukuran payudara dapat terlihat sama, kamu juga bisa menggunakan bantalan atau kawat bra untuk mengangkat bagian payudara yang memiliki ukuran lebih kecil. Sehingga kamu tidak perlu repot bolak balik menyingkap rambutmu ke sisi satunya, atau menggunakan atasan yang membuatmu tidak nyaman.

Memiliki ukuran payudara yang tidak sama ternyata merupakan hal yang wajar. Bahkan seorang wanita yang berusia lebih dari 20 tahun juga bisa memiliki ukuran payudara yang berbeda. Namun, jika kamu merasa ada yang berbeda dengan payudaramu terlepas dari masalah ukuran, misalnya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, tentu tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan hal ini ke dokter.