Usir Hidung Mampet dengan Cara Ini

Hidung mampet bisa disebabkan oleh beragam kondisi kesehatan tertentu. Mulai dari alergi, pilek, flu, atau bahkan sinus. Kondisi seperti ini bisa sangat mengganggu, terutama di saat hendak tidur dan pernapasan terganggu. Guna mengatasinya, kamu membutuhkan beberapa cara untuk membantumu bernapas lebih lega.

Jika kamu berpikir bahwa hidung mampet terjadi karena menumpuknya lendir di dalam saluran hidungmu, maka kamu salah. Pasalnya, ternyata hidung mampet terjadi karena adanya pembuluh darah di dalam rongga hidung dan sinus yang mengalami inflamasi. Inflamasi yang terjadi dapat disebabkan oleh infeksi sinus, alergi, flu, atau pilek.

usir hidung mampet dengan cara ini - alodokter

Berikut ini adalah beberapa cara ampuh usir hidung mampet yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Berikan tubuhmu cukup cairan
    Di saat hidung mampet seperti ini, cairan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, pastikan tubuhmu mendapatkan cukup cairan. Cairan tersebut bisa berupa jus, teh, sup, atau air mineral. Cairan panas biasanya memiliki rasa yang lebih pekat dan kuat, contoh teh panas lebih terasa ciri khas tehnya. Rasa yang lebih pekat ini justru dapat merangsang aliran air liur dan lendir sehingga melegakan rongga hidung sekaligus membantu menyapu virus dan bakteri keluar dari rongga-rongga hidung. Kamu juga bisa coba minum minuman hangat yang mengandung herbal, seperti teh herbal, guna meredakan permukaan dalam rongga hidung yang meradang dan mengurangi mampet.
  • Uap untuk pernapasan yang lebih lancar
    Guna mengatasi hidung mampet, kamu akan membutuhkan uap. Uap ini dapat membantu dalam menipiskan lendir di dalam hidung. Uap dingin atau hangat memiliki keefektifan yang sama. Uap bisa kamu dapatkan dari alat pelembab ruangan atau melalui sebaskom air hangat. Caranya, masak air hingga mendidih, letakan di dalam baskom. Kemudian hirup uap yang keluar dari baskom dengan sedikit mendekatkan kepalamu, dan tutup bagian belakang kepala dengan handuk kecil. Tujuannya agar uap menyebar dengan baik di sekitar hidungmu. Pastikan untuk tidak menghirup uap yang terlalu panas. Uap yang terlalu panas bisa menambah ketidaknyamanan pada hidung.
  • Ubah rutinitas malammu
    Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara untuk meredakan penyakit penyebab hidung mampet. Tapi sayangnya, hidung mampet ini justru bisa semakin menyebalkan di saat hendak tidur. Kalau sudah begini, jangan dulu putus asa. Tetap perjuangkan tidurmu dengan menumpuk bantal sehingga kepala lebih tinggi. Cara ini dapat membantu mengeringkan rongga hidung. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan nasal breathing strips atau alat bantu pernapasan berbentuk strip yang bisa kamu pasangkan di atas cuping hidung untuk melebarkan rongga pernapasan dan membantu bernapas dengan baik. Jika kamu memiliki alat pengatur kelembapan ruangan, kamu bisa mengggunakannya agar lendir di dalam hidung menipis.
  • Mandi air hangat
    Di saat hidung mampet, tidak hanya minum air hangat yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat dapat menipiskan lendir di dalam hidung dan rongga sinus. Tidak hanya itu, mandi air hangat juga bisa membantu dalam mengurangi inflamasi dinding dalam rongga hidung dan sinus yang disebabkan oleh flu atau pilek.

Hidung mampet memang bisa sangat menyebalkan. Jangan biarkan hidung mampet terlalu lama mengganggu harimu. Segera lakukan beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di atas. Disarankan untuk menghindari beberapa hal yang bisa memperburuk kondisimu, misalnya hindari minuman atau makanan yang dingin.