Usir Radang Tenggorokan Akut Lebih Cepat dengan Cara Berikut

Radang tenggorokan bagian atas dibedakan menjadi dua, yaitu peradangan yang terjadi kurang dari tiga minggu (akut) dan lebih dari tiga minggu (kronis). Khususnya pada jenis peradangan akut, infeksi biasanya menyerang secara mendadak dan reda setelah beberapa waktu.

Pada umumnya, radang tenggorokan akut disebabkan karena penggunaan pita suara yang berlebihan, terpapar substansi yang membahayakan, atau mikroorganisme penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas (laring). Mikroorganisme penyebab infeksi ini adalah virus. Meski demikian, kadang-kadang infeksi bakteri juga bisa menimbulkan gangguan yang sama.

usir radang tenggorokan akut lebih cepat dengan cara berikut - alodokter

Serangan mendadak pada tenggorokan ini juga bisa dikaitkan dengan penyakit infeksi lainnya. Kondisi kesehatan lain yang dikaitkan dengan radang tenggorokan akut adalah polusi lingkungan, penggunaan inhaler untuk asma, dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Mengenali Gejala Radang Tenggorokan Akut

Gangguan kesehatan dengan nama medis laringitis akut ini bisa membaik dalam kurun waktu tujuh hari meski tanpa pengobatan. Gejala laringitis dapat menyerang secara tiba-tiba dan memburuk dalam 2-3 hari pasca serangan.

Beberapa tanda akan muncul jika seseorang mengalami radang tenggorokan akut. Adapun gejala yang biasanya muncul antara lain:

  • Tenggorokan terasa sakit
  • Suara menjadi serak
  • Munculnya demam yang ringan
  • Mengalami kesulitan dalam berbicara
  • Munculnya batuk yang menjengkelkan
  • Harus mengeluarkan dahak dari tenggorokan terus-menerus

Bagaimana Cara Meredakan Radang Tenggorokan Akut?

Serangan radang tenggorokan akut biasanya hanya terjadi dalam beberapa waktu saja. Selama mengalami laringitis akut ini, hindarilah beberapa hal yang bisa memperparah kondisi, seperti mengurangi hal-hal yang kemungkinan bisa menyebabkan iritasi bertambah seperti makanan berminyak.

Selain itu, beberapa langkah di bawah ini memiliki potensi untuk meringankan intensitas radang tenggorokan akut yang menyerang seseorang.

  • Menghirup udara lembap

Tindakan yang diperlukan untuk membantu radang tenggorokan akut makin cepat pergi adalah dengan menghirup udara lembap. Udara lembap yang menghampiri saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan.

  • Jangan terlalu banyak bersuara

Penyebab radang akut tenggorokan yang paling sering adalah penggunaan pita suara secara berlebihan. Agar radang cepat sembuh, maka minimalkan penggunaan pita suara dengan tidak berbicara. Akan tetapi, karena manusia harus terus berkomunikasi, bersuara lembut merupakan teknik yang direkomendasikan alih-alih berbisik. Hal ini karena berbisik bisa mendorong seseorang melakukan fungsi yang berlebihan pada tenggorokan mereka.

  • Tidak perlu memakai antihistamin dan kortikosteroid

Meski ada dorongan untuk menggunakan antihistamin dan kortikosteroid demi mempercepat penyembuhan radang tenggorokan akut, hal ini sebaiknya dihindari. Sebab tidak ada data yang mendukung bahwa pemakaian keduanya mampu mempercepat penyembuhan laringitis akut.

Pemakaian kedua obat di atas kemungkinan akan memberikan rasa nyaman yang palsu bahwa tenggorokan mereka akan segera membaik. Akibatnya, orang yang terkena laringitis akut akan tetap banyak bersuara sehingga membuat radang berpotensi menuju tahap yang lebih parah. Selain itu, efek samping yang mungkin timbul akibat pemakaian obat-obatan tersebut justru tidak meringankan keadaan.

  • Berhenti merokok

Jika pasien laringitis akut adalah seorang perokok, menghentikan hobi tersebut akan memberikan efek positif terutama jika radang disebabkan oleh infeksi. Berhenti merokok akan membuat waktu penyembuhan kian cepat.

Selain mempraktikkan beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan akut di atas, pasien dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini dibutuhkan untuk mendukung tubuh tetap terhidrasi selama menghadapi gangguan tenggorokan ini.