Vitamin B5

Pengertian Vitamin B5

Vitamin B5 adalah vitamin yang bisa membantu tubuh dalam proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin yang dikenal dengan istilah asam pantotenat ini juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kulit yang sehat.

Asupan vitamin B5 bisa kita peroleh secara alami lewat berbagai jenis bahan makanan. Selain daging yang menjadi sumber utamanya, vitamin ini juga bisa didapatkan dari sereal biji-bijian utuh, avokad, brokoli, telur, susu, dan yoghurt.

alodokter-vitaminb5

Kekurangan atau defisiensi vitamin B5 sangat jarang terjadi. Tetapi jika ada yang mengalaminya, gejala-gejala yang muncul biasanya mirip dengan defisiensi vitamin B yang secara umum meliputi kelelahan, uring-uringan, apatis (kurang tanggap terhadap rangsang lingkungan), kebas, serta kejang otot. Pencegahan dan pengobatan defisiensi ini bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen vitamin B kompleks yang mengandung vitamin B5.

Vitamin B5 di Indonesia bergabung dengan vitamin dan nutrisi lain dalam bentuk tablet multivitamin untuk dewasa.

Tentang Vitamin B5

Golongan Vitamin
Kategori Obat bebas dan resep
Manfaat Mencegah dan mengobati defisiensi vitamin B5
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Kapsul, tablet

Peringatan:

  • Bagi Ibu hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin B5 jika menderita sumbatan saluran pencernaan dan hemofilia, serta penderita gangguan kecemasan.
  • Jika terjadi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Vitamin B5

Takaran asupan vitamin B5 yang diperlukan remaja hingga dewasa umumnya adalah 4-7 mg dalam sehari. Jika pasien membutuhkan suplemen vitamin B5, dosisnya akan ditentukan oleh dokter berdasarkan kebutuhan serta kondisi kesehatan pasien.

Khusus bagi pasien anak-anak, usia juga termasuk faktor penting dalam menentukan dosis vitamin ini.

Mengonsumsi Vitamin B5 dengan Benar

Gunakanlah suplemen vitamin B5 sesuai keterangan pada kemasan. Tanyakanlah kepada dokter jika Anda merasa ragu.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen vitamin B5, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis vitamin B5 pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Vitamin B5

Sekalipun Anda mengonsumsi vitamin B5 dengan takaran berlebih, vitamin ini sangat jarang memicu efek samping yang signifikan, salah satu efek samping yang mungkin terjadi adalah diare. Meski demikian, pastikan Anda membaca bahan yang terkandung pada tiap obat dan jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin B5.