Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Berat Badan Turun Drastis

Diet untuk mencapai berat badan turun drastis dapat Anda lakukan. Walau demikian, ada aturan tertentu yang harus diikuti. Penurunan berat badan paling cepat yang dianjurkan atau diperbolehkan adalah sekitar satu kg per minggu. Hal ini mungkin saja Anda dapatkan, yaitu dengan cara mengatur asupan kalori menjadi sangat sedikit.

Biasanya, diet untuk mencapai berat badan turun drastis diterapkan oleh seseorang yang mengalami obesitas dikarenakan kondisi kesehatan penderita.  Melakukan diet ini pun harus dengan pengawasan ahli kesehatan sebab jika melakukannya tanpa pengawasan, dikhawatirkan justru berakibat buruk terhadap kesehatan.

berat badan turun drastis - alodokter

Pada intinya, jika ingin turun berat badan secara drastis, batasi kalori yang masuk. Jika asupan kalori sangat sedikit, berat badan bisa turun terlalu cepat. Selain itu, diet kalori ini hanya cocok dilakukan dalam jangka waktu beberapa minggu dan tidak disarankan dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ada beberapa cara yang dapat membantu agar berat badan turun dalam waktu yang cepat. Cara ini efektif untuk menurunkan berat badan beberapa kilogram saja dan dapat diterapkan dalam jangka waktu lebih singkat. Cara-cara tersebut adalah:

Banyak bergerak

Jangan keburu membayangkan olahraga yang berat. Bergerak yang dimaksud di sini adalah gerak secara fisik untuk membuang kalori sebagai rencana jangka panjang dalam menurunkan berat badan. Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan, seperti berjalan kaki santai, berjalan cepat, lebih memilih naik atau turun tangga daripada menggunakan eskalator, atau berkebun. Kegiatan semacam ini bahkan bisa dibarengi dengan aktivitas di rumah, seperti menyapu dan mengepel lantai dengan bersemangat atau bermain bersama hewan piaraan kesayangan. Meskipun tampak sepele, melakukan hal-hal tersebut tetap dapat membuang kalori. Upayakan untuk melakukannya tiap hari secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

Pilih jenis olahraga yang sesuai

Ketika Anda memilih olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat, utamakan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik. Selain itu, pilihlah olahraga yang benar-benar Anda sukai agar Anda terus termotivasi melakukannya secara rutin. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih, misalnya berenang, bersepeda, voli, basket, tenis, atau bahkan zumba.

Latihan kardio

Berlatih kardio secara rutin dapat membantu berat badan turun drastis dalam waktu cepat. Efek dari latihan kardio yang dikombinasikan dengan latihan ketahanan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kombinasi latihan ini memang tidak secara langsung menurunkan berat badan, tetapi dapat memicu metabolisme penggunaan energi secara lebih efektif.

Pilih olahraga yang melibatkan semua otot

Dengan memilih olahraga seperti ini, semua otot akan bekerja secara bersamaan sehingga dapat membakar kalori lebih banyak. Cobalah melakukan joging sambil mengangkat dumbbell ke atas kepala. Jangan memaksakan diri, istirahat satu hingga dua hari di antara sesi latihan.

Mencukupi waktu istirahat harian

Tidur yang cukup akan membantu Anda mampu mempertahankan energi sepanjang hari. Sebaliknya, kurang tidur justru akan menghambat tujuan Anda dalam mendapatkan berat badan yang ideal. Pada satu sisi, kekurangan waktu tidur justru membuat Anda cenderung makan berlebihan.

Minum air putih

Untuk membantu berat badan turun dengan cepat, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Minum segelas air putih sebelum makan juga ampuh untuk menekan nafsu makan karena membuat Anda merasa kenyang sebelum makan. Selain minum air putih secukupnya, Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan lain seperti biasa. Hindari hanya mengonsumsi air putih tanpa asupan makanan lainnya sebab metabolisme tubuh akan melambat dan nantinya membuat berat badan cenderung naik kembali.

Perhatikan asupan nutrisi sehari-hari

Ketika sedang menjalani program penurunan berat badan, perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi. Hitung asupan kalori per hari dan berhenti pada jumlah kalori yang cukup. Hindari mengonsumsi makanan lagi agar kalori tidak bertambah. Utamakan jenis-jenis makanan sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayur, dan protein tanpa lemak sebagai menu andalan sehari-hari.

Konsumsi makanan peredam nafsu makan

Selama ini Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada makanan yang dapat menghambat nafsu makan. Makanan ini berfungsi mencegah Anda makan terlalu banyak. Makanan tersebut meliputi makanan-makanan pedas, jahe, kacang, kentang, apel, oatmeal, dan cokelat hitam.

Sebenarnya, ketika sedang berdiet, jangan tergiur untuk bisa segera mendapatkan berat badan turun drastis. Berat badan yang turun dengan cepat cenderung sulit untuk dipertahankan dan berisiko terhadap kesehatan. Secara jangka panjang akan lebih efektif jika berat badan turun secara perlahan-lahan dan bertahap sehingga upaya mempertahankannya pun menjadi lebih mudah.

 

Sponsored by: