Yuk, Cari Tahu Obat Gigi Ngilu yang Aman

Bagi Anda yang sering mengalami ngilu pada gigi, kemungkinan besar karena Anda memiliki gigi sensitif. Dengan kata lain, kondisi ini tidak terelakkan lagi. Tapi, tidak semuanya demikian karena gigi ngilu bisa juga diakibatkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu asam, atau terlalu manis.

Rasa ngilu terjadi ketika gusi menyusut dan makanan tersebut menyentuh lapisan dentin. Dentin memiliki tabung-tabung berukuran superkecil yang berjumlah ribuan dan mengarah ke pusat saraf gigi. Ketika makanan tertentu yang panas, dingin, asam, dan manis tadi langsung menyentuh saraf, maka timbullah rasa nyeri. Inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu. Selain itu, kondisi gigi berlubang, gigi patah, atau lapisan enamel yang menipis bisa turut menjadi penyebab kemunculan rasa ngilu. Satu lagi, waspadai efek samping dari penggunaan produk pemutih gigi karena bisa menyebabkan ngilu juga.

obat gigi ngilu - alodokter

Berbicara mengenai obat gigi ngilu, sebenarnya tidak ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan gigi ngilu. Namun, rasa nyerinya dapat diredakan dengan cara:

Minum obat penghilang rasa nyeri

Anda dapat mengonsumsi acetaminophen dan ibuprofen yang sifatnya dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif. Yang perlu diingat, hindari menggunakannya dalam jangka waktu lama karena dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Menggunakan gel anestesi

Anda dapat mengoleskan gel anestesi yang mengandung benzocaine pada gusi dan gigi yang ngilu. Obat ini hanya merupakan terapi sementara. Jangan gunakan produk ini untuk anak di bawah usia dua tahun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan pasta gigi khusus

Gigi ngilu dapat diredakan dengan merawatnya menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi tersebut bisa digunakan untuk menyikat gigi seperti biasa secara teratur. Anda juga bisa mengoleskan pasta gigi tersebut pada bagian gigi yang ngilu. Lakukan 2-3 kali sehari secara rutin.

Sebagai alternatif dari penggunaan obat-obatan, ada beberapa tindakan yang bisa didapatkan. Namun, dalam hal ini Anda membutuhkan penanganan langsung oleh dokter.

Memasang lapisan gigi

Rasa ngilu akibat sensitif dapat dikurangi dengan cara menambah lapisan gigi agar dentin terlindungi dari makanan atau minuman.

Menggunakan pelindung mulut

Sebagian orang memiliki kebiasaan menggerakkan-gerakkan mulut atau menggesek-gesekkan gigi ketika sedang tidur. Kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari ini dapat berakibat merusak enamel dan pada akhirnya membuat gigi menjadi sensitif. Apabila Anda mengalami gigi sensitif karena penyebab yang satu ini, obat gigi ngilu yang bisa Anda peroleh adalah menggunakan pelindung mulut. Mintalah pada dokter Anda untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.

Mengubah Cara Merawat Gigi

Cara menyikat gigi juga berpengaruh pada gigi yang sering terasa ngilu. Mulai saat ini, ubahlah cara menyikat gigi Anda.

Hindari sikat gigi berbulu keras

Mungkin Anda berpikir bahwa sikat gigi dengan bulu yang lebih keras dapat membersihkan gigi dengan lebih baik. Faktanya, sikat gigi berbulu keras dapat merusak enamel. Untuk menghindarinya, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Gigi bisa tetap bersih, namun tanpa merusak bagian enamel.

Lakukan gerakan menyikat yang benar

Hindari menyikat gigi dengan gerakan kasar atau terlalu menekan. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar yang lembut. Lakukan setidaknya selama tiga menit.

Bersihkan gigi secara rutin

Pastikan Anda tetap membersihkan gigi secara teratur. Gosok gigi dua kali sehari dan lengkapi pembersihan sela-sela gigi menggunakan benang gigi tiap hari. Selama dilakukan dengan rutin, bisa membantu mencegah gigi terasa ngilu.

Lebih Memerhatikan Asupan Makanan dan Minuman Serta Cara Mengonsumsinya

Selain berkonsentrasi pada cara merawat gigi, resep ampuh yang dapat dijadikan sebagai obat gigi ngilu adalah lebih memerhatikan asupan dan cara mengonsumsinya. Apa saja yang harus diperhatikan?

Kurangi konsumsi gula dan pati

Permen, es krim, dan kue-kue manis berpotensi besar dapat merusak gigi. Begitu juga makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu makanan bertepung, seperti pasta dan roti. Sisa-sisa makanan berjenis pati yang menempel pada gigi akan mengundang bakteri yang dapat membuat gigi berlubang. Selanjutnya, gigi akan sangat mungkin lebih sensitif sehingga terasa ngilu saat terkena makanan tertentu. Usahakan selalu menyikat gigi setelah menyantap makanan manis dan makanan jenis pati untuk membersihkan sisa makanan yang melekat di gigi semaksimal mungkin.

Kurangi makanan dan minuman yang asam

Makanan atau minuman dengan rasa asam atau mengandung asam seperti jeruk, tomat, kopi, teh, dan minuman berkarbonasi sangat berpotensi merusak enamel pada gigi. Jadi, kurangi asupan makanan atau minuman tersebut untuk mengurangi risiko ngilu di gigi Anda.

Pada intinya, obat gigi ngilu tidak selalu berupa obat yang diminum. Cara merawat gigi dan kebiasaan dalam mengonsumsi makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Hai ini juga dapat dijadikan sebagai “obat” dalam mencegah sekaligus mengurangi rasa ngilu pada gigi.