Obat sakit tenggorokan anak tersedia dalam beragam pilihan dan mudah ditemukan di apotek atau toko obat terdekat. Obat-obatan tersebut umumnya aman dibeli tanpa resep dari dokter. Selain memiliki rasa manis yang disukai anak, dosis obat sakit tenggorokan juga telah disesuaikan khusus untuk anak-anak.

Obat sakit tenggorokan anak bisa menjadi pertolongan pertama saat Si Kecil mengeluhkan atau menunjukkan ketidaknyamanan di bagian tenggorokannya. Selain nyeri, keluhan ini juga terkadang disertai dengan tenggorokan gatal dan kering sehingga membuat anak sulit menelan dan kurang nafsu makan.

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Agar Si Kecil pulih lebih cepat dan kembali beraktivitas dengan normal, perlu diberikan obat sakit tenggorokan yang paling ampuh untuk anak. Meski ada beberapa obat dewasa, dosis obat tersebut bisa disesuaikan untuk anak-anak.

Beragam Pilihan Obat Sakit Tenggorokan Anak

Sakit tenggorokan merupakan salah satu keluhan umum hampir setiap orang di segala usia, termasuk anak-anak. Biasanya keluhan ini menjadi tanda awal penyakit flu atau infeksi radang tenggorokan. Untuk mempercepat pemulihan, inilah beberapa pilihan obat sakit tenggorokan anak yang ampuh dan mudah diperoleh:

SP Troches Meiji

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp15.000 per blister
Beli Sp Troches Meiji Melon 6 Tablet di Aloshop
Beli Sp Troches Meiji Strawberry 6 Tablet di Aloshop

SP Troches adalah tablet isap yang mudah larut di dalam mulut. Obat ini mengandung bahan aktif dequalinium chloride yang dapat melawan berbagai kuman penyebab radang di mulut dan tenggorokan.

Untuk anak-anak, SP Troches tersedia dalam beragam varian rasa, seperti rasa melon dan stroberi, yang umumnya disukai oleh anak-anak. Karena bentuknya tablet isap dan rasanya manis, obat sakit tenggorokan anak ini mungkin tidak terasa seperti obat, melainkan permen biasa sehingga memudahkan anak dalam mengonsumsinya.

Dosis SP Troches untuk anak berusia lebih 10 tahun adalah 1 tablet sebanyak 6 kali sehari setiap 2–3 jam. Dosis maksimal obat ini adalah 8 tablet sehari.

Degirol

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp14.944 per strip
Beli Degirol 0,25 mg 10 Tablet di Aloshop

Degirol juga bisa menjadi pilihan obat sakit tenggorokan anak yang ampuh. Tablet isap ini mengandung bahan aktif dequalinium chloride yang memiliki sifat antiseptik untuk membunuh virus, bakteri, dan jamur penyebab infeksi pada tenggorokan serta mulut.

Degirol memiliki rasa mirip jeruk atau lemon yang sedikit asam. Tablet isap ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak berusia lebih dari 10 tahun dengan dosis 1 tablet sebanyak 3–4 kali sehari. Maksimal konsumsi obat ini adalah 8 tablet sehari, dengan dosis 1 tablet setiap 3 jam sekali.

Betadine Lozenges

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp19.228 per strip
Beli Betadine Lozenges Menthol & Eucalyptus 8 Tablet di Aloshop

Pilihan tablet isap lain untuk anak adalah Betadine Lozenges. Obat sakit tenggorokan anak ini mengandung amylmetacresol dan dybenal yang bersifat antiseptik. Tidak hanya dapat melegakan tenggorokan, Betadine Lozenges juga ampuh dalam membasmi bakteri atau virus penyebab infeksi ringan di tenggorokan dan mulut.

Produk ini tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu menthol dan jeruk. Jika rasa mentol terasa terlalu pedas, pilihlah rasa jeruk yang lebih ramah untuk anak-anak. Betadine Lozenges hanya boleh dikonsumsi oleh anak berusia lebih dari 6 tahun. Dosisnya adalah 1 tablet setiap 2–3 jam dan maksimal 12 tablet dalam 24 jam.

Strepsils Honey Lemon Flavour

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp21.109 per sachet
Beli Strepsils Honey Lemon Flavour 8 Tablet

Pilihan lain dari obat sakit tenggorokan yang aman dan ampuh untuk anak adalah Strepsils, terutama varian rasa honey lemon atau madu lemon. Tablet isap yang satu ini memiliki kandungan utama dichlorobenzyl alcohol dan amylmetacresol. Kedua bahan antiseptik ini bekerja sama untuk membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan dan mencegahnya berkembang biak.

Obat pelega tenggorokan Strepsils disarankan untuk dikonsumsi oleh anak usia 6 tahun ke atas. Dosisnya, 1 tablet setiap 2–3 jam dan maksimal 12 tablet sehari.

Larutan Cap Kaki Tiga Anak Stroberi 250 ml

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp7.136 per kaleng
Beli Larutan Cap Kaki Tiga Anak Stroberi 250 ml di Aloshop
Beli Larutan Cap Kaki Tiga Anak Jeruk 250 ml di Aloshop

Larutan Cap Kaki Tiga juga bisa menjadi pertolongan pertama obat sakit tenggorokan anak. Larutan penyegar ini mengandung 2 mineral utama, yaitu gypsum fibrosum dan calcitum, yang bermanfaat untuk meredakan tenggorokan kering dan gatal.

Selain tersedia dalam rasa rasa original, ada juga larutan rasa stroberi dan jeruk yang umumnya disukai oleh anak-anak. Untuk melegakan tenggorokan, larutan ini cukup diminum ½–1 kaleng sebanyak 3 kali sehari atau ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan.

Cooling 5 Antiseptic Spray Cherry 15 ml

6 Obat Sakit Tenggorokan Anak yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Harga: Rp45.667 per botol
Beli Cooling 5 Antiseptic Spray Cherry 15 ml

Obat sakit tenggorokan anak dalam bentuk semprot mulut juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercepat penyembuhan. Produk ini mengandung phenol crystal yang dapat meredakan nyeri atau iritasi tenggorokan, tenggorokan kering, serta mengatasi bau mulut.

Cooling 5 boleh digunakan untuk anak di atas usia 2 tahun. Caranya, semprotkan 2–3 kali ke arah tenggorokan atau area mulut anak. Ulangi semprotan setiap 2 jam sampai gejala sakit tenggorokan membaik. Jangan lupa untuk mengikuti aturan pakai pada kemasan produk.

Selain obat sakit tenggorokan anak, pastikan anak minum air putih yang cukup setiap hari untuk meredakan keluhan dan mencegah dehidrasi. Berkumur dengan air garam juga dapat membasmi kuman di dalam mulut dan mengatasi sakit tenggorokan. Hindari juga memberikan Si Kecil makanan yang asin, pedas, asam, dan berminyak agar keluhan sakit tenggorokan lebih cepat mereda.

Jika sakit tenggorokan anak tidak kunjung membaik selama 2 minggu atau lebih meski sudah mengonsumsi obat sakit tenggorokan anak, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Selain itu, jangan tunda untuk membawa anak ke dokter bila ia mengalami susah napas atau menelan, menolak minum, demam tinggi, dan terlihat lesu.