Makanan penambah berat badan janin trimester 3 terdiri dari berbagai jenis makanan sehat yang tinggi protein, karbohidrat, dan lemak baik. Makanan tersebut dapat berupa aneka jenis daging, buah, dan kacang-kacangan, yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan berat janin yang belum optimal saat menjelang kelahiran.

Trimester ketiga kehamilan merupakan trimester akhir yang dimulai dari minggu ke-28 hingga minggu ke-40 kehamilan. Umumnya berat badan janin pada trimester ini memiliki kisaran antara 1370–3600 gram.

8 Makanan Penambah Berat Badan Janin Trimester 3 - Alodokter

Selama trimester 3, Bumil perlu mengonsumsi sekitar 450 kalori tambahan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan Bumil dan janin. Jika berat badan janin kurang saat trimester ini, Bumil tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan penambah berat badan janin trimester 3 yang bisa dikonsumsi.

Beragam Makanan Penambah Berat Badan Janin Trimester 3

Salah satu indikator penting untuk memantau pertumbuhan janin yang masih di dalam kandungan adalah berat badan janin. Naik atau tidaknya berat badan janin bergantung pada apa yang Bumil konsumsi. Oleh karena itu, Bumil perlu memastikan bahwa kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi dengan baik.

Umumnya, makanan penambah berat badan janin trimester 3 terdiri dari makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, lemak baik, dan karbohidrat. Beberapa makanan tersebut antara lain:

1. Daging

Berbagai macam daging, seperti daging ayam dan daging sapi, merupakan salah satu sumber protein yang bisa dijadikan makanan penambah berat badan janin trimester 3. Protein (asam amino) berperan penting dalam pembentukan jaringan otot, tulang, dan organ tubuh janin.

Tidak hanya sumber protein, daging juga merupakan sumber kalori, lemak, zat besi, dan folat, yang penting untuk perkembangan janin. Pada trimester ketiga kehamilan, tubuh Bumil membutuhkan sekitar 100 gram protein per hari untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil di dalam kandungan.

2. Ikan

Ikan merupakan sumber protein, lemak tak jenuh (omega-3), mineral, dan kalori, yang bisa dijadikan makanan penambah berat badan janin trimester 3. Kandungan nutrisi dan kalori pada ikan dapat meningkatkan berat badan janin. Selain itu, kandungan ikan juga baik dikonsumsi untuk perkembangan otak dan jantung janin.

Namun, selama hamil, sebaiknya pilih ikan dengan kadar merkuri rendah, seperti ikan lele, kembung, dan salmon. Bumil juga disarankan mengonsumsi ikan yang dimasak terlebih dahulu. Mengonsumsi ikan dalam keadaan mentah, seperti sashimi atau sushi, perlu dihindari karena dapat membahayakan janin dalam kandungan.

3. Telur

Makanan penambah berat badan janin trimester 3 selanjutnya adalah telur. Selain murah dan mudah didapat, telur juga bermanfaat bagi Bumil dan janin. Kandungan kalori, protein, dan lemak di dalam telur, baik untuk dikonsumsi serta bermanfaat untuk menambah berat badan janin.

Namun, pastikan telur dimasak hingga matang untuk mencegah risiko terjadinya infeksi bakteri, seperti Salmonella.

4. Alpukat

Buah yang satu ini bisa menjadi makanan penambah berat badan janin trimester 3. Alpukat terkenal memiliki kandungan lemak sehat, kalori, dan karbohidrat yang tinggi. Berkat kandungan tersebut, alpukat memiliki manfaat untuk pertumbuhan janin, termasuk menambah berat badannya.

5. Produk olahan susu

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium baik untuk tumbuh kembang janin. Produk olahan susu, seperti keju, es krim, dan yogurt, merupakan salah satu sumber kalsium yang berperan penting untuk pertumbuhan tulang.

Tidak hanya itu, produk olahan susu juga merupakan sumber lemak, kalori, dan protein. Oleh karena itu, susu dan olahannya baik dikonsumsi untuk menaikkan berat badan janin.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang kenari, kacang almond, dan kacang merah, bisa menjadi makanan penambah berat badan janin trimester 3.

Selain sebagai sumber protein dan lemak sehat, kacang-kacangan juga mengandung serat, vitamin, dan mineral, yang baik untuk kesehatan Bumil dan janin. Adapun jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah folat, vitamin B6, kalium, kalsium, zinc, selenium, dan zat besi.

7. Ubi

Salah satu makanan penambah berat badan janin trimester 3 lainnya adalah makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti ubi. Kandungan kalorinya yang tinggi membuat ubi bisa menambah berat badan janin. Ubi juga baik dikonsumsi untuk menambah energi sehingga Bumil tidak mudah lelah.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A yang tinggi pada ubi juga baik untuk memperkuat imunitas tubuh dan janin, serta mendukung perkembangan organ tubuhnya.

8. Santan

Makanan penambah berat badan janin trimester 3 berikutnya adalah santan. Selain sebagai sumber lemak yang dapat meningkatkan berat badan janin, santan juga mengandung protein, vitamin, dan mineral, yang baik untuk kesehatan tubuh Bumil.

Namun, sebaiknya Bumil tidak mengonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan. Ketika mengonsumsinya, imbanginya dengan mengonsumsi banyak air putih serta buah-buahan.

Bila Bumil masih mengalami mual pada trimester ini sehingga tidak nafsu makan, konsumsilah makanan penambah berat badan janin trimester 3 dalam porsi sedikit tetapi sering.

Jika berat badan janin masih kurang hingga mendekati waktu persalinan, Bumil bisa mengonsumsi suplemen kehamilan atau suplemen nutrisi tambahan, seperti susu formula untuk ibu hamil dan suplemen minyak ikan.

Untuk memantau berat badan janin serta kondisi kesehatan Bumil, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sesuai jadwal ke dokter, terutama bila berat badan janin masih kurang hingga mendekati proses persalinan.