Adem Sari bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan susah buang air besar. Selain itu, produk ini juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala flu.

Di dalam pengobatan tradisional, panas dalam diartikan sebagai kumpulan keluhan yang terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti makanan pedas atau makanan yang diolah dengan suhu tinggi, seperti daging bakar dan gorengan.

Adem Sari - Alodokter

Adem sari mengandung ekstrak jeruk nipis, pulosari, dan kayu manis, yang dipercaya mampu meredakan keluhan dan gejala panas dalam. Selain itu, di dalam Adem Sari juga terkandung vitamin C yang diketahui baik untuk kesehatan.

Produk Adem Sari

Terdapat dua produk Adem Sari yang tersedia di Indonesia, yaitu:

  • Adem Sari
    Adem Sari mengandung bahan aktif ekstrak jeruk nipis, kayu manis, pulosari serta vitamin C. Adem Sari dikemas dalam bentuk saset berisi serbuk untuk dilarutkan
  • Adem Sari Ching Ku
    Selain mengandung ekstrak jeruk nipis, kayu manis, dan pulosari, Adem Sari Ching Ku juga mengandung sari liang teh, serta sari mentimun dan markisa untuk menghilangkan rasa pahit serta memberikan kesegaran ketika diminum. Adem Sari Ching Ku dikemas dalam botol plastik dan kemasan kaleng

Selain itu, terdapat juga Air Sejuk Adem Sari yang mengandung mineral, seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium. Produk ini diyakini mampu memberikan sensasi rasa dingin.

Apa Itu Adem Sari

Golongan Obat bebas
Kategori Minuman herbal
Manfaat Meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan sulit buang air besar
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Adem Sari untuk Ibu Hamil dan Menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Belum diketahui apakah Adem Sari dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan mengonsumsi produk ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk Obat Larutan dan saset serbuk larutan

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Adem Sari

Sebelum mengonsumsi produk ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi Adem Sari jika Anda alergi terhadap kandungan yang ada di dalam produk ini.
  • Hati-hati mengonsumsi Adem Sari jika Anda menderita sakit maag.
  • Adem Sari mengandung pemanis buatan aspartam. Jangan mengonsumsi produk yang mengandung aspartame jika Anda menderita fenilketonuria.
  • Adem Sari mengandung vitamin C. Konsultasikan prihal konsumsi vitamin C jika Anda menderita batu ginjal, G6PD (defisiensi glucose-6-phosphate dehydrogenase), atau pernah mengalami hemokromatosis.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter jika sakit tenggorokan tidak kunjung mereda atau sariawan tidak kunjung sembuh, berulang, atau muncul sariawan baru.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi Adem Sari.

Dosis dan Aturan Pakai Adem Sari

Untuk orang dewasa, Adem Sari sebaiknya dikonsumsi sebanyak 1 bungkus, 2–3 kali sehari. Untuk anak-anak, Adem Sari sebaiknya dikonsumsi sebanyak  ½ bungkus, 2–3 kali sehari. Jangan mengonsumsi 2 bungkus Adem Sari sekaligus, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit perut.

Cara Mengonsumsi Adem Sari dengan Benar

Pastikan untuk membaca informasi yang tertera pada label kemasan sebelum mengonsumsi Adem Sari. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau ragu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi produk ini.

Untuk mengonsumsi Adem Sari dalam bentuk saset, larutkan sebungkus Adem Sari ke dalam air putih bersuhu sejuk sebanyak 200 ml. Aduk sebentar sampai merata dan minum segera.

Bagi penderita sakit maag, dianjurkan untuk mengonsumsi Adem Sari setelah makan, karena Adem Sari mengandung asam dan soda, sehingga mencegah kambuhnya sakit maag.

Adem Sari sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Interaksi Adem Sari dengan Obat Lain

Belum diketahui interaksi antarobat yang bisa terjadi jika Adem Sari digunakan bersama obat, suplemen, atau produk herbal lain. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Adem Sari jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan suplemen, produk herbal, atau obat tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Adem Sari

Jika dikonsumsi sesuai aturan pakai, Adem Sari jarang menyebabkan efek samping. Namun, vitamin C yang terkandung di dalam Adem Sari jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, kembung, sensasi rasa panas (heartburn), mual, atau sakit kepala.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memberat. Selain itu, Anda harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi Adem Sari.