Ibu hamil mengalami banyak perubahan pada tubuh yang bisa jadi membuat tidak nyaman. Salah satunya adalah sakit pinggang sebelah kiri saat hamil. Kondisi ini paling sering dirasakan di trimester kehamilan terakhir.

Umumnya sakit pinggang adalah kondisi umum yang dialami wanita hamil karena tubuh bayi yang semakin membesar diikuti pembesaran rahim sebagai ruang untuk bayi dalam kandungan terutama pada kehamilan trimester ketiga menjelang persalinan. Sakit pinggang sebelah kiri saat hamil mungkin dirasakan terutama jika bayi lebih sering berada di perut bagian kiri.

Agar Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Tidak Berbahaya - Alodokter

Sebagian wanita hamil merasakannya sebagai hal biasa. Tetapi, sebagian lain mungkin merasa aktivitasnya menjadi sangat terganggu. Bahkan beberapa wanita hamil merasakannya sebagai pemicu gangguan tidur hingga mendatangkan stres tambahan.

Mendeteksi Penyebab

Kenali berbagai kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kiri saat hamil atau sakit pinggang di bagian sekitar pinggang lainnya :

  • Hormon relaksin yang membantu meningkatkan fleksibilitas ligamen pada area panggul. Fleksibilitas ini diperlukan untuk mempermudah proses persalinan.
  • Otot yang meregang seiring perkembangan bayi dan membesarnya perut, terutama pada usia kehamilan 6-8 bulan.
  • Pertambahan berat badan ibu hamil dan pemberasan uterus untuk memberi ruang pada bayi di dalam kandungan. Hal ini merupakan faktor penting bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan.
  • Kebutuhan untuk tidur menyamping, karena perut yang semakin membesar. Ibu hamil sulit untuk tidur telentang, apalagi tengkurap.
  • Sakit pada ligamen bulat dengan gejala sakit yang amat sangat pada pangkal paha, perut, dan pinggang. Nyeri dapat diperberat dengan aktivitas atau saat bergerak.

Di samping itu, perkembangan janin yang menekan saraf juga dapat merujuk pada sciatica. Saraf sciatic tubuh berada pada tubuh punggung bawah hingga kaki. Jika saraf ini tertekan, Anda dapat merasakan kebas, nyeri, hingga kesemutan di bagian paha, pinggang, hingga bokong.  Meski sciatica termasuk kondisi yang umum dialami ibu hamil, tetapi terdapat gejala nyeri pinggang disertai gangguan berkemih atau BAB, perdarahan pada jalan lahir, demam, kelemahan pada kaki, nyeri berat sehingga mengganggu aktivitas ibu hamil, atau nyeri pinggang muncul setelah terjadi cedera misalnya jatuh terduduk saat hamil merupakan kondisi yang perlu segera diperiksakan ke dokter.

Tips Meringankan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Umumnya sakit pinggang sebelah kiri saat hamil tidak berbahaya. Jika dirasa mengganggu, Anda dapat mencoba melakukan penanganan mandiri dengan cara-cara  sebagai berikut.

  • Tidur menyamping dengan kaki dan lutut ditekuk. Anda juga dapat menempatkan bantal atau selimut pada bagian punggung bawah. Anda dapat mencoba tambahkan satu bantal atau guling pada sisi kiri atau kanan tergantung bagian pinggang yang nyeri untuk membuat tubuh lebih nyaman saat tidur. Selain itu Anda juga dapat menempatkan bantal di antara kedua tungkai atas atau lutut Anda.
  • Anda dapat mencoba menggunakan tempat tidur atau matras dengan permukaan yang tidak terlalu keras.
  • Meregangkan otot paha dan tubuh bagian atas dapat meringankan tekanan akibat terlalu banyak berdiri atau berjalan. Kegiatan ini akan lebih aman dan terarah dengan  panduan ahli fisioterapi.
  • Berenang adalah olahraga yang paling tepat untuk meringankan sakit pinggang sebelah kiri saat hamil.
  • Sabuk kehamilan dapat digunakan untuk menopang punggung dan tubuh bagian tengah.
  • Olah tubuh untuk mengencangkan otot perut dan punggung untuk mengurangi sakit pinggang. Ini dapat dilakukan antara lain dengan menaikkan panggul saat tubuh berbaring telentang, dengan kedua kaki ditekuk menopang panggul dan punggung menyangga tubuh.
  • Kompres bagian yang sakit dengan kain hangat atau mandi dengan air hangat atau berendam dalam bak air hangat.
  • Anda dapat mencoba akupuntur atau pijat hamil untuk meringankan gejala. Tetapi pastikan pemijat adalah fisioterapis profesional.
  • Ubah beberapa cara melakukan kegiatan agar tidak terlalu lama berada di posisi berdiri. Misalnya jika tadinya Anda menyetrika pakaian sambil berdiri, kini Anda perlu mencoba menyetrika sambil duduk.

Jika sakit pinggang dirasa sangat mengganggu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil.

Meski umumnya tidak berbahaya, tapi segera periksakan diri ke dokter jika sakit pinggang sebelah kiri mulai terasa parah sebelum kehamilan 37 minggu. Terutama, jika disertai gejala lain seperti: kontraksi tiap 10 menit, sakit punggung bawah, kram perut, serta keluarnya cairan dari vagina. Ini bisa jadi merupakan gejala persalinan prematur.