Saat menyusui, ada banyak makanan yang perlu dibatasi bahkan dihindari, mulai dari makanan pedas, makanan olahan, sampai kafein. Namun, apakah sushi atau ikan mentah termasuk salah satunya? Yuk, simak fakta mengenai keamanan mengonsumsi sushi saat menyusui di artikel ini.

Kekhawatiran tentang mengonsumsi sushi atau ikan mentah saat menyusui mungkin muncul karena Busui takut kualitas ASI akan terpengaruh. Terlebih, beberapa jenis ikan yang sering diolah menjadi sushi memang mengandung zat yang dapat mengganggu kesehatan.

Amankah Mengonsumsi Sushi atau Ikan Mentah Saat Menyusui? - Alodokter

Keamanan Konsumsi Sushi atau Ikan Mentah untuk Ibu Menyusui

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang disajikan bersama dengan wasabi saat menyusui tidak menyebabkan bayi mengalami gangguan kesehatan. Akan tetapi, beberapa ibu menyusui bisa saja mengalami keracunan setelah mengonsumsi sushi atau ikan mentah.

Keracunan makanan setelah mengonsumsi sushi atau ikan mentah bisa terjadi jika Busui tidak jeli dalam memilih jenis ikan yang dibuat sushi. Sushi dari ikan yang mengandung merkuri tinggi, seperti tuna, makarel, marlin, kakap merah, kerapu, dan ikan mahi–mahi sebaiknya dihindari karena berisiko menyebabkan keracunan.

Keracunan setelah mengonsumsi sushi juga bisa terjadi bila sushi atau ikan mentah terkontaminasi oleh bakteri atau parasit, seperti Salmonella, Vibrio, atau Listeria akibat cara pengolahan dan penyajian yang tidak higienis.

Selain itu, makanan mentah yang terkontaminasi parasit Toxoplasma gondii juga bisa menyebabkan Busui terkena penyakit toksoplasmosis. Kendati demikian, penyakit ini tidak menular melalui ASI.

Jika Ibu terinfeksi parasit Toxoplasma gondii semenjak hamil, risiko bayi tertular tetap ada. Bayi yang terinfeksi parasit ini bisa mengalami kerusakan otak, cacat mental, hingga kebutaan.

Tips Memilih Sushi atau Ikan Mentah untuk Ibu Menyusui

Agar lebih aman dalam mengonsumsi sushi atau ikan mentah saat menyusui, ada beberapa hal yang harus Busui perhatikan, yaitu:

  • Pilihlah sushi dengan ikan mentah yang memiliki aroma segar, tidak terlalu amis, dan tidak berbau busuk atau menyengat.
  • Pastikan untuk makan sushi di tempat atau restoran yang sudah terjamin pengolahannya.
  • Selalu jaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau handsanitizer sebelum dan sesudah makan.

Berdasarkan penjelasan di atas, makan sushi mentah sesekali saat menyusui boleh–boleh saja, kok. Bahkan, mengonsumsi ikan sebenarnya dianjurkan karena ikan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan Busui.

Namun, jika setelah mengonsumsi sushi Busui justru mengalami mual dan muntah, diare, sakit perut, gatal–gatal, atau keluhan lainnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.