Di tengah mewabahnya virus Corona, Bunda mungkin bertanya-tanya, perlukah membersihkan tangan Si Kecil dengan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus? Jika Bunda mau tahu jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut.

Hand sanitizer adalah pembersih tangan berbahan alkohol yang bisa berbentuk cairan atau gel. Kandungan alkohol di dalamnya bisa berupa etanol atau isopropanol. Biasanya, hand sanitizer digunakan sebagai alternatif pembersih tangan untuk melindungi diri dari virus Corona ketika tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan.

Amankah Penggunaan Hand Sanitizer pada Bayi? - Alodokter

Infeksi virus Corona atau COVID-19 diduga dapat menular secara tidak langsung. Misalnya, bila seseorang menyentuh benda yang sudah terkontaminasi cipratan ludah penderita yang mengandung virus Corona, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Bolehkah Bayi Menggunakan Hand Sanitizer?

Penggunaan hand sanitizer pada bayi sebaiknya dihindari, ya, Bun. Kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif sehingga rentan mengalami masalah pada kulit. Oleh karena itu, kulit bayi tidak boleh sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia.

Kandungan alkohol dalam hand sanitizer bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, alkohol cenderung membuat kulit kering. Kondisi kulit yang kering akan lebih rentan mengalami gatal-gatal, alergi, maupun infeksi. Ditambah lagi, alkohol juga bisa terserap ke aliran darah bayi melalui kulitnya yang tipis.

Untuk membersihkan tangan Si Kecil, usahakan untuk menggunakan air dan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi. Namun, bila air dan sabun tidak tersedia, Bunda bisa menggunakan tisu basah yang aman bagi bayi.

Selain menjaga kebersihan tangan Si Kecil, ada beberapa langkah lain yang bisa Bunda lakukan untuk menghindarkannya dari virus Corona, antara lain:

  • Tetap berikan ASI kepada Si Kecil secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.
  • Bila Si Kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI, berikan ia makanan yang bergizi seimbang sambil tetap memberikannya ASI.
  • Cuci tangan Bunda dengan air mengalir dan sabun sebelum menyentuh, menyusui, menggendong, atau menyiapkan makanan Si Kecil.
  • Sebisa mungkin hindari membawa Si Kecil ke tempat ramai, seperti pasar atau mall.
  • Kenakan masker apabila Bunda sedang batuk atau pilek.
  • Jauhkan Si Kecil dari orang yang sedang sakit.

Menggunakan hand sanitizer memang efektif untuk membersihkan tangan dari kuman penyakit, termasuk virus Corona. Namun, penggunaannya pada bayi bisa menyebabkan iritasi yang justru bisa menimbulkan gangguan atau penyakit pada kulit.

Untuk menghindarkan Si Kecil dari virus Corona, gunakan produk yang aman untuk membersihkan tangannya. Lakukan juga langkah-langkah lain yang tidak kalah penting untuk mencegah virus Corona pada bayi.

Bila Si Kecil menunjukkan gejala infeksi virus Corona, segera periksakan ia ke dokter. Bunda bisa chat dulu dengan dokter di aplikasi Alodokter jika masih ragu apakah gejala yang dialami Si Kecil mengarah pada infeksi virus Corona atau tidak. Di aplikasi ini, Bunda juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit.