Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran payudara pun semakin membesar. Tidak sedikit ibu hamil yang menggunakan bra berkawat saat hamil, karena dianggap lebih nyaman dalam menopang payudara. Namun, apakah bra berkawat memang aman digunakan saat hamil?

Selama kehamilan, ukuran payudara akan bertambah sekitar 5 cm dan menjadi lebih berat sekitar 140 gram. Adanya perubahan pada payudara ini, membuat ibu hamil harus lebih memperhatikan penggunaan bra agar tetap nyaman dalam beraktivitas selama masa kehamilan.

Apakah Aman Menggunakan Bra Berkawat Saat Hamil? - Alodokter

Perubahan Bentuk Payudara dan Pemakaian Bra Berkawat

 

 

Payudara mulai mengalami perubahan saat usia kehamilan memasuki 6 minggu,  kemudian mulai membesar dan terasa padat pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan sistem saluran susu mulai berkembang, yang ditandai dengan semakin terlihatnya pembuluh darah di bawah kulit sekitar payudara.

Saat hamil, sebagian ibu hamil merasa lebih nyaman dengan tidak menggunakan bra, namun ada juga wanita yang merasa lebih nyaman menggunakan bra berkawat. Seiring dengan terjadinya perubahan bentuk payudara, bisa jadi penggunaan bra berkawat dapat membuat ibu hamil merasa kurang nyaman.

Selain kurang nyaman, penggunaan bra berkawat juga mungkin bisa mengganggu perubahan alami  yang terjadi pada payudara. Kawat bisa saja menghambat aliran darah dan menutup saluran susu yang sedang berkembang, sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terjadinya radang payudara atau mastitis.

Tips Memilih Bra Saat Hamil

Sebelum membeli bra, Bumil sebaiknya melakukan pengukuran payudara terlebih dahulu agar ukuran bra yang dipilih dapat sesuai dengan ukuran payudara. Berikut ini adalah cara mengukur payudara yang bisa Bumil lakukan:

Mengukur lingkar bawah dada

Siapkan meteran atau pita pengukur dalam satuan inci, kemudian lingkarkan ke sekeliling tubuh hingga melewati area di bagian bawah payudara. Jika hasil pengukuran mendapatkan angka ganjil, bulatkan ke angka di atasnya. Misalnya, bila ukuran yang Bumil peroleh 33,6 inci, bulatkan menjadi 34 inci.

Mengukur lingkar dada dan menentukan cup payudara

Caranya, gunakan kembali pita pengukur dan lingkarkan ke sekeliling tubuh sejajar dengan puting. Setelah itu, kurangi angka yang Bumil peroleh dengan nilai lingkar bawah dada yang telah diukur sebelumnya. Misal, ukuran lingkar dada 36 inci dan lingkar bawah dada 34 inci, maka 36 – 34 = 2.

Nah, untuk menentukan cup bra yang tepat, berikut ini adalah panduannya:

  • <1 Iinci = cup AA
  • 1 inci = cup A
  • 2 inci = cup B
  • 3 inci = cup C
  • 4 inci = cup D

Setelah mengetahui ukuran dada yang tepat, berikut ini adalah beberapa tips memilih bra saat hamil yang tepat untuk Bumil:

1. Pilih bra yang memiliki tali elastis dan kuat

Pilih bra dengan tali pengikat yang lebar, baik pada sisinya, penyangga payudara, dan bagian lekukan. Tali bra yang elastis dan kuat juga diperlukan agar bisa menahan guncangan dan menopang payudara, sehingga Bumil lebih nyaman saat beraktivitas.

2. Pilih bra dengan ukuran cup yang pas

Carilah bra dengan ukuran cup yang pas dan bagian kain yang menutupi sebagian besar area payudara, terutama bagian atas payudara. Hal ini untuk membantu Bumil tetap nyaman saat payudara semakin terasa sensitif. Belilah ukuran yang sesuai dengan pertumbuhan payudara pada awal trimester kehamilan.

3. Sesuaikan ukuran saat dipakai

Pilih bra yang setidaknya memiliki empat pengait di bagian belakangnya, sehingga Bumil lebih leluasa untuk menyesuaikan ukuran bra dengan bentuk payudara dan tidak merasa terlalu sesak.

4. Pilih bahan bra yag tepat

Saat hamil, suhu tubuh akan meningkat lebih cepat, sehingga Bumil akan lebih sering merasa kepanasan dan berkeringat. Oleh karena itu, pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga mengurangi risiko biang keringat atau iritasi kulit akibat keringat.

Selama hamil, Bumil juga bisa menggunakan bra khusus ibu hamil karena akan terasa lebih nyaman dibandingkan bra biasa. Jika Bumil merasa lebih nyaman dan terbiasa menggunakan bra berkawat dan ingin tetap menggunakannya, pastikan kawat tersebut tidak menekan payudara. Hindari pula memakai bra saat tidur.

Hal penting yang Bumil juga perlu lakukan adalah memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin ke dokter kandungan, terlebih bila Bumil merasa tidak nyaman dengan perubahan bentuk tubuh yang dialami. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi risiko komplikasi pada kehamilan.