Setiap pemilik kucing perlu memahami cara membersihkan kotak kotoran kucing yang benar. Ini karena kotak kotoran kucing yang tidak rutin dibersihkan bisa menjadi sumber penyakit yang dapat membahayakan pemilik kucing beserta orang di sekitarnya.

Kotoran kucing yang menumpuk pada litter box sering kali mengeluarkan bau tidak sedap yang tentunya dapat mengganggu kenyamanan. Kotoran kucing juga bisa menjadi sarang kuman, virus, maupun parasit pembawa penyakit, seperti toksoplasmosis dan panleukopenia. Infeksi ini bisa membuat kucing mengalami berbagai gejala, seperti demam, diare, batuk, pilek, dan bersin.

Begini Cara Membersihkan Kotak Kotoran Kucing yang Benar - Alodokter

Tidak hanya itu, kotoran yang yang menumpuk pada litter box juga bisa membuat kucingmu malas untuk masuk ke dalam kotak tersebut. Akhirnya, ia lebih memilih buang air besar atau buang air kecil di sembarang tempat, misalnya lantai atau kursi.

Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu perlu menjaga kebersihan kotak kotoran kucing tersebut.

Cara Membersihkan Kotak Kotoran Kucing

Sebelum membersihkan kotak kotoran kucing, jangan lupa untuk cuci tangan, lalu menggunakan sarung tangan dan masker. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan kotak kotoran kucing:

1. Buang kotoran kucing

Kamu dianjurkan untuk membuang kotoran kucing setidaknya sehari sekali. Gunakan sekop khusus untuk mengambil dan membuang kotoran tersebut. Masukkan kotoran ke dalam plastik sebelum membuangnya agar bau tidak menyebar.

2. Cuci kotak kotoran kucing

Tidak hanya membuang kotoran kotoran kucing setiap hari, kamu juga perlu mencucinya minimal seminggu sekali. Untuk mencucinya kamu bisa merendam litter box dengan detergen dan air panas.

Setelah membuang kotoran di dalamnya, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring atau soda kue, lalu gosok kotak tersebut menggunakan sponge atau sikat khusus. Setelah dibersihkan, kamu dapat mengeringkan kotak kotoran dengan kain bersih agar pasir yang baru nantinya tidak menempel dan menggumpal.

3. Ganti pasir yang lama dengan yang baru

Setelah litter box dibersihkan, kamu dapat memasukkan pasir yang baru ke dalamnya. Pilihlah jenis pasir yang halus dan mudah menggumpal. Dengan begitu kuncingmu akan merasa lebih nyaman.

Saat memasukkan pasir ke dalam kotak kotoran kucing, pastikan kamu memasukkannya dalam jumlah yang tepat, ya. Jangan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Jika jumlah pasir di dalam kotak kotorannya tidak sesuai, kucingmu akan merasa kurang nyaman saat buang air besar.

4. Hindari pemakaian pengharum pada litter box

Mungkin masih banyak yang menggunakan pengharum untuk melawan bau kotoran kucing di dalam kotak kotorannya. Padahal, penggunaan produk tersebut justru bisa membuat kucing menghindari kotak kotorannya dan lebih memilih tempat lain untuk buang air besar serta buang air kecil.

Tidak hanya itu, beberapa pengharum bisa menjadi racun bagi kucing bila ia menghirupnya. Alih-alih memberikan produk beraroma di dalamnya, kamu sebaiknya bersihkan kotak kotoran tersebut dengan rutin.

5. Cuci alat pembersih kotak kotoran kucing

Setelah membersihkan kotak kotoran kucing, jangan lupa untuk membersihkan alat pembersih dengan sabun dan air bersih, lalu keringkan di tempat yang sudah disediakan. Bersihkan pula sarung tangan yang kamu pakai untuk membersihkan litter box setelah digunakan.

Jika menggunakan sarung tangan sekali pakai, sebaiknya segera buang sarung tangan tersebut setelah digunakan dan jangan dipakai berulang kali.

6. Cuci tangan

Ini merupakan salah satu langkah penting yang tidak boleh kamu abaikan. Setelah membersihkan kotak kotoran kucing, jangan lupa untuk cuci tangan guna mencegah penularan kuman dari kotoran kucing. Jika kamu sedang hamil, sebaiknya minta bantuan orang lain untuk membersihkan kandang dan kotak kotoran kucingmu, ya.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kotak kotoran kucing yang bisa kamu terapkan di rumah. Perlu diingat, kebersihan litter box berkaitan erat dengan kesehatan kucingmu dan juga orang di sekitarmu. Oleh karena itu, sebagai pemilik kucing, kamu perlu rajin membersihkan kotak kotoran kucingmu di rumah.