Mengatasi tipes saat hamil harus dilakukan secara hati-hati karena tidak semua obat aman dikonsumsi ibu hamil. Lalu, apa yang harus Bumil lakukan jika terkena tipes? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Ibu hamil bisa terkena tipes karena penyakit ini dapat menular dengan mudah. Bumil bisa terkena tipes jika mengonsumsi makanan atau minuman yang telah  terkontaminasi kotoran (urine atau tinja) yang mengandung bakteri Salmonella typhi.

Begini Cara Tepat Mengatasi Tipes Saat Hamil - Alodokter

Cara Mengatasi Tipes Saat Hamil

Saat terkena tipes, umumnya Bumil akan mengalami demam tinggi (39ꟷ40 C°), sakit kepala, batuk, kehilangan nafsu makan, mual, sakit perut, sembelit, kelelahan, hingga munculnya ruam pada kulit. Gejala tipes tersebut biasanya muncul secara bertahap pada 1−3 minggu setelah tubuh terinfeksi.

Jika Bumil mengalami gejala tersebut, segera hubungi dokter. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti pemeriksaan urine, tinja, atau darah, guna mengetahui kemungkinan adanya penyakit tipes yang diderita.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Bumil terkena tipes, umumnya dokter akan menyarankan Bumil untuk:

1. Mengonsumsi obat antibiotik

Dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk membantu membunuh bakteri penyebab penyakit tipes. Konsumsilah antibiotik sesuai anjuran dokter, terutama dosis dan jadwal minumnya.

Jika timbul keluhan alergi berupa mengi, batuk, hingga sesak napas setelah mengonsumsi antibiotik, segera konsultasikan kembali ke dokter.

2. Beristirahat yang cukup

Selama menjalani pengobatan, pastikan Bumil istirahat yang cukup. Jika Bumil mengalami kesulitan untuk tidur, coba sanggah kepala Bumil dengan bantal yang bertumpuk, agar Bumil merasa lebih nyaman.

3. Menjaga pola makan

Bumil harus menjaga pola makan dengan baik agar dapat segera pulih. Bila Bumil mengalami mual ketika akan makan, cobalah bagi porsi makan ke dalam porsi kecil untuk dikonsumsi beberapa kali. Dengan begitu, terjadinya muntah bisa diminimalisir.

4. Meminum air putih yang cukup

Cara mengatasi tipes saat hamil berikutnya adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Ini penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Penanganan penyakit tipes pada ibu hamil harus dilakukan secara cepat. Jika sampai terlambat, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Risiko Bumil untuk melahirkan secara prematur atau melahirkan bayi dengan berat rendah juga akan meningkat, jika penyakit tipes yang diderita tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Penyakit Tipes

Lebih baik mencegah penyakit tipes sejak awal, sebelum Bumil mengalaminya. Agar Bumil terhindar dari penyakit ini, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

Mencuci tangan sebelum makan

Salah satu cara paling sederhana yang dapat Bumil lakukan untuk mencegah terjangkit penyakit tipes adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah keluar dari toilet. Bumil juga disarankan untuk selalu mencuci tangan setelah menaiki kendaraan umum.

Mengonsumsi makanan matang

Untuk mencegah tipes, Bumil disarankan untuk menghindari konsumsi makanan mentah. Kemudian, usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dibuat sendiri di rumah karena kebersihannya cenderung lebih terjaga.

Mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi

Jika Bumil ingin makan makanan yang tak perlu dimasak, seperti buah dan lalapan sayur, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu hingga bersih untuk mencegah paparan bakteri Salmonella typhi. Khusus untuk buah, kupaslah terlebih dahulu kulitnya sebelum dikonsumsi.

Memilih air minum dengan hati-hati

Disarankan memilih air mineral dalam kemasan atau air yang sudah dimasak hingga mendidih. Hindari es yang dibuat dari air yang sulit dipastikan kebersihannya.

Menjalani pola hidup bersih dan sehat sangat penting untuk mencegah tipes saat hamil. Jika Bumil mengalami gejala tipes, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.