Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa dexamethasone dapat mengobati COVID-19. Banyak masyarakat yang memberikan respons positif terhadap pemberitaan ini sebab dexamethasone mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Namun, apakah benar obat ini bisa menyembuhkan infeksi virus Corona?

Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi keluhan akibat efek samping kemoterapi.

Benarkah Dexamethasone Bisa Sembuhkan COVID-19? - Alodokter

Meski dikenal sebagai “obat warung”, penggunaan dexamethasone tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk dokter, karena efek sampingnya tidak ringan dan dapat menekan kerja sistem imun yang justru diperlukan tubuh untuk melawan kuman penyakit.

Fakta Dexamethasone untuk Sembuhkan COVID-19

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menggungkapkan bahwa pemberian dexamethasone mengurangi angka kematian hingga 1/3 pada pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan dengan ventitalor, dan 1/5 pada pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen tambahan dalam perawatannya.

Dexamethasone adalah obat untuk meredakan peradangan. Peradangan pada COVID-19 dapat menyebabkan sejumlah kerusakan di paru-paru, seperti penumpukan cairan (edema paru) dan pembentukan selaput hyalin. Kerusakan inilah yang membuat pasien sesak napas dan mengalami komplikasi, misalnya ARDS atau gagal napas.

Jadi, dexamethasone bukanlah obat untuk menyembuhkan COVID-19, melainkan untuk mencegah kerusakan paru pada pasien COVID-19 yang sudah mengalami sesak napas. Dari penelitian ini juga, dexamethasone tidak memberikan hasil apa pun pada penderita infeksi virus Corona dengan gejala yang ringan.

Meski dexamethasone diyakini dapat membantu penyembuhan COVID-19 pada pasien dengan gejala yang berat, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan aturan pemberiannya dalam pengobatan infeksi virus Corona, misalnya mengenai dosis dan lama pemberian obat ini.

Belum ada satu obat pun yang sudah terbukti efektif untuk menyembuhkan COVID-19, termasuk dexamethasone. Begitu juga dengan vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona. Namun, para peneliti masih terus berusaha mengembangkan obat dan vaksin untuk penyakit ini.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengatasi. Jadi, agar kamu tidak terinfeksi virus Corona yang sedang mewabah ini, selalu terapkan langkah-langkah pencegahannya, seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, mengenakan masker saat berada di luar rumah, melakukan physical distancing, dan menjaga daya tahan tubuh.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar COVID-19, baik mengenai pengobatan maupun pencegahannya, jangan ragu untuk chat dokter langsung di aplikasi ALODOKTER. Kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi ini jika memang memerlukan pemeriksaan langsung dari dokter.