Memilih bra yang nyaman bukanlah perkara mudah. Bra yang baik umumnya dapat menopang dan menjaga payudara tetap kencang. Untuk dapat memilih bra yang nyaman, Anda perlu menyesuaikan ukuran bra dengan bentuk dan ukuran payudara.

Sebuah survei menunjukkan sekitar 80%wanita mengenakan BH atau bra dengan ukuran yang salah. Padahal, penggunaan bra yang tidak sesuai tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi juga berdampak buruk terhadap kesehatan.

Tips Memilih Bra yang Nyaman - Alodokter

Cara Mengetahui Ukuran dan Memilih Bra yang Tepat

Demi kenyamanan, penting untuk mengetahui ukuran bra yang tepat dan sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara. Ukuran payudara bisa dinilai dari dua kategori, yaitu ukuran lingkar payudara dan ukuran cup.

Untuk lingkar dada, ukuran bra terdiri dari hitungan angka, misalnya 32, 34, dan 36. Sementara itu, ukuran cup bra umumnya menggunakan huruf, yaitu AA, A, B, C, D, dan DD.

Untuk menentukan ukuran bra yang sesuai, Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu:

Mengukur lingkar dada

Bentangkan tali pengukur atau meteran tepat di bawah payudara untuk mendapatkan ukuran lingkar dada. Jika hasilnya genap, tambahkan 4 inci, sedangkan bila hasilnya ganjil, maka tambahkan 5 inci.

Misalnya, jika hasil pengukuran lingkar dada menunjukkan nilai 32 inci, maka ukuran bra yang sesuai untuk Anda adalah 36. Untuk ukuran lingkar dada 33 inci, ukuran bra yang tepat adalah 38.

Mengukur lingkar payudara

Setelah mengukur lingkar dada, bentangkan tali pengukur tepat di atas payudara. Setelah hasilnya diperoleh, hitung selisihnya dengan hasil pengukuran lingkar dada, misalnya 33 inci (lingkar payudara) – 31 inci (lingkar dada) = 2 inci.

Jika selisihnya 0 inci, maka ukuran cup payudaramu adalah AA. Bila selisih 1 inci memakai cup A, selisih 2 inci memakai cup B, selisih 3 inci memakai cup C, selisih 4 inci memakai cup D, dan selisih 5 inci memakai cup DD.

Ciri-Ciri Ukuran Bra yang Tidak Sesuai

Menggunakan bra atau BH yang terlalu kencang atau terlalu longgar dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan bra tidak dapat menopang payudara dengan baik selama digunakan.

Untuk mengenali bra yang Anda gunakan tidak tepat, perhatikan beberapa tanda berikut ini:

1. Muncul bekas merah di kulit

Bekas merah di kulit dapat disebabkan oleh bra yang terlalu ketat atau kawat yang menekan payudara. Jika hendak memilih bra berkawat, pilihlah yang bentuknya sesuai dengan lekukan payudara, sehingga payudara tidak tertekan.

2. Tali mudah merosot

Strap atau tali bra sebaiknya tidak mudah merosot dan selalu berada di pundak, serta tidak menimbulkan kemerahan. Jika tali bra yang Anda gunakan mudah merosot dari bahu, itu berarti tali bra terlalu longgar. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan Anda.

3. Tidak menopang payudara

Cup bra harus dapat menopang seluruh payudara tanpa menimbulkan rasa sesak, tetapi tidak pula menyisakan celah. Jika ada celah di antara payudara dan bra ketika Anda membungkuk, ini artinya cup bra terlalu besar.

4. Bra mudah bergeser

Bra yang pas seharusnya tidak ikut terangkat saat Anda membungkuk, mengangkat tangan, atau melompat. Jika posisinya bergeser setiap kali Anda bergerak, ini berarti ukurannya belum tepat.

Selain itu, posisi kaitan bra di punggung harus selalu sejajar dan tidak melengkung. Jika melengkung, ini artinya bra belum sepenuhnya pas dan akan terasa kurang nyaman saat digunakan.

5. Tidak sesuai dengan bentuk payudara

Saat ini, ada beragam tipe bra yang dapat disesuaikan dengan bentuk payudara dan tujuan penggunaan. Misalnya, push up bra, seamless, sport bra, bra menyusui, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kenali berbagai jenis bra dan kegunaannya masing-masing agar pemilihan bra bisa disesuaikan dengan tipe payudara dan aktivitas yang Anda jalani. Misalnya, untuk ibu menyusui, Anda bisa memilih bra khusus untuk ibu menyusui.

Ukuran BH atau bra yang tidak tepat juga bisa berdampak terhadap kesehatan tulang belakang. Misalnya, bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan tulang belakang terasa kaku karena sulit untuk bergerak.

Selain itu, bra yang terlalu longgar dapat membuat leher dan otot punggung atas harus bekerja lebih keras untuk menopang berat payudara. Akibatnya, Anda berisiko mengalami sakit kepala belakang atau nyeri di area tengkuk.

Jika Anda memiliki keluhan pada payudara, misalnya nyeri, lecet pada puting, bengkak, atau terasa ada benjolan, coba periksakan ke dokter. Dokter juga dapat menyarankan jenis bra tertentu yang sesuai kondisi payudara Anda, bila memang diperlukan.