Bunda tahu tidak? Ada banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak lho, mulai dari menjaga kesehatan mata sampai meningkatkan imunitas. Manfaat-manfaat tersebut diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah bercita rasa manis menyegarkan ini.

Buah pepaya atau pemiliki nama latin Carica papaya memiliki segudang nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak, antara lain serat, karbohidrat, air, kalsium, magnesium, kalium, dan folat. Buah ini juga dilengkapi dengan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan K.  

Bun, Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Anak Ada Banyak Lho - Alodokter

Daftar Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Anak

Kalau Bunda rutin memberikan Si Kecil pepaya, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa ia dapatkan:

1. Menjaga kesehatan mata

Mungkin Bunda mengira, hanya sayur wortel saja yang baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Padahal nyatanya, buah pepaya juga tidak kalah baik lho, Bun, buat indra penglihatan buah hati. Pasalnya, dalam 100 gram buah pepaya terkandung sekitar 950 IU vitamin A.

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga dibutuhkan dalam proses perbaikan jaringan dan tulang, serta turut mendukung tumbuh kembang anak, Bun.

2. Melancarkan proses pencernaan

Kandungan serat dan air pada buah pepaya mampu melancarkan proses pencernaan. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan menurunkan risiko anak mengalami sembelit.

3. Meningkatkan imunitas

Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas anak. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Si Kecil pun bisa terhindar dari beragam jenis penyakit, termasuk COVID-19 yang sampai sekarang masih ada.

4. Membuat kulit jadi lebih sehat

Selain bisa meningkatkan imunitas, vitamin C yang terkandung dalam buah papaya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat menjaga kulit tetap sehat dan elastis.

5. Memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan likopen, seperti buah pepaya, bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, tak terkecuali pada anak-anak.

Nah, dari penjelasan di atas, sangat sayang bila Bunda melewatkan manfaat buah pepaya untuk kesehatan anak. Oleh karena itu, mulai sekarang coba deh masukkan buah ini ke dalam menu makan harian anak.

Buah ini bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothies, salad buah, puding, bahkan es krim.

Akan tetapi, kalau Bunda masih merasa ragu untuk memberikan buah pepaya kepada buah hati, karena mungkin takut akan menyebabkan alergi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya.